SOP Sistem Manajemen Mutu


Saya melanjutkan seri Tulisan mengenai SOP saya setelah sebelumnya telah terbit tulisan SOP Purchasing dan SOP HRD  ,atau bagi User yang membutuhkan dokumen SOP silahkan visit beli-template.com

Seringkali kami menemukan klien-klien yang kebingungan saat diminta untuk membuat SOP di Perusahaan. Baik dalam rangka proses mendapatkan sertifikasi ISO 9001, sedang dalam tahapan melakukan Implementasi ISO 9001 (perusahaan belum berencana sertifikasi), atau sekedar menginginkan tertib prosedural di Perusahaan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh staff di perusahaan yang belum terlalu berpengalaman dalam mengembangkan SOP Perusahaan. 

Salah satu jalan keluarnya adalah menggunakan jasa Konsultan SOP , yang tentu saja membutuhkan biaya cukup besar. Untuk perusahaan skala menengah, atau dengan omzet mencapai ratusan juta-miliaran per bulan, tentu penggunaan Konsultan SOP ini tidak menjadi masalah. Namun bagaimana untuk Perusahaan yang masih dalam tahap pengembangan (belum mature/konstan secara revenue), apakah Perusahaan tersebut dapat mengembangkan SOP sendiri di tengah-tengah resources yang terbatas?

Tim Excelogic Consulting and Training mencoba membantu para Profesional di Perusahaan yang ingin menerapkan Prosedur, SOP dan Form yang telah terstandarisasi melalui dokumen SOP yang telah terbukti dapat diaplikasikan di beberapa Perusahaan. Kami mendevelop situs beli-template.com untuk mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan perusahaan maupun individu yang menginginkan template SOP yang editable dan mudah diadjust sesuai kebutuhan.

Para artikel ini kami mempublikasikan product SOP Sistem Manajemen Mutu (SMM) , yang ditujukan kepada Perusahaan/Individu yang sedang dalam persiapan proses sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001. Prosedur ini adalah prosedur wajib dalam mendapatkan proses sertifikasi ISO 9001.

cover-smm

Link : http://beli-template.com/product/sop-sistem-manajemen-mutu/

SOP Sistem Manajemen Mutu ini terdiri dari :

  • 6 (Enam) Standard Operating Procedure (SOP) : Pengendalian dokumen, Pengendalian Rekaman, Internal Audit, Tindakan Perbaikan dan Pencegahan, Pengendalian Ketidaksesuaian, Tinjauan Manajemen, dalam bentuk Microsoft Word
  • 19 (Sembilan Belas) Form : Daftar Induk, Dokumen Asli, Usulan Perubahan Dokumen, Permintaan PTPP, Laporan Audit Internal,  dan lainnya dalam bentuk Microsoft Excel

User dari SOP ini tidak harus perusahaan/individu dalam organisasi yang sedang dalam proses sertifikasi ISO 9001, tetapi dapat juga merupakan perusahaan/individu yang ingin melakukan implementasi dan tertib secara prosedural terlebih dahulu. SOP Sistem Manajemen Mutu ini terstruktur dengan baik dan dilengkapi dengan sejumlah Form yang dibutuhkan dalam menjalankan sistem manajemen mutu di Perusahaan.

SOP Manajemen mutu ini membantu anda untuk memahami bagaimana implementasi sistem manajemen mutu melalu proses administratif prosedural maupun form yang dibutuhkan, anda dapat langsung melakukan editing pada file yang diberikan, karena file yang diberikan adalah dalam format Microsoft Word yang mudah diedit.

Untuk Prosedur Sistem Manajemen Mutu ini dapat anda lihat pada link : SOP Sistem Manajemen Mutu (Beli-template.com)

Salam Romailprincipe

Silahkan pembaca untuk komentar di bawah tulisan ini atau share via email ke romailprincipe2012@gmail.com. Silahkan juga Follow blog ini dengan mendaftarkan email di sidebar blog ini :)

Daftar Tulisan Romailprincipe bisa dilihat di sini

Download Sample Template Excel atau Portfolio 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s