Mengapa rambut menjadi putih?


Apakah penyebab memutihnya rambut? Sir Thomas Moore, Maria Antoinette adalah beberapa tokoh dunia yang cukup familiar jika membahas tentang proses pemutihan rambut. Berdasarkan beberapa contoh dari tokoh tersebut, sepertinya stress ada hubungannya dengan memutihnya rambut

Browsing ke situs Alexa hot url yang berisikan halaman terpopuler saat ini berdasarkan pengamatan Alexa, saya menemukan artikel menarik yang berjudul “Why does Hair Turn Gray” dari  situs msn health. Menarik karena melihat beberapa rekan semasa kuliah dahulu rambutnya ada yang sudah memutih, begitu juga beberapa teman di tempat kerja. Berikut ini terjemahan dari google translate dan sedikit editan dari saya :

Jika Anda melihat foto-foto Presiden Obama sebelum mencalonkan diri sebagai presiden dan kemudian melihat foto-foto Presiden Obama baru-baru ini, Anda akan melihat perbedaan yang berbeda : di mana sebelum pencalonan terlihat rambut Obama berwarna cokelat tua, sekarang ada rambut putih (uban) yang menghiasi pemandangan. Tampaknya stres menjalankan kepemimpinan suatu negara akan mengubah rambut setiap orang putih. Tetapi apakah benar penyebabnya adalah stres? Dan orang lain juga berubah menjadi putih meski mereka yang tidak memiliki pekerjaan yang cukup mendatangkan stress seperti Presiden Obama?

Stres tidak benar-benar mengubah rambut menjadi putih. Folikel rambut anda berhenti menghasilkan warna sesuai dengan usia, sehingga jika rambut anda rontok dan tumbuh kembali pada sekitar usia 35 maka mulai muncul warna kelabu atau putih. Genetika juga dapat berperan pada proses ini. Presiden Obama ada di dalam pertengahan 40-an, sehingga faktor usia bisa menjelaskan mulai muncul rambut putih padanya. Tapi stres mungkin memainkan peran juga.

Stres dapat memicu kondisi umum yang disebut effluvium telogen, yang menyebabkan rambut rontok  tiga kali dari biasanya. Rambut akan tumbuh kembali, sehingga kondisi itu tidak menyebabkan kebotakan. Namun jika Anda setengah baya dan rambut Anda rontok serta beregenerasi lebih cepat karena stres, maka akan sangat mungkin bahwa rambut yang tumbuh akan berwarna abu-abu (putih) bukan seperti warna rambut awalnya.

Penyakit yang menyebabkan rambut beruban
Sebagian besar orang dengan rambut putih telah beruban berkaitan dengan usia. Namun, kadang-kadang rambut beruban menunjukkan suatu penyakit, terutama jika terjadi pada usia sangat muda.

Itu tadi sedikit kutipan tentang rambut. Apakah rambut anda menjadi putih di usia muda? Jangan-jangan anda stres 🙂

8 thoughts on “Mengapa rambut menjadi putih?

  1. Abdul Rohim

    salam kenal….rambut saya putih sejak umur 45 tahun…sekarang setelah 62 jadi putih semua…jangan2 saya termasuk orang stress yah…hahahaha…biar aja lah… trima kasih telah berkunjung ke ARS Music.wordprss.com…salam sukses

    Suka

    Balas
  2. Mas Ben

    Tapi sesungguhnya rambut putih tidak selalu berarti jelek. Karena ada orang yang justru terlihat elegan, anggun dan berwibawa berkat rambut putihnya 🙂

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s