Biaya truck pada transportasi logistik


Berikut saya coba share tulisan mengenau biaya trucking dalam konteks transportasi logistik. Untuk versi full dalam menganalisa biaya trucking dapat di-download di Beli-Template.com editable untuk kebutuhan Perusahaan.

Memulai tulisan ini saya coba membuka dengan beberapa pertanyaan yang lazim saya temui ketika menghitung biaya perjalanan dari sebuah truck, beberapa pertanyaan tersebut adalah sbb :

  • Berapa banyak biaya-biaya transportasi yang dikeluarkan untuk aktifitas logistik sebuah perusahaan?
  • Berapa banyak yang harus dibayarkan ke hal-hal yang sulit untuk dipertanggung jawabkan seperti : Uang Mel, Uang Portal, Uang Polisi, Timbangan, Preman, dll?
  • Berapa liter konsumsi pemakaian bahan bakar dari setiap truck yang dimiliki?
  • Berapa besar biaya perawatan untuk setiap truck?
  • Biaya pemakaian vendor sangat besar, apakah jika melakukan investasi truck menurunkan biaya logistik?

Pertanyaan-pertanyaan tadi membuka pemikiran besarnya biaya yang dibutuhkan untuk aktifitas transportasi logistik pada setiap jenis usaha.

Pada buku Logistical Management (Closs and Bowersox, p368) komponen dari biaya transportasi adalah biaya Variabel, Fixed, Joint and Common. Saya coba membahas Variabel dan Fixed Cost dimana Variabel muncul setiap ada aktifitas pengiriman dan Fixed adalah biaya yang sudah dipastikan tetap ada meskipun tidak ada aktifitas pengiriman. Joint Costs dan Common Costs yang disebutkan di buku tersebut menurut saya sebenarnya sudah ter-cover pada komponen Variable Costs.

Contoh di atas adalah resume data riil biaya variabel untuk pengiriman dengan menggunakan truck berpendingin dari daerah Jakarta timur ke beberapa destinasi. Template di atas dirancang untuk mengetahui secara detail biaya perjalanan dari sebuah truck dan tentunya bersifat sebagai data mentah untuk dianalisa oleh penyelia atau manajer.

Tentunya data-data mentah tersebut belum bisa ‘dibaca’ untuk menjadi pendukung keputusan atau kebijakan, diperlukan adanya pengolahan data lebih mendalam serta analisa untuk membuat data tersebut ‘berbicara’ menjadi sebuah informasi detail yang nantinya akan menjadi dasar sebuah keputusan. Adanya data-data tersebut mungkin bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut :

  • Apakah biaya truck sudah berada pada tingkat paling efisien? Seberapa jauh pergerakan data biaya satu truck dengan truck yang lain?
  • Apakah para driver / helper melakukan pencurian BBM, atau apakah terjadi penggantian ban dengan ban yang lebih murah?
  • Apakah uang jalan dari setiap destinasi sudah benar demikian adanya?
  • Apa komponen biaya perjalanan paling besar?

Saya mencoba membuat satu template perhitungan biaya truck untuk memonitor biaya-biaya dan memastikan bahwa pendapatan yang dihasilkan sebuah truck berada di atas biaya yang dikeluarkan. Saya mengasumsikan bahwa saya adalah pemilik truck yang akan menjual jasa penyewaan truck kepada perusahaan atau orang yang membutuhkan, Pada kasus ini, saya menginginkan adanya sebuah template yang memudahkan saya mengetahui apakah harga jual saya sudah mengcover seluruh biaya dan apakah penjualan ini menguntungkan bagi saya?

Delivery Cost Template (Click to Download)

Download Template Benefit-Cost Trucking (Editable)

Melalui asumsi-asumsi umum yang diambil, maka pemilik truck bisa menentukan struktur biaya dari setiap perjalanan truck. Nantinya setelah seluruh biaya bisa didefinisikan dengan baik, maka pemilik truck bisa mengetahui apakah pendapatan yang dihasilkan truck ini sudah berada pada tingkat yang menguntungkan. Output dari data-data di atas kira-kira adalah sbb :

Data-data fixed dan variable cost tersebut bisa didapatkan dari input data mentah yang dimasukkan setiap hari sehingga menghasilkan biaya yang kurang lebih mendekati actual. Jika sudah memiliki data fixed dan variable cost tertentu, maka kita bisa menganalisa prosentase biaya tersebut, serta untuk lebih menarik dan sedikit menggunakan simulasi, kita bisa mengasumsikan sejumlah pendapatan dari truck dan menganalisanya ke dalam bentuk sebuah grafik sbb :

Dengan menggunakan angka penjualan per km yang didapatkan dari sebuah truck, maka bisa diketahui dengan singkat bahwa pendapatan yang dihasilkan truck lebih besar daripada biaya yang ditimbulkan, sehingga keputusannya adalah tetap bertahan pada level harga tersebut. Pada data di atas, saya sebagai pemilik truck baru akan untung jika Revenue saya berada di atas Total Cost yang ditunjukkan pada Kilometer 800-1,000, artinya utilisasi kendaraan saya harus berada pada angka tersebut per bulannya.

