Pemakaian Segel Truck Pada Transportasi Logistik


Salah satu proyek logistics improvement yang pernah saya kerjakan adalah pemakaian segel truck. Meskipun terlihat simpel dalam implementasi segel, namun ternyata perlu dipikirkan secara mendetail mengenai sistem pemakaian segel di truck ini.

Sebelumnya saya pernah bekerja pada perusahaan penyedia jasa logistik dan memakai segel truck sebagai salah satu pengamanan barang selama delivery. Pada implementasi nya saya melihat tidak pernah ada sistem yang jelas dalam pemakaian segel tersebut, sehingga hanya menjadi cost bagi perusahaan tanpa mendatangkan benefit apapun. Saya coba share 2 contoh implementasi segel pada tulisan ini yang ke-2 nya sangat bertolak belakang ……

Segel truck (Source pic : http://bit.ly/150Xgqu )

Kedua contoh yang saya akan bahas adalah contoh 1 implementasi segel yang ‘sekedar’ dijalankan tanpa ada sistem yang jelas, contoh 2 adalah implementasi segel yang disiapkan secara komprehensif dengan analisis yang diuji oleh level management sebelum implementasi nya.

————————————————————————————————————-

Contoh 1 Pemakaian segel ‘sekedarnya’

Segel seperti yang ditampilkan pada gambar di atas dipakai pada saat barang di atas truck sudah lengkap dan siap diberangkatkan ke tempat tujuan. Biasanya person in charge (dispatcher) akan melakukan penyegelan pada truck untuk kemudian memberangkatkan truck ke tujuan, saat keluar sebelum melewati pos security biasanya segel akan di-check dan nomer segel akan dicatat.

Sekitar tahun 2010-2011 saya bekerja di salah satu perusahaan logistik yang memiliki SOP cukup baik serta mencapai skor tinggi dalam audit eksternal pada bagian quality manajemen proses. Saya melihat implementasi pemakaian segel ini lebih bersifat ‘seadanya’ saja.

Proses yang terlihat seadanya ini dikarenakan helper / asisten driver bebas mengakses tempat penyimpanan segel dan mengambil segel dalam jumlah yang diinginkan. Segel yang seharusnya menjadi alat kendali dari asisten driver serta driver justru dikendalikan penuh oleh mereka (baca : driver dan asisten driver itu sendiri) , sehingga jumlah segel keluar dan bangkai segel kembali serta pencatatan nomer di dokumen dispatch hanya menjadi aksesoris yang tidak ada kontrol dari leader / management.

Ketika itu posisi saya memang tidak berkaitan dengan operational dispatcher, namun karena pada perusahaan sebelumnya saya bekerja di logistics operation dan sempat juga berada dalam tim pengembangan proyek-proyek logistik, maka saya mengerti dan paham benar bahwa segel truck yang diimplementasikan di perusahaan ini hanya-lah implementasi ‘sekedarnya’, bagian operational seperti tidak memiliki SOP yang jelas yang mengatur mengenai pemakaian segel truck ini.

Contoh 2 Analisa mendetail tentang Benefit Cost ‘Segel’

Sementara itu di tempat kerja yang lain saya kebetulan pernah terlibat dalam team pengembangan proyek-proyek logistik. Implementasi segel menjadi salah satu proyek untuk dikaji oleh team.

Project leader implementasi segel ini sendiri langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak antara lain :

  • Operasional dispatcher sebagai user segel ini jika jadi diimplementasi
  • Vendor penyedia segel
  • Feasibility study mengenai benefit cost segel
  • Analisa data-data kasus / kejadian yang mungkin bisa diminimalisir oleh adanya segel truck

Pada akhirnya si project leader ini melakukan presentasi ke level top management , meskipun mendapat banyak masukan dan sampai harus me-revisi beberapa kali toh pada akhirnya pemakaian segel di perusahaan itu akhirnya dijalankan.

Pada saat project tersebut dijalankan, bagian operasional sudah memiliki SOP yang jelas dalam pencatatan nomer segel keluar-masuk sampai ke pengembalian bangkai segel sebagai bukti.

————————————————————————————————————-

Dari ke-2 contoh di-atas saya dapat membedakan dalam project yang sama (pemakaian segel truck) ternyata dijalankan dengan cara yang berbeda, dimana cara ke-2 dengan perencanaan yang matang akhirnya investasi segel berjalan dengan baik serta memberikan dampak bagi kepastian keamanan barang di dalam truck.

Belajar dari ke-2 contoh di atas, saya menyimpulkan bahwa segel dengan biaya kecil (mungkin 1 pcs segel dibawah Rp 5,000) dapat memberi dampak positif bagi keamanan barang di atas truck dengan sistem dan prosedur yang jelas.

Salam Romailprincipe

terbit juga di website excelogic.info

One thought on “Pemakaian Segel Truck Pada Transportasi Logistik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s