Gajiku, Gajimu dan Gaji di Indonesia


Gaji

Beberapa hari ini saya sering aktif di situs penyedia informasi layanan kerja. Memberi informasi buat teman-teman, sekaligus melihat perkembangan dunia usaha khususnya bagi pencari kerja. Saya memperhatikan beberapa kali perusahaan tidak mencantumkan gaji yang akan diberikan kepada pencari kerja, hal ini mungkin dikarenakan alasan internal. Saya kemudian teringat oleh survey gaji 2009 yang dilakukan oleh Kelly service (silahkan di donlot). Segera saya memperhatikan kepada bidang pekerjaan saya dan membandingkan dengan standar gaji di lingkungan kerja. Ternyata survey Kelly Service ini sudah lumayan akurat, kalaupun ada pembeda itu dalam hal working experience saja, maklum saya tidak begitu mengetahui gaji atasan dan rekan lain yang bekerja di atas 2 tahun.

Gaji bidang Logistik 2008/2009


Kelly Service menyatakan untuk pendidikan Diploma (Shipping & Warehouse Assistant) dengan pengalaman kerja 1-3 tahun mendapatkan range salary 2.000.000 – 4.000.000. Sedangkan sarjana (Warehouse Supervisor) dengan pengalaman kerja 3-5 tahun berada pada range salary 4.500.000-7.000.000, Operation Excecutive dan Shipping Supervisor mendapatkan 3.000.000-5.000. Menarik, dalam level Supervisor ternyata Warehouse dan Shipping memiliki range Salary yang berbeda, padahal pada level Assistant range salary nya sama. Hal ini kemungkinan dikarenakan pekerjaan di warehouse mengkoordinir banyak orang dibandingkan dengan di bagian Shipping.

Gaji Warehouse Manager (pengalaman 4-5 tahun) berada pada angka 12.000.000-17.000.000 dan Distribution Manager (6-7 tahun) 16.000.000-25.000.000. Sekarang saya bingung untuk menjelaskan perbedaan Warehouse Manager dengan Distribution Manager, ada yang bisa menjelaskan? Apa perbedaan tugas dan tanggung jawab Warehouse Manager dan Distribution Manager?  Kelly Service mendeskripsikan jika Warehouse Manager lebih memanage ke arah Warehouse (Internal), sedangkan Distribution Manager sampai ke arah memesan barang dan mengirimkan ke outlet tepat waktu dan tepat kuantitas (Eksternal?), setuju dengan pengertian ini?

Level Manager ini lumayan juga range salary nya, untuk di Jakarta sudah cukup untuk cicil Mobil, Cicil rumah (KPR kali ya?), biaya hidup, Asuransi, Kirim ke keluarga dan saving 15%-20%. Gimana para pekerja logistik? Standar gaji nya pas, kurng atau terlalu tinggi? Pandangan saya mungkin pas, jika meleset mungkin realisasinya lebih di bawah standar yang diberikan. Gimana yang lain?

Gaji 2010 (PNS dan Guru)

Sepertinya tahun 2010 akan terjadi peningkatan gaji signifikan untuk Pegawai Negeri Sipil dan Guru. Tidak heran, gaji PNS dan guru merupakan salah satu celah menarik simpati dan dukungan pada Pilpres lalu. Sepertinya kenaikan gaji PNS dan guru akan diikuti oleh sektor swasta. Khususnya untuk guru, kabar kenaikan yang cukup signifikan tentunya dinanti oleh para “Oemar Bakri”, tetapi harapannya pungutan di sekolah-sekolah tentunya semakin berkurang karena ingat saja orangtua para murid dan puluhan juta penduduk Indonesia membayar pajak yang dialokasikan untuk pengeluaran sekolah negeri. Jadi mudah-mudahan realisasi pendidikan gratis makin mendekati iklan. Sedangkan untuk Pegawai Negeri Sipil kenaikan gaji hanya akan membebani APBN dan memperbaiki taraf hidup pegawai negeri yang jujur dan tidak pernah tersentuh dan kecipratan uang korupsi. Praktek good governance mudah-mudahan terealisasi, sehingga joke yang pernah saya kutip dari Inilah.com di link berikut tidak sungguh-sungguh terjadi. By the Way keluarga saya pensiunan PNS, sehingga  mudah-mudahan juga menikmati dan bisa membeli obat-obatan yang tidak pernah bisa (atau tidak tahu caranya) untuk ditanggung melalui ASKES (program yang sudah diikuti sangat lama oleh keluarga). Kenaikan gaji PNS dan Guru mudah-mudahan terealisasi sesuai janji, dan sektor swasta juga memberikan kenaikan yang seimbang.