Contoh template di atas tentunya mungkin masih jauh dari sempurna atau dapat dilakukan penggalian analisa yang lebih mendalam lagi, namun secara umum pemakaian template untuk analisa harus memudahkan user. Pembuat template excel haruslah memikirkan kemudahan-kemudahan bagi user untuk melakukan input pada ‘cell’ excel yang benar, menggunakan asumis tepat dan dengan sebuah formula maka output dalam bentuk hasil grafik ataupun informasi untung rugi sudah harus bisa didapatkan. Penggunaan template semacam ini memudahkan pengambilan keputusan secara cepat dan mendukung monitoring terhadap biaya transportasi.

Mungkin para pembaca memiliki template perhitungan biaya truck yang menarik dan bisa di-share di blog ini?

Salam Romailprincipe

Silahkan pembaca untuk komentar di bawah tulisan ini atau share via email ke romailprincipe2012@gmail.com. Silahkan juga Follow blog ini dengan mendaftarkan email di sidebar blog ini🙂

Download Template Benefit-Cost Trucking (Editable)

 

67 thoughts on “Biaya truck pada transportasi logistik

  1. sultan

    Artikel yg sangat bagus ……..
    Saya akan membuka Bisnis Pergudangan dlm waktu dekat, apabisa dibantu utk detailsnya? Bs hub saya di PIN BB 21560870

    Sudah add dan email ya🙂

    Suka

    Balas
  2. rio manurung

    kang,,minta cara hitung kapasitas volume gudang dan penyelesaian permasalahan kapasitas dunk,,,,untuk gudang industri farmasi,,,matur suwun,,ditunggu ya,,tolong

    Boleh saja, saya email dulu ya

    Suka

    Balas
  3. selvie chummairoch

    Dear romailprincipe.wordpress.com

    Selamat Siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima ksih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

    Suka

    Balas
  4. agus wijaya

    bisa email file excelnya pak, kok fuel consumsionnya bisa rendah banget 0,14 liter/km ya? Apa ada analisa datanya pak? tks

    Suka

    Balas
  5. teguh

    mas boleh minta file excelnya gak?.

    mksh sblmnya..

    File excel bisa saya share dan adjust sesuai kebutuhan anda, jika tertarik silahkan tinggalkan komen ya🙂

    Suka

    Balas
    1. syarifuddin

      p saya dr perusahaan logistik dengan jumlah unit sekitar 200 unit trailer, kebanyakan wilayah jawa, saya mau melakukan perbandingan dengan hasil perhitungan bapak, bisa di share file excelnya p, terima kasih

      Pak, saya kontak via email ya🙂

      Suka

      Balas
  6. Monang limbong

    Sangat bagus analysanya pak. Saya sangat tertarik untuk mencobanya, jika berkenan saya minta dikrimkan via email file (format) tersebut.

    Terimakasih.

    M. Limbong

    Suka

    Balas
  7. Ping balik: 300,000 hits Blog Romailprincipe « Romailprincipe Menulis

  8. nandar

    jika berkenan, boleh saya minta file exelnya pak?
    terimakasih sebelumnya

    Yang menginginkan file excel, silahkan email kebutuhannya seperti apa, saya coba develop sebisa nya ntegrated dengan chart / grafik.

    Suka

    Balas
  9. nandar

    pak, bisa bantu saya nga?
    saya mau template seperti di postingan bpk, mungkin tidak serumit itu karena kebutuhan saya tidak banyak, boleh saya send ke Email Bpk kebutuhan itu?

    Suka

    Balas
  10. ika nurul handayani

    Pak ,minta informasi cara hitung kapasitas volume gudang dan penyelesaian permasalahan kapasitas , untuk gudang industri kosmetika,,matur suwun,,ditunggu ya,,tolong

    Sudah saya reply ke email ya, jika ada yang request lagi silahkan ke romailprincipe2012@gmail.com

    Suka

    Balas
  11. riosetoblog

    melamun, merujuk reply @syarifuddin september 2012, adakah solusi alternatif break-even jarak kurang dari 800-1.000km? (dukungan teknologi: GPS, rekanku bikin dan diminati), (waktu: padat merayap di masa depan), (kompetitor: kereta api, yang mau memanfaatkan infrastruktur rel gandanya), …dll. hehe😀

    Ada, dengan manaikkan selling rate .. karena selling rate yang disimulasikan di atas adalah asumsi roughly saja.. Untuk pak Syarifudin Sept 2012 sudah saya coba kontak by email belum ada reply nya🙂

    Suka

    Balas
  12. Mulyanto

    Mas Romail,
    Artikel yang bagus dan memang kebetulan sedang saya search di google.

