Meniti langkah pencari kerja pasca Resign


Sebelum menulis lebih lanjut, izinkan saya memposting beberapa situs favorit pencari kerja :

Nah, beberapa situs tadi akrab buat saya beberapa hari terakhir, karena keinginan saya untuk mengundurkan diri seperti yang pernah saya tulis di “Resign oh Resign” (lengkap dengan contoh surat pengunduran diri dan tips-tips nya) lalu telah menjadi kenyataan. Proses nya cukup mudah saja, menuliskan surat pengunduran diri, setelah itu ada akan ada “sedikit” bargaining dari perusahaan (diwakili oleh atasan) dan akhirnya proses administratif pengunduran diri. Proses nya cukup mudah, yang sulit adalah mengambil keputusan untuk resign dengan segala resiko yang akan dihadapi (resign tanpa diterima di perusahaan lain). Ya, Resiko itu sekarang sedang saya hadapi.

Berselancar di situs lowongan pekerjaan mempunyai keunikan tersendiri. Selain proses pemilihan, kita juga harus benar-benar mengerti perusahaan apa yang kita lamar dan job description posisi yang kita lamar. Beberapa hari setelah apply di beberapa situs tersebut, hasilnya mulai kelihatan. Beberapa perusahaan mulai memanggil untuk melakukan test / interview. Tetapi jangan salah loh, ada juga perusahaan gateli artinya perusahaan yang sepertinya hanya memanfaatkan tenaga pencari kerja untuk kepentingan sesaat saja, perusahaan gateli ini banyak mendapat respon negatif di beberapa situs. Jadi sarannya, jika ada panggilan wawancara, silahkan telusuri lebih dalam perusahaan yang memanggil, sekalian mempelajari Company Profile.

Ada keinginan sebenarnya untuk menjadi tenaga pengajar (Guru/Dosen/Tentor/Tutor), tetapi latar belakang pekerjaan sebelumnya di bidang logistik membuat saya kesulitan menjadi tenaga pengajar. Sebaliknya perusahaan yang membutuhkan tenaga yang berpengalaman di bidang logistik sudah ada yang mengundang test dan interview. Dengan posisi kira-kira mirip dengan posisi yang saya tinggalkan, kemungkinan tingkat salary bisa tetap atau naik/turun tipis.

Lalu mengapa harus resign, jika akhirnya tetap bergulat pada bidang yang sama? Hmmm, pertanyaan yang cukup sulit saya jawab. Alasan terbaik nya adalah mencari pekerjaan dengan waktu luang lebih dari sebelumnya (pemanfaatan sabtu-minggu) dekat dengan rumah saya, untuk mencoba melanjutkan pendidikan lagi. Suatu grand design yang masuk akal dan bisa jadi lebih mengarahkan saya, mudah-mudahan saya juga tidak interview di perusahaan gateli😀

Salam Romailprincipe

7 thoughts on “Meniti langkah pencari kerja pasca Resign

Tinggalkan Balasan

