Business Analyst 1 (Warehousing)


Untuk menambah beberapa tulisan di blog ini, saya coba hadirkan seri tulisan business analyst yang memaparkan beberapa rekan yang telah bekerjasama dengan saya untuk memberikan advice / konsultasi atau solusi bagi perkembangan usaha mereka. Seri 1 dari tulisan ini adalah analisa bisnis warehouse dari BMC logistics yang ada advertising nya di sidebar blog ini, user saya kali ini kontak via email dan blog pada September 2011. Sampai saat ini masih keep contact dengan sayaūüôā

Diawali dari membaca dan review di blog ini, Pak Riza (demikian nama visitor blog ini) melakukan kontak melalui komentar di blog dan mulai berinteraksi dengan penulis blog ini via email dan chatting. Solusi yang dibutuhkan kira-kira adalah konsep untuk melakukan bisnis warehouse. Setelah berdisksusi 1-2 minggu disimpulkan bahwa bentuk konkret untuk memulai bisnis ini adalah : Cost Analysis, Layout Space & Ukuran, Quotation, Simple Inventory Report. Setiap file yang saya submit kepada user dilengkapi dengan manual / petunjuk untuk memahami penggunaan file-file tersebut.

Cost Analysis

Secara sederhana saya develop suatu template costing dari warehouse untuk membantu usaha warehouse ini menentukan harga jual pada tingkat margin tertentu. Sehubungan terpisah jarak cukup jauh (saya di Jakarta dan user di Surabaya) maka saya tidak bisa visit ke tempat user dan hanya mengandalkan data-data yang dikirimkan via email berupa foto, informasi cost, informasi ukuran serta market rate untuk bisnis sewa gudang.

Berikut template sederhana perhitungan sewa gudang :

Costing harga sewa gudang dengan pola cost plus

Metode perhitungan sewa gudang dengan cost plus

Angka yang tercantum saya samarkan beberapa untuk kerahasiaan user. Solusi di atas secara sederhana adalah menyusun struktur biaya dari gudang termasuk biaya jika Investasi gudang tersebut di depositokan ke bank yang terhitung sebagai opportunity cost yang hilang karena uang diinvestasikan user ke bisnis rental warehouse.

Harga Handling

Perhitungan harga handling barang di warehouse

Harga handling ini disusun dari komponen-komponen biaya yang langsung (direct) berhubungan dengan handling itu sendiri. Untuk perhitungan biaya indirect / overhead belum dimasukkan pada penentuan harga handling maupun harga sewa gudang di atas. Namun jika pada faktanya komponen  biaya indirect / overhead akan diabsorb di perhitungan harga jual, maka sudah disediakan komponen biaya lain-lain / others pada template yang bisa diinput jumlahnya sesuai keinginan user.

Layout Space & Ukuran

Untuk advice dari layout gudang saya menggambarkan 3 layout yaitu : Layout 1 (Handling dengan Forklift & Hand Pallet), Layout 2 (Handling dengan Forklift saja) serta Layout 3 yaitu ukuran gudang. Dasar saya membuat layout adalah draft gambar dari user sendiri yang saya re-draw dengan menggunakan software Microsoft Visio sehingga saya bisa detail memvisualisasikan luas space yang bisa dijual (utilisasi space) lengkap dengan zona untuk manuver forklift dan hand pallet.

Handling Forklift & Hand Pallet

Handling Forklift & Hand Pallet

Handling dengan hanya menggunakan forklift

Handling dengan hanya menggunakan forklift

BMC Logistics

Untuk Layout 3 berupa ukuran detail dari layout kira-kira mirip dengan gambar di atas, hanya fungsinya difokuskan untuk memvisualisasikan kepada calon customer nantinya dimana barang akan diletakkan dan sebagai attachment dan kelengkapan data. Solusi berupa layout ini diimplementasikan user untuk melakukan re-layout gudang yang akan di tawarkan kepada calon customer.

Quotation

Penjelasan quotation

Penjelasan quotation

Selain Cost Analysis dan Layout, saya juga memberi solusi template Quotation untuk memudahkan user saya untuk menawarkan space gudang kepada calon customer. Template tersebut memuat beberapa informasi teknis yang biasanya dibutuhkan oleh orang yang membutuhkan space gudang (layout, denah, fasilitas, harga, terms and condition, dll).