    Jika boleh saya di share seluruh sample template excel anda, saya mau pelajari

    Saya juga sudah baca tulisan-tulisan bisnis analis anda, cukup menarik dan saya tertarik berkorespondensi dengan anda. Kebetulan ada beberapa inisiatif saya (dan beberapa teman) untuk membuka bisnis (di antara nya adalah Pergudangan dan Transportasi) , namun tidak berjalan pada 2011-2012 lalu. Rencana beberapa tahun ini akan saya eksekusi.

    Mohon bantuannya..

    Dear Bp, tulisan-tulisan saya standard aja. Senang sekali jika bisa membantu, saya reply ke email pribadi bapak .. Thanks😀

    Suka

    Balas
  13. windy

    dear Pak romail,
    saya windy. saat ini saya sedang menulis tesis. salah satu variabel yg dihitung adalah biaya perjalanan truk angkutan barang Jawa-Sumatera. tulisan bapak sangat membantu saya. dapatkah saya mendapatkan file excellnya Pak? terima kasih banyak sebelumnya

    hi Windy, Silahkan di halaman download file : https://romailprincipe.wordpress.com/download-file/ , jika excel nya kurang memenuhi atau butuh di develop lagi silahkan hubungi saya lagi ya. Thanks

    Suka

    Balas
  14. muh.edrian damis

    kami baru membuka usaha ekpedisi dan mencoba untuk membeli sebuah truck. mohon share file nya pak Romail agar kami dapat menambil keputusan apakah sudah saatnya membeli truck atau blum. terima kasih sebelumnya

    Silahkan di halaman ‘Download File’ , jika ingin template mendetail bisa saya bantu buatkan. Tks

    Suka

    Balas
  15. Yanu

    nice post pak….sangat membantu untuk saya yang awam.
    saya mau mencoba kerjasama sewa truck, dan akan diberikan margin keuntungan fixed x rupiah /mo, Bagaimana menurut bapak skema kerjasama yang mutualisme ?
    O ya pak, mohon share password excelnya ya pak.

    Terima kasih

    Sudah saya reply, semoga sukses bisnis head truck nya

    Suka

    Balas
  16. Freddy Manullang

    Sangat mudah dimengerti tulisannya..Thanks Pak.
    Bagaimana dengan biaya maintanance nya, boleh dishare juga Pak?
    Saya memang punya cita2 punya usaha transportasi & logistic..semoga tulisan Bapak jadi awal langkah saya..Boleh minta file excellnya Pak? Thanks

    Silahkan, beberapa kali saya membantu untuk tujuan serupa.. Semoga sukses

    Suka

    Balas
  17. hp

    sangat menarik, mungkin bisa saya modified untuk bidang lain(saya di tambang) mau cari formula jika ada over distance.
    Boleh minta file2 excelnya Pak, thanks. hendri prabudi

    Silahkan di di download , jika ada password bisa di crack password excel😉 .. Thanks

    Suka

    Balas
  18. erfans

    terima kasih atas infonya, boleh saya tau password untuk unprotect excellnya pak ? thx

    Passwordnya ‘merari’ , jika ingin di kustomisasi lebih lanjut bisa hubungi saya. Thanks

    Suka

    Balas
  19. Anonim

    kang,. saya sudah sedot file exel untuk tamplate biaya trucking, namun ada beberapa sheet yang di block, bisa tidak saya mendapatkan password nya untuk membuka sheet yg di block tsb,.? jika bisa mohon email ke bangun_rbl@yahoo.com terima kasih.

    Suka

    Balas
  20. anda fatimah

    selamat malam,
    dalam blog bapak menjelaskan tentang pengiriman via truck/darat, adakah yang menjelaskan tentang bia kirim darat selain truck dan bia kirim via udara..? bila ada, tolong di emailkan ke anda.fatimah142@yahoo.com

    Hi, Itu biasanya price list dari forwarder

    Suka

    Balas
  21. Laila Nur Isnaeni

    di dalam revenue di atas ada tertulis 3.000.000,- 6.000.000,- dst … apakah di buat manual ?
    kemudian setelah saya tarik excelnya ada nominal selling rate … apakah ini juga manual ?

    Hi Ibu, jika tidak ada rumusnya maka kemungkinan manual

    Suka

    Balas
  22. sisko

    kami mohon batuannya terkait cara perhitungan untuk biaya perjalanan pengirimana barang dengan menggunakan truk untuk wilayah jabodetabek serta luar kota dengan berbagai cara seperti :
    1. per delivery
    2. per ritasi
    3. per kilo meter
    terima kasih sebelumnya

    Hi, terima kasih atas komennya. Silahkan jika ingin berkonsultasi lanjut ke admin@excelogic.info

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s