Seleksi BDP Trans TV 2010


Mengikuti seleksi BDP (Broadcaster Development Program) Trans TV 2010 menjadi salah satu pengalaman baru yang menarik buat saya. Informasi tentang lowongan BDP Trans TV diumumkan pada situs karir.transtv.co.id, peserta seleksi akan mengisi sejumlah form yang akan memuat informasi mengenai data diri peserta. Seperti biasa, sebelum mengisi form lamaran, saya mencoba mencari informasi mengenai BDP Trans TV. Dari sejumlah tulisan mengenai BDP Trans TV di Internet, maka saya memperoleh beberapa informasi berikut :

  1. BDP telah diadakan sebanyak 10 kali, dimulai tahun 2000.
  2. BDP merupakan proses rekruitmen Trans TV untuk para pencari kerja dengan kualifikasi minimal D3 dan akan ditempatkan di beberapa posisi sesuai kebutuhan Trans TV.
  3. Sedikit berbeda dengan program Management Trainee, Officer Development Program, dan proses rekruit sejenis yang menempatkan pencari kerja yang lulus pada posisi strategis (misalkan Officer, Supervisor dan akan menjadi next Manager dalam waktu dekat).
  4. Kebutuhan BDP setiap angkatan cukup banyak bisa mencapai 500 orang dan tidak selalu bekerja di Trans TV, bisa disalurkan ke group Trans lain. (sumber dari situs rileks.com berikut)
  5. Jumlah pelamar BDP pada tahun 2007 yang mencapai 100.000 masuk Museum Rekor Indonesia.
  6. Karyawan Trans TV sebagian besar berusia di bawah 28 tahun.
  7. Standar Gaji BDP Trans TV bisa dilihat di situs berikut
  8. Lulusan BDP Trans TV akan menempati beberapa posisi seperti reporter, presenter, camera person, production, etc.

Itu beberapa informasi yang saya peroleh. Saya memutuskan mengikuti proses seleksi dengan keinginan besar menjadi jurnalis/wartawan, profesi yang mungkin akan bisa dikerjakan sepenuh hati. “Mungkin”, karena belum pernah merasakan namun berkeinginan kuat mencapai ke arah sana.

Hari I (Pengetahuan Umum dan Bahasa Inggris)

Seleksi hari pertama untuk daerah Jakarta diadakan di Kampus STEKPI Jalan Kalibata Jakarta Selatan. Jadwal tes saya diinformasikan adalah pukul 08:00. Datang pada 07:15, registrasi membawa id yang telah saya cetak dari rumah. Tes pengetahuan umum dan bahasa inggris kira-kira jumlah nya 50:50 dari total 80 soal. Kalau tidak salah ingat, waktu mengerjakan sekitar 40 menit (meski ada teman yang mengatakan 60 menit). Soal nya cukup lumayan jika memang peserta kurang ‘gaul’ / kurang sering membaca. Saya cukup kesulitan juga menjawab soal-soal itu, beberapa pertanyaan yang sulit adalah sbb :

Penemu situs pencari google? (Larry Page dan Sergey Brin, sumber)

Olimpiade musim dingin 2010 diadakan dimana? (Vancouver, Kanada)

Andai sempat dan boleh googling, pasti bisa mengerjakan lebih banyak🙂

Pengumuman tes hari I akan diumumkan di situs karir.trastv.co.id pada pukul 21:00.

Beberapa tips :

  1. Banyak membaca pengetahuan umum dan grammar English. Misalkan If clause, question tag, to be.
  2. Bawa pensil 2b, rautan, penghapus dan papan untuk alas menulis.
  3. Sarapan / makan sebelum tes, jadi tidak kelaparan🙂
  4. Tidak usah nyontek kanan kiri, beda tipe soal.
  5. Kalau bingung lokasi STEKPI, bisa naik angkot dari blok M. Tanya aja jurusan Kalibata, dan turun di halte STEKPI.

dari sekitar 7000 lebih peserta tes, tersaring menjadi 3300 peserta yang lolos.

Hari II (Psikologi)

Masih di lokasi yang sama, pada hari kedua jadwal tes saya adalah 13:00 (sebenernya tidak usah menurut jadwal tetap bisa masuk). Tes ini cenderung melihat kemampuan intelegensi dan sifat/karakter seseorang. Ada beberapa tes unik yang tidak pernah saya temukan sebelumnya. 4 jenis tes dengan durasi sangat pendek setiap tes nya (kira-kira 2-3 menit). Kemampuan melihat permasalahan dan memecahkan masalah, kemampuan visualisasi dan ingatan, sepertinya menjadi tujuan tes ini. Sama seperti hari sebelumnya, pengumuman dapat dilihat pada situs trans tv pukul 21:00.

Tidak banyak tips untuk psiko tes ini, karena jika memberi tips untuk “belajar” psiko tes maka saya termasuk tidak menyetujui hal itu. Untuk apa belajar psiko tes? Bukankah hasil tes nya nanti bias dan tidak menggambarkan sesungguhnya psikologi / intelegensi seseorang?

Hari III (Interview HRD & User)

Lokasi nya kali ini di gedung Trans TV daerah Mampang. Kita akan mengisi form CV dari Trans TV, isilah sesuai pengalaman yang kita miliki karena dasar HRD dan User mewawancara adalah form yang kita isi tersebut. Jangan lupa untuk membawa CV, surat lamaran, foto berwarna dan fotocopy KTP.

