Koneksi Wireless [Unlimited] di rumah


Setelah mencoba internet dengan kabel dengan menggunakan salah satu provider , saya mulai mencoba-coba pengalaman baru dengan koneksi wireless di rumah. Alhasil, berbekal pengetahuan dangkal, seadanya, browsing sana-sini saya mencoba membeli router wireless TP Link seri TL-WR542G. hitung biaya penambahan kabel dan pemasangan memang lebih rugi sih, perangkat modem ini kemarin dibanderol sekitar Rp 250.00 an, dan berhubung tidak membeli dengan survey, jadi saya tidak tahu apakah harganya mahal atau tidak. Sebagai orang awam, jelas saja saya kesulitan saat pertama kali memasang TP link ini.

Dengan sedikit nekat saya hubungkan wireless router dengan modem motorolla. Dari jam 20.00-24:00,s aya belum berhasil koneksi via wirelss. Hasilnya selalu laptop saya bisa konek ke router, tapi router tidak konek ke internet. Browsing di internet dengan modem kabel, dikatakan bahwa kemungkinan terjadi ip conflict antara ip LAN dengan ip router, maka harus diubah kemudian dilakukan clone ip, dll. Sejujurnya saya pusing dan tidak mengerti. hehe 🙂

Sayapun melihat iklan setting pasang wireless di dekat rumah saya, kemudian saya hubungi. Seharusnya jasa setting ini sekaligus penjualan wireless router nya, tetapi si penyedia jasa bersedia untuk sekedar setting. singkat kata kedatangannya menolong terkoneksi nya laptop saya dengan wireless router dan modem kabel. Lumayan seru juga, bisa ngenet di beberapa bagian rumah 🙂

Kecepatan yang saya dapatkan sebagai berikut :

Mirip dengan hasil ketika langsung saya hubungkan dengan kabel modem :

Lumayan juga. Jangan menanyakan untuk sharing dengan laptop atau PC lain, karena tidak disarankan loh oleh providernya. Biaya nya sekitar 200.000 per bulan, cukup feasible kan? Dibandingkan menggunakan jaringan 3g ataupun EVDO yang putus nyambung-putus nyambung? Satu lagi, beberapa provider internet kabel memberikan internet unlimited yang benar-benar unlimited loh..!!

3 thoughts on “Koneksi Wireless [Unlimited] di rumah

Tinggalkan Balasan

