SOP HRD


ya, ‘SOP HRD’ adalah Judul yang cukup pendek🙂

Ya beberapa waktu ini bersama Excelogic Consulting and Training, saya dan beberapa teman sedang ada dalam mempersiapkan perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Salah satu fase yang cukup melelahkan dalam proses sertifikasi ISO 9001 adalah persiapan dokumen.

Salah satu departemen yang kami review dan kami buat prosedur nya adalah departemen HRD (Human Resource Departemen) , dimana proses pembuatan SOP HRD ini secara singkat telah saya tuliskan pada tulisan SOP HRD berikut ini.  Tulisan tesebut mengupas mengapa pentingnya HRD memiliki SOP (selain untuk memenuhi kebutuhan sistem manajemen mutu), template yang dipakai untuk SOP HRD serta contoh form yang harus dimiliki oleh Departemen HRD.

cover-sop-hrd-v1

Kelengkapan SOP HRD yang kami buat sendiri adalah minimal 8 (delapan) buah form Departemen HRD, yaitu form Matrix kompetensi, permohonan karyawan baru, bukti orientasi, usulan pelatihan, rencana pelatihan, evaluasi pelatihan, evaluasi karyawan, dan lamaran. Kedelapan form dan 1 buah prosedur itu dapat anda download di Beli-Template.com.

Pada project tersebut kami mengalami bahwa SOP yang kami desain sebenarnya sudah sesuai dengan kebutuhan klien (perusahaan) , namun tentu untuk dapat berfungsi dengan optimal, maka SOP HRD yang kami desain harus disesuaikan pada beberapa istilah, alur serta catatan mutu yang terkait..

Setelah melakukan observasi selama 1-2 hari untuk memahami alur kerja dari departemen HRD, kami mulai melakukan develop SOP HRD dengan metode yang kami sebut ‘on the spot’ , yaitu dengan melakukan interview langsung dengan PIC dan mengedit SOP langsung di laptop. Proses ini dilakukan , karena kami sebagai Konsultan Penyusunan SOP  memandu klien langkah demi langkah untuk pada akhirnya mendapatkan SOP HRD yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan metode penyusunan SOP ‘on the spot’ , Klien tidak merasa dibebani untuk membuat banyak dokumen dengan template yang kita berikan, yang terjadi justru mereka merasa terbantu karena poin-poin prosedur yang mereka ingat dapat dituangkan dengan konsep yang tepat pada sebuah format SOP yang benar.

Banyak Konsultan ISO / Konsultan Penyusunan SOP yang hanya memberikan template SOP kepada klien , dan kemudian selanjutnya tinggal melakukan proses re-check pada minggu selanjutnya. Hal ini memberatkan, karena klien merasa kesulitan dalam membuat SOP, Instruksi Kerja dan Form yang banyak dalam waktu singkat.

Memang dalam beberapa hal ada SOP yang dikerjakan oleh klien kami, namun dalam penyusunan SOP , kami selalu meluangkan metode on the spot tadi sebanyak minimal 5 mandays sebagai proses coaching kepada person di perusahaan untuk pembuatan SOP.

Untuk mendevelop SOP HRD paling tidak dibutuhkan 1-2 hari untuk observasi aktifitas departemen HRD , serta 1 hari untuk develop dokumen ‘on the spot’. Tentu sebagai Konsultan SOP perlu dibekali pemahaman mengenai proses bisnis di Perusahaan.

Terkadang karena sudah beberapa kali melakukan proses develop SOP ini, salah satu tantangan Konsultan SOP adalah berusaha membandingkan proses bisnis antar perusahaan dengan mengacu ke salah satu perusahaan yang dianggap baik. Ini buat saya merupakan salah satu  ‘dosa’ sebagai Konsultan, karena proses bisnis yang unik tentu tidak dapat dibandingkan begitu saja.

Untuk standard template SOP HRD dapat anda download di Beli-Template.com , atau mungkin ingin membaca artikel lain tentang SOP HRD dapat membaca tulisan SOP HRD berikut ini .

—–

Download File (Editable) untuk SOP HRD (Beli-Template.com)

—–

Salam Romailprincipe

Silahkan pembaca untuk komentar di bawah tulisan ini atau share via email ke romailprincipe2012@gmail.com. Silahkan juga Follow blog ini dengan mendaftarkan email di sidebar blog ini :)

Daftar Tulisan Romailprincipe bisa dilihat di sini

Download Sample Template Excel atau Portfolio 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s