Delapan bulan setelah 100.000 hits


Setelah melewati 8 bulan pencapaian 100.000 hits, blog Romailprincipe ini melewati lagi angka 150.000 pada bulan Juni 2011.  50.000 dalam 8 bulan berarti sekitar 6.000 hits per bulan dan 200 hits per hari.  Tulisan Sistem Manajemen Gudang, Sistem Administrasi Gudang, Sistem Penerimaan Barang di Gudang, Kartu Stock sebagai dokumen kendali persediaan serta Tips Interview Bahasa Inggris mennyumbang kira-kira 100 hits per hari, sisanya adalah dari tulisan-tulisan lain.

Melihat tulisan-tulisan itu, maka semakin jelas bahwa blog Romailprincipe ini sangat beraroma ‘logistik’. Hal ini didukung pula jika menggunaan search engine Google dan mengetikkan Sistem Manajemen Gudang, Operasional Gudang, Administrasi Gudang, Kartu Stock, maka blog Romailprincipe ini berada pada page one / paling pertama. Saya sendiri kurang paham mengapa Google menempatkan blog ini di page one sementara  tidak dengan Yahoo atau Bing yang menempatkan tidak pada page one / paling pertama. Namun seiring dengan menukiknya Alexa Rank dari 500 ribuan menjadi 2 jutaan serta Google Page Rank dari 4 menjadi 3, bisa jadi blog ini tidak muncul di page one lagi. Sekedar mereview saja sih, karena secara saya sudah jarang komen di blog teman / blogwalking serta menulis dengan konten yang disukai orang maka dengan sendirinya blog ini bisa kurang disukai oleh Google atau mesin pencari lain.

Yang saya sukai dari menulis blog dengan banyak konten tentang logistik adalah pengunjung yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait dengan tulisan saya. Misalkan dengan tulisan sistem manajemen gudang yang dikunjungi oleh beberapa pekerja bidang logistik serta beberapa rekan mahasiswa yang sedang skripsi mengenai manajemen gudang. Komen yang ditinggalkan biasanya adalah mencari informasi-informasi lebih lanjut seperti buku tentang logistik, menanyakan mengenai manajemen gudang, konsultasi skripsi dan hal-hal lain.

Menanggapi hal tersebut, saya dengan senang hati akan membalas setiap detail pertanyaan. Bahkan pernah sampai chatting via Yahoo Messengger untuk konsultasi mengenai topik skripsi yang sedang dambil. Sore tadi saya juga baru mengirimkan E-book tentang logistik yang saya miliki kepada pengunjung blog ini yang sedang skripsi mengenai Gudang. Suatu saat nanti ada keinginan saya untuk bisa ikut memberikan pemikiran dalam bentuk usaha yang memerlukan operasional gudang tingkat lanjut. Tetapi untuk sampai pada tahapan itu tentunya kualitas saya harus dipertajam lagi dan dipublikasikan melalui media seperti blog ataupun ebook. Bagi praktisi logistik yang ahli akan cukup ‘sederhana’ jika tidak bisa dikatakan ‘payah’ 😀

Dalam sempitnya waktu menulis blog, saya coba mempersiapkan tulisan logistik lain untuk meperkaya lagi pengetahuan tentang dasar-dasar logistik. Terkadang tulisan yang saya buat begitu mengalir dari apa yang pernah saya lewati, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk memberi ‘sentuhan’ teori buku untuk hadir lewat tulisan di blog ini. Hits 50.000 dalam delapan bulan sudah mulai menurun trend nya, karena beberapa bulan belakangan (seperti dikatakan mas asopsitemus) saya memang sangat jarang menulis. Berbeda dengan asopsitemus yang terus mengisi blog nya dengan tulisan-tulisan menarik, bisa dibuktikkan melalui komentar di setiap tulisan-tulisannya.

Yang tidak pernah saya lakukan lagi adalah mencoba menulis topik-topik yang sedang ngetrend seperti saya pernah mencoba menulis tentang topik-topik yang bisa dipastikan mendatangkan traffic musiman seperti Melihat Kritikan kepada Twit Orang lain, Pastor Terry Jones & Dove World Outreach Centre, Merapi dan Siaran stasiun TV tersebut, tulisan tadi adalah contoh tulisan yang bisa mendatangkan ratusan traffic pada ‘musim’ dicarinya tulisan tersebut. Rasanya kalau ada topik hangat dan saya sedikit banyak mengerti akan saya coba lagi untuk menulis dengan gaya seperti itu.

Begitu dulu sapaan saya kali ini, semoga makin banyak tulisan-tulisan spesifik dan memperkaya diri sendiri dan orang lain secara wawasan ..

 

Salam Romailprincipe

5 thoughts on “Delapan bulan setelah 100.000 hits

Tinggalkan Balasan

