Business Analyst 2 (Transportation Cost Analysis)


Trucking Operational Cost

Pada blog ini saya pernah sedikit mengulas tentang Biaya Trucking Pada Transportasi Logistik yang nampaknya terindeks cukup bagus di google.com . Tulisan tersebut mencapai > 60 hits per hari, komentar serta email yang masuk juga cukup banyak untuk berdiskusi mengenai Biaya Trucking yang menandakan cukup banyak orang yang mencari informasi tersebut. Pada gambar di atas yang saya ambil dari situs transportrangkings[dot]com, terdapat diagram yang membagi-bagikan komponen biaya trucking. Data tersebut diperoleh jika tentunya kita sudah memiliki pencatatan yang baik dalam operasional trucking perusahaan.

Dari banyak diskusi dengan pengunjung blog ini via email, ada beberapa yang memiliki case cukup unik dan memutuskan menggunakan advice / konsultasi dengan saya terkait dengan trucking cost. Dari beberapa pengunjung tersebut rata-rata menginginkan output sbb :

  1. Memiliki template excel yang user friendly serta secara otomatis bisa memberi informasi / reporting terkait tingkat benefit cost yang dikeluarkan.
  2. Pemilik perusahaan trucking kecil-menengah yang merasa bahwa secara report Profit & Loss tidak pernah positif / hijau.
  3. Ingin memiliki tampilan / design excel yang sudah di re-enginer. Sehingga tinggal menempatkan 1 admin untuk input dan langsung terupdate pada dashboard / rekapitulasi.
  4. Ingin melakukan investasi trucking karena saat ini menggunakan vendor / forwarder. Meminta untuk dibuatkan benefit cost secara detail.
  5. Memiliki supporting tools untuk memberikan selling rate kepada customer dengan input nya adalah jarak , beberapa biaya variabel serta simulasi margin


Dari beberapa hal di atas, yang saya coba share di sini adalah advice / konsultasi saya dengan pembaca blog adalah Budgeted Project Cost & Revenue, Monthly Report Benefit Cost, Delivery Calculation & Sample Delivery Cost Template. Sebenarnya masih ada beberapa template / form lain yang biasa dipakai untuk me-manage transportasi seperti : Format Cost Control, Insentif Driver, Service Control (Oil, Maintenance, Tyre Changing, etc), Fuel Ratio Recap, etc. Namun template-template tersebut memang unique sesuai nature dari business user nya, saya share beberapa yang general saja pernah dipakai.

Budgeted Project Cost & Revenue

Template Budget Cost & Revenue

Template Budgeted Cost & Revenue

Monthly Report Trucking Benefit Cost (Click to Download)

Template di atas paling tidak memiliki beberapa fungsi :

  • Sebagai tools bagi sales untuk menentukan harga jual. Lebih customize based on operating cost, jarak, jenis truck, gross margin.
  • Tentunya akan sangat bergantung pada beberapa operating cost yang berbeda setiap tujuan (misal : Insentif, Uang Mel, dsb).
  • Sebagai dokumentasi pre-sales yang akan menjadi kontrol terhadap biaya aktual.
  • Sebagai data pendukung untuk rekapitulasi Operating Cost.

Dengan fungsi-fungsi template tersebut user diharapkan lebih mudah untuk melakukan aktifitas administratif dalam perusahaan trucking.

Monthly Report Benefit Cost

User yang sama yang membutuhkan template Budgeted Project Cost & Revenue  juga saya provide template rekapitulasi nya sbb :

Monthly Benefit Cost

Monthly Report Trucking Benefit Cost (Click to Download)

Ketika itu saya berpikir template rekapitulasi ini menolong user untuk melihat secara keseluruhan cost & revenue yang dikeluarkan per project, komponen variable cost dan fixed cost (divisualisasikan dengan conditional formatting bars), margin dan gross profit. Saya juga terpikir sebenarnya melakukan rekapitulasi ini dalam bentuk grafik, namun karena masih bingung / belum ada ide grafik seperti apa yang diinginkan user, maka saya belum menyediakan nya pada advice / konsultasi yang saya berikan.

Rekapitulasi ini merangkum beberapa template  Budgeted Cost & Revenue sbb :

Dahsboard Trucking

Jadi idealnya seluruh data cost & revenue untuk 1 unit trucking di rekap dalam 1 file Microsoft Excel seperti gambar di atas.

Delivery Calculation & Sample Delivery Cost Template

Delivery Calculation

Delivery Cost Template (Click to Download)

 

Sample perhitungan pada gambar di atas saya buat dalam Microsoft Excel tujuannya untuk memudahkan user template ini mudah mengidentifikasi biaya, menentukan harga jual ideal, komponen biaya variabel dan fixed serta tampilan yang enak dilihat.

Beberapa pengunjung blog ini berkomentar memang meminta advice / konsultasi atau raw template dari Ms.Excel tersebut. Terkadang saya berdiskusi via chatting /email untuk identifikasi kebutuhan, sehingga ketika mendevelop template baru harapannya menjadi solusi bagi bisnis pembaca blog ini.

Beberapa asumsi yang saya pakai dalam mendevelop template excel tentunya harus sering diverifikasi oleh user, sesuai data aktual di lapangan. Sebagai contoh untuk Fuel Consumption Truck di daerah Jabodetabek tentu sangat berbeda dengan Fuel Consumption daerah Jawa Tengah, kemudian untuk Tyre Consumption di daerah Jawa tentu berbeda dengan Tyre Consumption di daerah Kalimantan. Artinya asumsi-asumsi yang saya ambil berlaku kasuistik dan tidak berlaku general.

Demikian tulisan seri 2 saya tentang business analyst ini, seri 1 sebelumnya adalah Business Analyst Warehousing , akan ada beberapa seri tulisan lagi seputar project-project yang saya kerjakan secara freelance.

Salam Romailprincipe

Silahkan pembaca untuk komentar di bawah tulisan ini atau share via email ke romailprincipe2012@gmail.com. Silahkan juga Follow blog ini dengan mendaftarkan email di sidebar blog ini🙂

Daftar Tulisan Romailprincipe bisa dilihat di sini

Download Sample Template Excel atau Portfolio 

 

2 thoughts on “Business Analyst 2 (Transportation Cost Analysis)

  1. Anonim

    Thanks infonya, mau tanya pak,
    untuk bisa membuat seperti itu dulu kuliahnya ambil jurusan apa pak??

    Jurusan kuliah yang directly belajar details ini mungkin tidak ada, tetapi framework conceptual dan cara berpikir sistem mungkin banyak di jurusan manajemen dan teknik industri

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s