AM vs AU, yang menang tetap pemerintah!!!


Belakangan ini media khususnya detik.com diramaikan oleh pemberitaan mengenai kongres partai demokrat yang akan memilih ketua umum baru. Calon ketua umumnya adalah Anas Urbaningrum dan Andi Malarangeng. Saya adalah salah satu dari 40% pemilih Indonesia (jika benar SBY = 60%) namun tertarik mengomentari pertarungan AM vs AU kali ini atas dasar kemiripan pertarungan kali ini dengan Pemilu lalu. Kebetulan ketika Pemilu lalu, blog ini dihiasi beberapa tulisan politik pemilu 2009 dan yang paling banyak mendapat hits adalah Fox vs Relawan SBY.

Berikut sedikit review dari “peperangan” antara AM (Andi Malarangeng) vs AU (Anas Urbaningrum), Keduanya saat ini sering berperang melalui media, yang tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sisi lain pikiran saya sering bertanya darimana uang yang dimiliki mereka untuk berkampanye. Paling tidak uang puluhan s/d ratusan jutah keluar untuk kampanye ketua umum Partai Demokrat ini. Simak saja fakta berikut :

Anas Urbaningrum

Gambar di samping adalah iklan flash Anas Urbaningrum yang muncul di detik.com, iklan banner yang setara dengan iklan kampanye JK-WIN kurang lebih setahun yang lalu.  Berapa perkiraan harga iklan banner di detik.com? Silahkan cari tahu deh dari om google, estimasi saya angka puluhan juta tidak kemana.

Dari mana anggaran tim sukses Anas Urbaningrum? Coba saja lihat orang-orang di belakang Anas, atau hitung pendapatan Anas sebagai ketua Fraksi Demokrat di Komisi III.  Jika hitungan puluhan juta terlalu besar mungkin pengeluaran Anas lainnya yang patut dicermati adalah biaya tim sukses nya, meski tidak secanggih tim sukses AM tentunya ada cost tersendiri untuk tim sukses.

Andi Malarangeng

Pernah lihat baliho di samping? Kalo gak salah itu berada di sekitar wilayah semanggi Jakarta Selatan. Berapa harga satu baliho? Bersama perizinan saya rasa angkanya sampai ratusan juta. Selain ratusan juta untuk baliho, ada lagi mobil bermotif AM 1 for Demokrat, paling sedikit ada 10 mobil. Jadi bisa dihitung pengeluaran AM itu bisa jadi  sampai tembus 1 milliar? Belum ada kemungkinan menyewa konsultan politik Fox Indonesia (mengenai Fox pernah saya tulis di sini)


Pertanyaan sederhana : sumber dana dari mana dan imbalan dana tersebut apa, simple kan?


Siapa yang menang di antara kedua orang tadi saya kurang peduli, karena ucapan-sikap-tingkah laku mereka tidak simpatik bagi saya. Namun menarik bahwa salah satu dari figur mereka akan meneruskan tradisi lalu Partai Demokrat dan akan membawa kebesara lebih lanjut partai tersebut. Jika saja arah kebesaran itu akan berkiblat pada Golkar gaya baru itu yang sedikit ‘menggelitik’.

Salam Romailprincipe

3 thoughts on “AM vs AU, yang menang tetap pemerintah!!!

  1. aldy

    Katanya sih AM lebih didukung oleh pihak Istana, sementara AU lebih disukai oleh Nyonya sepuh ( mertuanya SBY ),
    Yang penting berjalan lancar dan tentram saja, toh menang tetap pemerintah 😆

    Suka

    Balas
  2. Asop

    Hahaha…. 😆
    Iya nih, di Bandung bikin jengah, buaaaaanyaaaaaaaaak banget bendera2 ama spanduk2 dukungan buat AM. Yang buat AU diiikiiiiiiiiit banget. Duh duh…

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s