Pekerja Kecil Ojeg Payung


Di sekitar perempatan poin square Giant – Carrefour Lebak Bulus sampai dengan terminal Lebak Bulus sore ini terguyur hujan deras. Derasnya hujan itu membuat saya berusaha menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan meski tanpa membelanjakan uang alias liat-liat aja😀, hitung-hitung menunggu hujan reda.

Waktu semakin berlalu, dengan satu dan lain hal saya harus memaksakan diri untuk menembus hujan. Tengok kiri-kanan, ternyata ada anak kecil yang menawarkan ojeg payung (umurnya sekitar 10-12 tahun).

Berapa ojeg payung ke seberang dik?” tanya saya

Terserah saja,…” jawab si anak kecil

Saya pun merogoh sejumlah uang di dompet dan memberikan kepadanya. Ketika saya memakai payung, si anak tidak ikut memakai dan memilih terguyur hujan, seketika empati saya muncul. Demi sejumlah uang, si anak bermandikan air hujan yang membuat dirinya terkena resiko penyakit Flu / masuk angin.

Si anak, adalah penduduk sekitar yang memang ikut mencari sesuap nasi ketika datang hujan lebat. Maklum saja, kawasan ini termasuk kawasan ramai pada jam pulang kantor, karena ada 2 pusat perbelanjaan (Giant dan Carrefour) dan 1 terminal bus (Lebak Bulus). Badan nya yang kuyup dan dingin tidak dipedulikannya, ia terus berjalan menembus hujan untuk mengantarkan saya (pemakai jasa nya) ke tempat yang saya tuju.

Saya lantas mulai mengingat-ingat juga ketika berumur seperti si anak, apa saja yang saya lakukan untuk membantu ekonomi keluarga?

Ini payung nya dek, terima kasih” ujar saya ketika sampai di seberang jalan

Sama-sama…” sahutnya terburu-buru mencari pelanggan lain.

Sungguh pekerjaan yang tidak mudah, tidak juga mengerti kapan harus dilakukan (karena turunnya hujan saat ini sulit diprediksi), tidak jelas penghasilannya (tergantung pemberian yang memakai) dan beresiko terkena sakit Flu atau masuk angin. Semoga di waktu ke depan, saya juga bisa mencontoh semangat si anak dalam menempuh kehidupan yang keras ini.

Salam Romailprincipe

2 thoughts on “Pekerja Kecil Ojeg Payung

Tinggalkan Balasan

