Analytic Hierarchy Process (AHP)


AHP (Analytic Hierarchy Process), semasa kuliah sempat menjadi topik hangat dan bahkan saya pilih menjadi tema penelitian saya. Meskipun saya akui bahwa saya tidak memiliki intisari ide sehebat skripsi2 lain, mungkin tingkat keunikan skripsi saya adalah dari ‘kesederhanaan’ ide dan pemakaian program Expert Choice dalam menyelesaikan kasus AHP.  Kemampuan AHP menstrukturkan semua variabel yang mempengaruhi suatu keputusan dan dengan suatu metode perhitungan pada akhirnya memberi bobot pada setiap variabel yang mempengaruhi suatu keputusan. Professor Saaty kemungkinan adalah orang yang menemukan metode perhitungan ini.

Ide skripsi berawal ketika saya dan teman2 kost sering pergi ke ‘burjo’ (Sebutan warung bubur kacang ijo) sebelum tidur malam, yah kira2 sekitar jam 12 malam..jam tidur mahasiswa tingkat akhir.. Saya sering memesan es nutrisari yang ketika itu harganya Rp 1200, dan ketika saya membayar dengan uang Rp 2000 selalu dikembalikan Rp 800, dimana terkadang Rp 800 itu tidak kembali ke dompet saya (terkadang diminta menambahi teman lain, atau recehan terjatuh, dll).. Sadar tidak sadar saya mulai mengganti pesanan saya menjadi Es Marimas dengan harga Rp 800, dengan begini saya cukup kasih Rp 1000 dan kembalian bisa saya hibahkan ke teman atau untuk bayar gorengan.. Akhirnya saya menyadari pada akhirnya pilihan saya jatuh pada minuman dengan harga lebih rendah (meskipun belum tentu kualitasnya lebih baik), saya berpikir apakah semua orang memiliki persepsi sama dengan saya? Kenapa kualitas nya tidak saya perhatikan, kenapa manfaat kesehatan tidak saya perhatikan, kenapa hanya atribut harga? Dari situ saya memiliki ide untuk menulis skripsi ini

berikut link cover depan dan abstrak skripsi saya

Sampai saat ini AHP baru menjadi ilmu teoritis, jarang dikaitkan dalam pengambilan keputusan di lapangan. Terlebih ketika mempelajari ini hitungannya cukup rumit, dengan program bantu Expert choice maka hal itu dapat dipermudah.

kapan sempat saya upload programnya (kira-kira 50 mb), atau download langsung dari situsnya di http://www.expertchoice.com/academic-program/free-trial

Terus terang saya belum sempat memberikan program ini ke dosen saya, sehingga mungkin saja belum diolah menjadi bagian perkuliahan, padahal di sejumlah negara hitungan AHP hanya diajarkan sekilas, langkah selanjutnya dititikberatkan pada penggunaan program untuk mengambil keputusan. Di tempat saya bekerja pengambilan keputusan hanya didasarkan pada hal yang kurang mendetail dan tidak terstruktur, semisal historis (Average 3 bulan), Pareto 20 item terbesar dan terkecil, cut off dalam periode yang bias… Belum ada langkah untuk memodelkan (membuat simulasi) mendetail dan spesifik case by case… Hal itu dapat terjadi karena ketika kuliah, (kemungkinan) mahasiswa terlalu berpikir rumit dan sebenarnya harus lebih cerdas mengambil kesempatan mempraktekkan ilmu di dunia kerjanya.. Contohnya memakai Expert choice ini untuk pengambilan keputusan J

2 thoughts on “Analytic Hierarchy Process (AHP)

  1. infoaja.com

    pagi mas…
    ini yos(yosbeda.com)
    mau ngenalin blog baru yos ni, infoaja.com
    klo boleh tukeran link ma infoaja.com ya,
    link mas sudah di pasang di infoaja.com, dihalaman utama lho, silhakan cek TKP,hehe
    klo bekenan ditunggu ditunggu blzanya ya.. anchornya nanti “infoaja.com” saja
    terimakasih sebelumnya.
    salam infoaja

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

