Posting pertama tahun 2012


Wah rasanya lama sekali meninggalkan aktifitas blogging ini, tulisan terakhir saya adalah Sistem Manajemen Gudang (WMS) yang membahas tentang fitur-fitur Warehouse Management System yang dimiliki seorang rekan. Sejak tulisan tersebut terbit saya belum terpikir untuk menambahkan tulisan pada blog ini, meski ada satu tulisan yang dalam proses, namun belum selesai karena masih kurang sana-sini…

Ada hal menarik pada statistik blog saya, meski saya tidak pernah mengupdate blog, namun faktanya secara statistik terus meningkat. Total hits per 31 Maret 2012 nyaris mencapai 250,000 hits yang dicapai dalam 3 tahun 8 bulan. Dalam pergerakan hits bulanan, terjadi perubahan hits yang cukup signifikan pada bulan Agustus 2011 (5,993 hits), September 2011 (8,147 hits), Oktober 2011 (10,742 hits) dan terus naik sampai Maret 2012 (13,658 hits pada jam saya posting tulisan).

Artinya dalam 7 bulan hits saya rata-rata per bulannya naik 7,000 hits atau naik 2x lipat dalam 7 bulan (Agustus 2011 5,993 ke Maret 2012 13,658 hits). Indikasinya google semakin menyukai blog saya serta aktifitas internet dengan keyword Sistem Manajemen Gudang, Kartu Stock, Sistem Manajemen Persediaan Gudang semakin banyak dicari orang.

Peningkatan 100% dalam 7 bulan merupakan hal yang cukup mengherankan bagi saya, karena dalam kurun 7 bulan itu hanya 4 tulisan saja yang saya buat. Apakah ke-4 tulisan itu menyumbang traffic yang cukup banyak? Rasanya iya, tetapi tidak sampai mempengaruhi sedemikian besar. Kemungkinan lainnya adalah semakin banyak pengunjung yang mencari keyword yang menjadi tag pada tulisan-tulisan saya, artinya internet semakin menjadi sumber informasi bagi orang-orang yang ingin belajar atau memperdalam pengetahuannya tentang suatu bidang.

Pada akhir tahun kemarin juga saya mendapat rekan seorang yang berbisnis logistik didaerah Surabaya. Rekan ini membutuhkan sedikit jasa konsultasi dari saya, alhasil saya memberi jasa berupa layout, modelling excel untuk cost and revenue, penyewaan space pada side bar saya. Dari sisi jumlah bayaran yang saya terima mungkin tidaklah terlalu besar, namun mendapatkan kepercayaan serta bergunanya kemampuan saya untuk memulai bisnis bagi rekan saya itu cukup menyenangkan.

Belum lagi dari keterangan bahwa iklan yang dipasang cukup memberi informasi yang baik untuk pengunjung yang ingin menggunakan usaha logistik yang dia rintis, paling tidak dalam 1 minggu ada yang menghubungi. Google juga menempatkan tulisan saya Jasa Logistik, Warehousing dan Distribusi di Surabaya pada halaman pertama (page one) dengan kata kunci “sewa warehouse di surabaya”  , “sewa gudang murah di surabaya” dan keyword semacamnya.

Dari beberapa komentar yang saya reply ke email pribadi sering ada permintaan untuk jasa konsultasi. Saya sebisanya terus membalas dan melayani baik pengunjung yang bersedia membayar dan mendapat hasil yang detail, maupun pengunjung yang sekedar bertukar informasi.

Nge-blog dengan tema warehouse dan distribusi semakin menjadi bagian dalam aktifitas saya, meski tidak pernah blogwalking atau konsisten menulis dan menjawab komentar, namun setiap komentar yang masuk ke email biasanya sering saya respon dalam waktu yang singkat. Hal ini menjadi ‘passion’ yang membuat aktifitas saya di luar pekerjaan terasa cukup menyenangkan, tidak dari nilai uang yang saya hasilkan tetapi dari sisi bagaimana saya bisa menggunakan sedikit yang saya ketahui untuk orang lain.

Dengan statistik dan traffic yang meningkat tentunya saya harus terus menjaga dengan menulis tema-tema warehouse dan distribusi untuk menjadi bacaan alternatif bagi pengunjung blog atau paling tidak bisa menambah wawasan dari pengunjung blog. Satu tulisan yang sedang saya siapkan adalah tentang manajemen pengiriman barang dair gudang ke tempat tujuan dengan menggunakan armada truck. Saya menyiapkan nya cukup lama bukan karena berbobotnya tulisan, tetapi seringnya content saya ubah dan tambal sulam sana-sini karena keinginan menyampaikan informasi terbaik.

Dari sisi saya tentunya terus mengupgrade diri dengan pengetahuan-pengetahuan dan informasi baru untuk sekedar menambah kapasitas saya, sehingga apa yang syaa ketahui tidak itu-ke itu saja, melainkan selalu berkembang dan bertambah sesuai praktek di lapangan. Bersyukur juga berada di tempat kerja yang membantu untuk memiliki perpektif tentang warehouse dan distribusi dari berbagai arah.

Menyadari sepenuhnya banyak orang yang lebih ahli dan mumpuni pada bidang warehouse dan distribusi tentu tidak menyurutkan niatan saya untuk terus menulis. Jika ada pengunjung yang lebih ahli, tentunya sangat membantu saya untuk menambah pemahaman saya pada bidang pekerjaan yang sedang saya geluti🙂

Itu dulu sedikit update dari saya, ditunggu komennya

Salam Romailprincipe

One thought on “Posting pertama tahun 2012

Tinggalkan Balasan

