Tips interview bahasa Inggris


Wuah beberapa waktu belakangan saya sudah beberapa kali menghadapi proses interview dalam bahasa inggris. Meskipun CV dan surat lamaran juga lengkap berbahasa Inggris, bukan berarti wawancara dalam bahasa inggris adalah hal yang mudah. Menonton, membaca, mendengar dalam bahasa inggris mungkin saja lebih mudah dilakukan ketimbang berdiskusi atau berinteraksi dalam bahasa inggris.

Beberapa pengalaman saya menunjukkan bahwa untuk TOEFL pas-pas an (seperti saya 450-500) dan tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris sehari-hari, maka interview dalam bahasa inggris bisa menjadi momok menakutkan. Untuk itu perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar kemampuan “pas-pas an” dalam berbahasa inggris dapat berdampak hebat dalam perkembangan karir ke depan.Sekarang saya mau berbagi beberapa ebook pelajaran berbahasa Inggris dulu, silahkan di download pada beberapa link di bawah. Untuk yang sudah fasih teori-teori nya, di skip aja untuk memmbaca lebih lanjut tips interview dalam bahasa inggris😀

Cara belajar, Lesson 1, Pelajaran 1A, Pelajaran 1BPelajaran 1CKata Ganti,

Kata Sifat, Kata Kerja, Keterangan Waktu, Sample E-Book

10 Ebook belajar bahasa inggris di atas diupload di Ziddu.com dan bisa didownload gratis. Bagi yang mau versi lengkap ebook belajar bahasa inggris, bisa comment di bawah, sehingga saya bisa melengkapi koleksi ebook saya di  Ziddu.com, koleksi lengkap nya ada 6 (enam) seri. Lumayan jika ingin memberi dasar-dasar berbahasa inggris yang baik dan benar, so sekali lagi buat teman-teman yang ingin menambah koleksi ebook bahasa inggris nya silahkan tinggalkan komen di bawah ya.

Lanjut ke topik utama, yaitu tips interview dalam bahasa inggris. Kira-kira 5 kali sudah saya berhadapan dengan pewawancara yang bertanya dalam bahasa inggris. Pada posisi tersebut adalah suatu keharusan saya juga melayani dalam bahasa inggris. Saya selalu berusaha menghindari topik-topik sulit yang menuntut vocabulary lebih, bukan hanya karena kemampuan “pas-pas an” saya, tetapi juga kemampuan “pas-pas an” pewawancara yang membuat situasi interview kurang berkembang dengan bagus.

Yakinkan diri kita bahwa “This will be my interview“, persiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi wawancara dalam bahasa inggris. Selanjutnya bisa dipersiapkan beberapa tips berikut :

  1. Buat profil diri sendiri. Misalkan “My name ….., I am….years old, graduated from…..,etc…”. Tujuannya adalah menjawab pertanyaan “Please Introduce yourself”. Profil ini boleh dibuat agak panjang dan diketik di komputer, sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dibaca ulang. Isinya : Nama, umur, Pendidikan, Pengalaman kerja (singkat), Hobi, tempat tinggal, dll. Profil ini merupakan first impression bagi user/hrd yang akan membawa kepada “mood” atau situasi interview berikutnya. Saya rata-rata bisa melewati bagian ini dengan aman.
  2. Pelajari pengalaman anda secara detail. Menurut rekan psikolog, interview bermaksud mencari “hal-hal” di masa lalu kita untuk “hal-hal” mendatang yang dikaryakan di perusahaan. Jadi kemaslah pengalaman masa lalu sebaik mungkin dalam bahasa inggris. Contoh : “I have 3 years sales experience, mostly in modern market“. Pengalaman 3 tahun di modern market ini sebisa mungkin adalah kebutuhan perusahaan (biasa dicantumkan di lowongan). Pemaparan ini akan membuka ke pertanyaan “What have you done…..“.
  3. Menjual diri. “What have you done…”, bersiaplah menjual kemampuan kita sebenarnya. Pada pertanyaan ini fokuslah pada big achievment pada pengalaman kerja sebelumnya. Hal fantastis ini akan membawa pewawancara bermimpi bahwa hal serupa dapat anda lakukan jika bergabung. Don’t lie but don’t be too honest too, misalkan dengan berbohong pencapaian sales fantastis yang tentunya akan ditanya cara-cara detail oleh pewawancara, pada saat itu kebohongan-kebohongan mulai tercium. Jangan terlalu jujur mengungkapkan pengalaman yang tidak perlu, misalkan “My Manager sometimes told me that I’m….” anda memaparkan bahwa bos anda dulu kadang mengatakan anda keras kepala, sombong, dll. Rasanya itu kejujuran yang membawa pada jurang.
  4. Kuasai sedikit humor dalam percakapan. 3 tips di atas rasanya sudah cukup pas, jika ingin ditambah adalah percakapan spontan yang mencairkan suasana. Percakapan semacam ini banyak dipelajari di film atau komik dalam bahasa Inggris.

Begitu lah tips singkat dari pengalaman pribadi. Tidak terlalu teoritis sih, karena hanya dicuplik dari perjalanan harian saya. Dalam waktu ke depan, jika ada wawancara dalam bahasa inggris lagi akan saya bagi di sini kutipan wawancaranya🙂

Salam Romailprincipe


Update februari Februari 2012 : Artikel / Link di atas sudah saya update, silahkan dicoba. Jika mau versi complete dan tips interview lain bisa saya email dengan harga sangat murah🙂

41 thoughts on “Tips interview bahasa Inggris

  1. Asop

    Hehehe, jadi malu juga, kalo hanya mendengar dan menonton percakapan bahasa inggris, saya (agak) ngerti, tapi kalo ngomong, masih tersendat…😳

    Suka

    Balas
  2. Ping balik: PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI ADMINISTRASI CPNS KEMENHUB TAHUN 2010 | Romailprincipe.com

  3. fadli

    sangat bermanfaat sekali. terima kasih telah berkenan berbagi ilmunya.
    materinya enak dipelajari, gak kaku seperti di buku2 formal.🙂


    Terimakasih, link download sudah tersedia, silahkan langsung donlot mas..

    Suka

    Balas
  4. Ping balik: Delapan bulan setelah 100.000 hits « Romailprincipe Menulis

  5. dita

    bagus isi blognya, karena berdasarkan pengalaman.
    minta materinya donk.. tolong dikirim ke email
    karena link diatas tidak bisa di download
    terima kasih sebelumnnya🙂

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s