Bekerja di atas Limit (2)…!!!


Dalam menuliskan bekerja di atas limit yang lalu saya membahas mengenai mental fatigue. Ketika itu saya hanya berpikir tentang orang lain yang mengalaminya. Namun tanpa disadari dalam rutinitas bekerja yang padat (bisa mencapai 15 jam/hari dan tanpa libur) saya sepertinya mencapai fase mental fatigue. Keadaan ini membawa dalam keadaan sangat lelah secara fisik dan psikis, kehilangan passion dalam bekerja, emosi meningkat dan bermacam hal lain yang seolah tak mampu ditahan. Ketika itu saya sadari, kemudian melihat sekeliling yang dipenuhi orang dengan kondisi yang mirip, saya memutuskan harus memulihkan kondisi saya terlebih dahulu.

Saya memulai dengan memanjakan diri, bekerja di luar kota dengan waktu panjang dan tanpa libur membutuhkan tempat istirahat yang nyaman. Walhasil dari penginapan (kamar teman) saya pindah ke hotel. Lumayan, bisa sedikit lebih santai dengan air hangat dan tidak perlu repot memikirkan makan pagi karena disediakan oleh hotel.

Kemudian saya memulihkan kondisi fisik dengan beristirahat sedikit lebih lama, jika sebelumnya tidur hanya 4-5 jam sehari, pada satu kali saya ambil menjadi 7-8 jam. Hasilnya cukup memuaskan, serasa lebih segar dan jernih dalam berpikir. Saya mulai melihat beberapa permasalahan dan kondisi pekerjaan yang kurang kondusif. Pada akhir tugas saya memang tidak banyak yang saya bisa lakukan dalam permasalahan serta kondisi pekerjaan yang ruwet dan seperti tak terkendali itu, namun saya bisa pulang dalam pikiran segar dan menemukan beberapa kesalahan yang tidak boleh terulang di kemudian hari.

Dua minggu dalam kondisi tertekan dan jam kerja panjang hanyalah menambah pengalaman baru dalam bekerja, mengatasi dan mengelola sumber daya yang saya miliki secara efektif dan efisien terkadang memang memerlukan pertaruhan besar berupa waktu, tenaga dan pikiran. Terlebih dalam pekerjaan yang sifatnya proyek awal, banyak hal yang tidak sesuai dengan estimasi awal membuat munculnya beragam masalah. Sepulang dari kondisi bekerja seperti ini saya seperti merasa lebih kuat, tidak malah stress dan menurunkan kualitas, tetapi mudah-mudahan menemukan hal-hal baru yang membuat hidup lebih baik.

Jadi bisakah anda bekerja di atas limit?

Tulisan lain Romailprincipe mengenai pekerjaan

2 thoughts on “Bekerja di atas Limit (2)…!!!

  1. vtrediting

    Mas saya sarankan coba latih olahraga yang disukai di hari Minggu. Ini harus disiplin dan ada kemauan kuat untuk olahraga. Pertama memang malas tapi kalau sudah dijalani dengan semangat tinggi akan kelihatan hasilnya nanti. Kalau bisa setiap bangun pagi setelah membuka jendela kamar lalu tatap taman rumah (kalau ada) dedaunan tanaman hias atau tanaman kebun. Hirup udara segar dengan teknik pernapasan ringan.
    DI saat jam kantor memang kita tidak bisa santai alias mangkir untuk sekedar olahraga. Tidak mungkinlah…satu-satunya cara lakukan pernapasan ringan di saat jeda kerja atau juga di meja kerja dengan tarik dan buang napas sambil memejamka mata. Tarik napas lewat hidung dan buang napas lewat mulut. Tarik dan buang napas ini untuk mengendorkan ketegangan jiwa karena beban kerja. Lakukan teknik rileksasi ini saat jeda kerja cukup 5-10 menit saja dan jangan ada yang mengganggu.
    Malam hari ulangi lagi teknik pernapasan ringan ini ketika hendak tidur dalam posisi berbaring dan pejamkan mata dengan niat esok hari bangun dalam kondisi bugar dan sehat. Selebihnya coba olahraga di hari Minggu atau hari libur.

    Suka

    Balas
  2. vtrediting

    Saya kira itulah risikonya orang bekerja baik di kantor dan di lapangan. Dua-duanya membutuhkan konsentrasi dan pemecahan masalah secara adil. Yang jelas dalam kondisi ini bila mental tidak kuat stress pula jadinya. Itu yang harus kita hindari. Bagaimana menghindarinya?…ada manajemen stress.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