Setelah menunggu dan mendapat penjelasan tentang beberapa posisi yang ditawarkan,  maka peserta akan diinterview oleh HRD sesuai pilihan nya. Peminat cukup besar pada posisi Production, kemungkinan karena trans dikenal dengan kreatifitas nya yang luar biasa.

Dalam wawancara dengan HRD dan User, saya malah beberapa kali ditanya / diarahkan untuk bekerja ke bidang sesuai pekerjaan saya sebelumnya. Hal yang tidak begitu menyenangkan buat saya, secara kalau masih bekerja pada bidang yang sama, untuk apa resign dan melamar ke tempat lain🙂

Pada sesi ini pelamar juga bisa menampilkan bakat/kemampuan masing-masing (sulap, main gitar, nyanyi, dll). Saya bingung pada bagian ini, untung saja karena tidak mempersiapkan apa-apa (sepertinya) saya tidak ditanya lebih lanjut untuk menampilkan bakat.

Perasaan saya pada sesi ini justru akan membuat saya tidak lolos. Ada beberapa alasan mengenai hal tersebut :

  • Karir sebelumnya di bidang logistik, malah disarankan kembali bekerja di bagian yang sama.
  • Jawaban-jawaban saya yang bebas dan apa adanya justru mungkin kurang cocok bagi pewawancara.
  • Postur tubuh, kacamata, dll

Tetapi tak apalah, yang penting jujur dan apa adanya. Suatu pengalaman menarik mengikuti tes dan tahapan di BDP trans TV ini. Pengumuman akan diumumkan pada tanggal 5 September 2010, kembali di situs karir.transtv.co.id

Buat teman-teman yang ikut, semoga lolos dan yang tidak mari bersama-sama bergiat mencari jalan lain lagi. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju…..ROMA!!!!


BROADCASTER DEVELOPMENT PROGRAM

12 thoughts on “Seleksi BDP Trans TV 2010

  1. Ryan

    Hehe…tidak nyangka ada yg nulis artikel ttg ini.
    Salam kenal, saya jg salah satu peserta yg masuk ampe tahap interview.

    Saya penasaran dgn gaji yg ditawarkan, thx utk linknya..🙂
    Mudah2an dapet minimal 2,5 yah..hehe…

    Suka

    Balas
  2. Amidala

    Wah sampe tahap terakhir juga ya? Selamat..
    Saya juga termasuk dari ratusan yang ‘ditahan’ berjam-jam di sana kemarin (30/08) persis 15 menit menjelang Maghrib..
    Padahal menurut jadwal, saya interview pukul 11.00..
    Harapan untuk lolos semakin berkurang karena udah ‘gondok’ duluan disuruh nungguin hampir 5 jam cuma untuk ditanya “Apa alasan kamu memilih kuliah di jurusan itu?”
    Akhirnya ketika ditanya oleh user apakah saya suka nonton sinetron, saya jujur menjawab ‘tidak’.😀 (padahal posisi yang saya incar adalah ‘script editor’, yang notabene kudu doyan mantengin drama alias sinetron indonesia yang tiap menitnya pasti ada nangis-nangisnya).
    Ketika itu, yang ada di pikiran saya cuma: Saya mau cepat pulang (capek, puasa) dan kalo ngga diterima di sini pun saya cukup seneng dapet pengalaman interview dengan HRD (fresh graduate mode: on).

    *sambil berdoa mudah-mudahan nggak lolos*

    Suka

    Balas
  3. rihars

    Wahhh.. saya juga termasuk sampai tahap interview, tapi menurut saya interview kurang memuaskan. Jadwal jam 11.00 ditahan sampe jam setengah 6 sore.. mantap..

    Akhirnya hari ini Jum’at 3 September 2010 iseng2 ngeliat website karir transtv, eh udh ada lohh pengumumannya.. ternyata memang seperti yang saya perkirakan. tidak lolos..

    Suka

    Balas
  4. Dank

    Alhamdulillah setelah beberapa kali ikut seleksi gag lolos terus, akhirnya saya lolos seleksi wawancara transtv..ternyata masih ada wawancara tahap akhir di jakarta..kira-kira ditanya apa lagi ya,yang pengalaman di shar dunk..perasaan wawancara sebelumnya udah habis-habisan..

    Suka

    Balas
  5. McDimm

    Halo.
    Mau sharing, saya lolos BDP 2010 di posisi pilihan HRD😦
    Di posisi tersebut (TPA – IT) saya ditawarkan kontrak selama 5 tahun +_+
    Gaji perbulan 2jt, uang mkn 12rb/hari, Tunjangan kesehatan+THR, gaji 14x / thn , penalty masa kontrak 100juta.


    Semoga bertahan ya, kepuasan dapat dari yang lain (selain gaji).SMANGAD!

    Suka

    Balas
  6. bet

    kapan sih pengumumann yang udah wawancara tahap akhir??


    Sudah selesai tuh sepertinya, kemarin saya tidak masuk lolos tahap 3, tetapi habis pada diwawancara sy ditelpon lagi. Disuruh ke bagian yang tidak saya lamar, alhasil saya tidak datang🙂

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