Simple Inventory Report

User¬†saya kali ini juga membutuhkan semacam template simple untuk support dari sisi administrasi gudang, Dengan space yang tidak begitu luas serta jumlah orang terbatas, maka tentunya akan muncul cost cukup besar jika menyewa orang khusus dedicated untuk mengurusi administrasi, oleh karena itu pekerjaan administrasi tentunya akan dikerjakan petugas operasional. Untuk mempermudah administrasi (khususnya pembuatan Inventory Report) maka saya coba membuatkan template simple yang bisa diupdate dengan mudah hanya dengan menggunakan 2 sheet, yaitu sheet ‘Master’ dan sheet ‘Stock Gab’

Sheet ini digunakan untuk master data

Sheet ini digunakan untuk master data

Sheet Reporting Stock yang diupdate setiap hari

Sheet Reporting Stock yang diupdate setiap hari. Download sample File Stock Reporting.xlsx

Selain advice / konsultasi berupa Cost Analysis, Layout Space & Ukuran, Quotation, Simple Inventory Report lengkap dengan manual guidance nya, saya juga membantu user saya dengan mereview Jasa Logistik dan Warehousing yang dimiliki dalam tulisan : Jasa Logistik Warehousing dan Distribusi di Surabaya  dengan kata kunci / tag : Sewa Gudang Rungkut / Surabaya, Sewa Gudang Murah ,dsb. Kemudian sidebar blog ini juga memvisualisasikan usaha dari user saya ini. Berikut statistik wordpress dari tulisan / review Jasa Logistik Warehousing dan Distribusi di Surabaya :

Statistik Tulisan WordPress Review BMC Logistics

Statistik Tulisan WordPress Review BMC Logistics

Memang tulisan ini belum terlalu terindeks dengan baik oleh visitor yang melakukan googling atau pun yang sedang mencari-cari tulisan tentang logistik di blog saya. Secara rata-rata per hari hanya di sekitar 4 hits / hari atau sekitar 120 hits / bulan, bandingkan dengan tulisan lain semisal tentang Sistem Manajemen Gudang, Sistem Manajemen Gudang (WMS) atau Kartu Stock Sebagai dokumen kendali persediaan yang kira-kira per tulisan bisa di click > 100 kali per hari. Menurut user tersebut traffic 4 hits / hari saat ini juga cukup mendatangkan prospect customer yang cukup bagi usaha sewa gudang dan distribusi yang dijalankan.

Dalam proses advice / konsultasi ini saya selalu berusaha memberi tenggat waktu bagi saya untuk me-reply pertanyaan-pertanyaan (biasanya 1×24 jam) serta memberi fedback yang baik untuk setiap revisi file yang sudah saya submit, karena penting bagi saya untuk mengetahui bahwa analisa yang saya lakukan benar-benar bisa berjalan secara aktual dan turut serta memberi nilai / sumbangsih bagi pengembangan bisnis¬†user¬†saya. Demikian tulisan seri 1 saya tentang Business Analyst, ke depan nya saya akan lanjutkan beberapa project seputar business analyst yang saya dapatkan dari kegemaran saya menulis blog ini.

Salam Romailprincipe

Silahkan pembaca untuk komentar di bawah tulisan ini¬†atau share via email ke¬†romailprincipe2012@gmail.com.¬†Silahkan juga¬†Follow¬†blog¬†ini dengan mendaftarkan email di sidebar blog iniūüôā

Daftar Tulisan Romailprincipe bisa dilihat di sini

Download Sample Template Excel atau Portfolio 

 

4 thoughts on “Business Analyst 1 (Warehousing)

  1. pelangiiarsy

    great..great, thanks ya kang, saya lagi penelitian juga ini tentang warehouse, makasih banyak blog nya sangat membantuūüėÄ

    Terima kasihūüôā

    Suka

    Balas
  2. Riza

    No doubt..Mas Ari byk develop biz kita, sehingga sekarang kita bisa mulai generate profit. Kedepan kita tunggu trus advisnya !

    Thanks Mas Rizaūüôā

    Suka

    Balas
  3. riosetoblog

    Ada kaitan ya daya beli +, jenis produk +, jumlah produk +, ruang -, waktu -. Ini bisnis prospektif masa depan, selama produk belum bisa di’soft’kan dikirim via internet.. hehe.ūüėÄ

    Betul mas Rio .. ditambah lagi kita belum terikat dengan ‘formalitas’ , ‘birokrasi’ , ‘biaya maketing’ , dll sehingga solusi yang sangat baikūüôā

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

