Pastor Terry Jones & Dove World Outreach Center


Beberapa waktu belakangan ini, seluruh penduduk dunia dikejutkan oleh kabar mengenai rencana pembakaran kitab suci Al Quran yang dilakukan oleh Dove World Outreach sebuah gereja non denominasi di Gainesville, Florida  yang dipimpin oleh Pastor Terry Jones dan istrinya Sylvia. Istilah Pastor sendiri untuk Terry Jones tidak berarti dia adalah pemuka Agama Katolik (seperti lazim dikenal di Indonesia), istilah Pastor lebih kepada terminilogi gembala atau orang yang memimpin para jemaat dalam satu gereja.

Dove World Outreach Center  (DWOC) didirikan tahun 1996 dan pada awalnya adalah sebuah organisasi keagamaan di sebuah kampus. Organisasi keagamaan (untuk seluruh Agama) seperti ini juga banyak tersebar di seluruh kampus Indonesia, bahkan terkadang pengajaran-pengajaran yang diberikan bisa memiliki multitafsir di tengah-tengah kaum muda kampus yang tengah menemukan jati diri dan identitas nya. DOWC beranggotakan sekitar 50 orang jemaat dengan aliran non denominasi. Artinya DOWC sendiri tidak menjadi pengikut denominasi kristen yang ada.

Terry Jones (58 tahun) adalah pemimpin gereja Christliche Gemeinde Köln (Jerman). Gereja Terry Jones di Jerman dan DOWC adalah sesama anggota dari Pelayanan Kampus Maranatha, melalui hubungan ini sepertinya Jones juga menjadi pastor di DOWC Florida meskipun awalnya sebagai pastor paruh waktu.

Pada tahun 2008 Pastor Terry Jones dibebaskan dari kepemimpinan gereja Christliche Gemeinde Köln atas dasar pernyataan teologi yang tidak bisa dipertanggunjawabkan serta keinginannya untuk mendapat pengakuan. Pastor Terry Jones juga pernah didenda sebesar $ 3.800 karena memakai gelar “doctor”. Gelar Pastor Terry Jones sendiri dianugerahi oleh California Graduate School of Theology.

Dengan sejarah hidup seperti ini dan anggota jemaat 50 orang (dari populasi florida yang bisa mencapai 18 juta orang), cukup luar biasa ekspose media terhadap apa yang ia perbuat. Kontroversi dan booming mengenai nama Pastor Terry Jones bisa jadi dibesarkan oleh media sendiri (mungkin blog ini salah satu nya?).

10 thoughts on “Pastor Terry Jones & Dove World Outreach Center

  1. Ping balik: Pastor Terry Jones | Mari mendoakan | Lidahcerita Mengabarkan

  2. Ping balik: Pastor Terry Jones | Lidahcerita Mengabarkan

  3. udienroy

    Kunjungan Spesial: SELAMAT HARI
    RAYA IDUL FITRI 2 syawal 1431H
    jika ada salah dan khilaf saya di
    dalam berkomentar maka di hari
    kemengan bagian ke2 ini saya
    mohon maaf lair dan batin.

    Suka

    Balas
  4. Ping balik: Delapan bulan setelah 100.000 hits « Romailprincipe Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s