Gempa Chile 8,8 SR


Dunia kembali diguncang gempa. Setelah Haiti, kali ini Gempa mengguncang Chile. Kekuatan Gempa 8,8 SR pada pukul 13:34 WIB dengan kedalaman 35 km. Sampai pada pukul 19:40 korban diberitakan mencapai 78 orang. Setelah Haiti 7 SR, Gempa Chile ini sepertinya gempa terbesar kedua dalam tahun 2010 ini. Peringatan tsunami empat dikeluarkan untuk wilayah-wilayah Amerika Selatan, Hawaii, Australia, Selandia Baru, Jepang, Filipina, Rusia, dan beberapa kepulauan di Pasifik. Satu hal, semoga pencurian dan penjarahan seperti di Haiti tidak terjadi di Chile.Gempa terakhir di Chile terjadi tahun 1960 dan menewaskan ribuan jiwa. Saat itu, gempa berkekuatan 9,5 SR terjadi di selatan pusat kota Valdivia, menewaskan 1.655 orang dan mengirimkan tsunami ke Pulau Paskah Chile 2.300 mil dari pesisir Pasifik dan berlanjut hingga Hawaii, Jepang, dan Filipina.

Keadaan jadi gelap gulita

Penduduk tidur di luar setelah kejadian gempa

Semoga seluruh dunia bisa mendukung Chile dalam menghadapi bencana. Heran juga, 10 tahun terakhir ini sepertinya banyak sekali pertanda buruk dari alam. Dibanding tahun 1990-2000, rasanya 2000-2010 lebih banyak bencana alam dengan kekuatan besar. Gempa Chile ternyata tidak lebih merusak dari gempa Haiti, berikut kutipannya dari detiknews :

Mexico City – Gempa berkekuatan 8,8 SR yang melanda Chili 500 kali lebih kuat dibandingkan dengan gempa 7 SR yang mengguncang Haiti bulan lalu. Tapi tingkat kematian dan kerusakan di Chili tidak sedahsyat seperti yang terjadi di Haiti.

Jumlah korban gempa di Chili lebih sedikit daripada jumlah korban gempa di Haiti. Korban tewas akibat gempa di Chili untuk sementara baru mencapai 300 jiwa, sedangkan korban tewas di Haiti menembus angka 200 ribu jiwa. Di Chili, jumlah orang yang kehilangan rumahnya lebih sedikit dibanding Haiti, kemudian juga jaringan telepon dan komunikasi bisa dipulihkan dalam waktu 5 jam. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Seperti dilansir Los Angeles Times, Minggu (28/2/2010), dijelaskan bahwa gempa Haiti terjadi di kedalaman yang lebih dangkal yaitu 10 kilometer dan pusat gempa jaraknya hanya beberapa mil dari wilayah padat penduduk seperti ibukota Port-au-Prince. Sedangkan gempa Chili terjadi di kedalaman yang lebih dalam yaitu sekitar 35 kilometer dan berpusat di lepas pantai yang jarang dihuni warga.

Penyebab lainnya, yakni karena Chili relatif sangat siap dalam menghadapi gempa. Peristiwa tahun 1960 lampau, saat gempa terkuat yang pernah ada berkekuatan 9,5 SR meluluhlantakkan Chili, menjadi pengalaman berharga bagi negara tersebut. Sekolah-sekolah bahkan melakukan latihan gempa rutin bagi para siswanya.

Kemudian juga undang-undang di Chili mengharuskan setiap bangunan untuk memiliki konstruksi tahan gempa. Para penyelamat juga telah terlatih dengan baik dan dapat dengan sigap terjun ke lokasi.

Sementara Haiti sendiri sejak abad 19 tidak pernah diguncang gempa. Sebagian besar rumah dan bangunan terbuat dari batu bata yang tidak kuat dan konstruksi bangunan seperti ini tentu saja menjadi jebakan maut ketika gempa 7 SR mengguncang Haiti pada 12 Januari lalu. Akibatnya ratusan ribu nyawa melayang dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Satu penyebab lagi adalah tingkat perekonomian kedua negara. Seperti diketahui, Haiti merupakan salah satu negara termiskin di dunia, sedangkan Chili merupakan salah satu negara termakmur. Kerusakan parah terjadi di ibukota Haiti yang menjadi pusat dari segala aktivitas, namun pemerintah justru ‘menghilang’ saat gempa terjadi.

Peneliti dari USC Earthquake Center, Mark Benthien, menyatakan, gempa di Chili yang terjadi pada Sabtu (27/2) sekitar pukul 03.34 waktu setempat atau pukul 15.34 WIB ini, menyebabkan 512 getaran lebih banyak dibanding gempa Haiti. Hal tersebut menghasilkan keretakan yang lebih besar dengan wilayah lebih luas. Durasi getarannya juga lebih lama.

Minggu 28 Februari 11:00

Foto-Foto Gempa Chile dari CNN

5 thoughts on “Gempa Chile 8,8 SR

  1. Bisnis Di Rumah

    sungguh maha dashyat gempa dichile…
    bahkan para ilmuan NASA memperkirakan, gesekan bumi akibat gempa di chile bisa mempersingkat atau memperpendek usia bumi…

    pergesekan lempengan bumi akan selalu terjadi, terutama Indonesia adalah jalur dimana lempengan2 itu bertemu, sehingga kemungkinan terjadinya gempa bumi sangat sering atau rawan…

    semoga saja kita selalu waspada dan terhindar dari bencalan alam ini.

    Bisnis Oriflame Online

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s