Business Analyst 4 (Sales Dashboard)


Tulisan seri Business Analyst ke-4 ini akan mencoba share ‘mainan’ baru saya tentang re-enginer template excel. Re-enginer template excel ini sumber nya bermacam-macam, situs luar negeri, bekas file pekerjaan, project freelance ataupun file dari teman yang menarik. Mengapa saya sebut re-enginer? Karena template-template ini saya redesign satu persatu untuk koleksi pribadi dan saya share di Blog ini. Kali ini saya ulas tentang template microsoft excel “Sales Dashboard”

Sales dahsboard ini bertujuan memvisualisasikan satu set database penjualan ke dalam satu tampilan grafik dan kesimpulan (statement / milestone). Dalam sales dashboard, diharapkan tampilan report yang nyaman dilihat serta analisa 1 set data rumit ke dalam dashboard dengan tampilan menarik, mudah diterjemahkan sebagai informasi berharga untuk perusahaan.

Berikut saya mencoba share database penjualan yang dikonversi ke dalam dashboard sales. Contoh database penjualan :

Set data yang membingungkan

Database Penjualan yang rumit dan membingungkan

Banyak pimpinan perusahaan, business owner, CEO, Director ataupun first-second line manager tidak memiliki waktu banyak untuk menganalisa dan mengolah database tersebut. Oleh karena itu dituntut adanya staff / bawahan yang mampu mengolah database itu menjadi satu tampilan reporting yang informatif, dalam konteks penjualan saya resumekan report tersebut dengan nama ‘Sales Dashboard’. Database penjualan di atas saya konvert ke sales dashboard sebagai berikut :

Sales Dashboard

Sales Dashboard

Sample File Sales Dashboard  (Click to Download)

Rekapitulasi Sales (Training Macro Excel)

Tentunya tampilan sales dashboard ini lebih ‘berbicara’ / informatif kepada penerima report, ketimbang database penjualan yang ditampilkan pada gambar pertama di atas. Visualisasi dalam bentuk grafik dan wording yang meresume-kan satu set data kompleks yang menjemukan, memang terkadang dibutuhkan oleh seorang business owner atau level pimpinan untuk mengetahui secara cepat kondisi perusahaan.

Di Indonesia (paling tidak di 4 tempat saya bekerja) terus terang saja masih menganggap ‘kemampuan’ memvisualisasikan data dengan baik menjadi grafik dan tampilan informasi menarik belum menjadi suatu prioritas. Atasan selalu berpendapat lebih mengutamakan ‘result’ ketimbang tampilan yang menarik, hal ini cenderung membuat para karyawan kurang tertantang untuk membuat tampilan reporting yang lebih ‘menarik’, toh yang diinginkan atasan adalah ‘result’ laporan bukan tampilan nya.

Ok, kembali kepada template sales dashboard,Berikut saya jelaskan pada gambar di bawah setiap bagian pada sales dashboard dan fungsi-fungsinya :

Penjelasan Sales Dashboard

Penjelasan Sales Dashboard

Menurut saya, paling tidak sales dashboard ini memiliki beberapa fungsi :

  • Dengan cepat memvisualisasikan hasil yang terjadi melalui grafik
  • Mengukur pencapaian bulanan / tahunan atau secara periodik setiap lapisan.

Biasanya kemampuan membuat reporting dengan design dan tampilan yang baik dimiliki oleh seorang business analyst, namun seperti yang saya sampaikan di atas terkadang tampilan dan design belum terlalu dipandang penting pada dunia kerja di Indonesea.

Penguasaan fungsi excel, design dan fantasi untuk memvisualisasikan report seperti sales dashboard ini tentu bukanlah kemampuan sia-sia atau sekedar kosmetik saja, kemampuan ini harus terus diberi kesempatan dengan assignment-assignment reporting yang juga ‘memandang bentuk design’ reporting itu sendiri.

Saya akan coba terus menerus mencoba mengupdate beberapa template excel seperti sales dashboard ini (yang lain ada trucking cost, feasibility analysis, gantt chart, project timeline) serta portfolio lain yang sudah pernah saya kerjakan untuk saya tuliskan di blog ini 🙂

Untuk pembaca silahkan email ke romailprincipe2012@gmail.com jika ingin berdiskusi atau sekedar ‘mencoba’ tampilan template ini, Terima kasih!

Salam Romailprincipe

Silahkan pembaca untuk komentar di bawah tulisan ini atau share via email ke romailprincipe2012@gmail.com. Silahkan juga Follow blog ini dengan mendaftarkan email di sidebar blog ini 🙂

Daftar Tulisan Romailprincipe bisa dilihat di sini

Download Sample Template Excel atau Portfolio 

 

3 thoughts on “Business Analyst 4 (Sales Dashboard)

  1. handry

    Selamat pagi mas..
    saya tertarik dengan ulasan dashboardnya..
    Saya ingin mencoba membuatnya, tapi saya tidak tahu harus dimulai darimananya..
    mas bisa membantu untuk membuatkan tutorialnya?
    e-mail saya syaputrahandry@gmail.com
    terima kasih sebelumnya..

    Hi Tutorial nya bisa langsung dengan saya 🙂

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