Tetapi jangan terbius oleh isu kenaikan gaji itu, kenaikan gaji selalu saja diikuti oleh inflasi. Misalkan pada liputan Inilah.com dan artikel inflasi menunjukkan bahwa gaji akan sangat dipengaruhi oleh inflasi yang terjadi. Ketika bekerja di luar jakarta misalkan, saya mendapatkan penghasilan sebesar X, dan kemudian karena penugasan serta hal-hal lain saya akhirnya terdampar di Jakarta, maka terasa sekali bahwa penghasilan bulanan ikut tergerus oleh tingginya pengeluaran di Jakarta.

Oleh karena itu berapapun kenaikan gaji dan pendapatan yang ada, gaya hidup dan kontrol pengeluaran adalah kata kunci nya, gaji bisa naik 2x, 3x, dst tetapi ketika gaya hidup tidak berhenti pada satu titik, maka perasaan “kurang” pada gaji yang didapat selalu ada. Segera juga melakukan adjustment antara pengasilan dengan kebutuhan serta keinginan, maka akan membuat kehidupan kita bisa seimbang. Bagaimana?

 

Tulisan lain Romailprincipe mengenai logistik

Tulisan lain Romailprincipe mengenai pekerjaan

21 thoughts on “Gajiku, Gajimu dan Gaji di Indonesia

  1. plasaBooks

    Hmm, entah kenapa saya lebih cenderung menjadi penyedia lapangan kerja atau enterpreneur ketimbang pencari kerja.

    Tapi, jalan untuk menghidupi diri untuk masing-masing individu memang berbeda.🙂

    Suka

    Balas
  2. romailprincipe Penulis Tulisan

    @plasabooks mudah2an 1 tahun ke depan saya sudah menggaji 1 orang. BTW, konsep website penulis e-book nya bagus juga, mau dong nyoba nulis e-book..ntar main-main kesana ah..

    @elmoudy, pikiranku juga gitu, tapi maksud tulisan di atas juga menyesuaikan kebutuhan VS penghasilan, jadi gak minus terus dan pingin penghasilan tingi terus, tetapi rasa cukup lah yang membuat tenang🙂

    Suka

    Balas
  3. kolojengking

    Wah, masalah gaji masih menjadi urusan pribadi. Bagi sebuah perusahaan, masalah ini sebisa mungkin ditutupi. Apalagi bagi perusahaan yang menerapkan sistem outsourcing, jika masalah gaji dibuka secara vulgar bisa berdampak kurang baik…

    Salam,🙂

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      hi mas Kojeng, gaji urusan pribadi setuju..
      Tetapi melihat beberapa standar lain tidak salah kan? Kemudian bukan permasalahan gaji tinggi, tapi pengeluaran rendah. Tul gak?

      Suka

      Balas
  4. adoel

    gaji kecil kekurangan,, gaji gede mlh ngak cukup…!!!!!!!!!!!
    pusink 7 keliling…….!!! yg penting hati senag….. tul ngk Om?

    Suka

    Balas
  5. Ping balik: Kegiatan harian menjadi pencari kerja « Romailprincipe Menulis

  6. babel

    wah saya membandingkan range salary yang di keluarkan oleh kelly service dengan penghasilan saya berbanding terbalik… bahkan bisa dikatakan “nyungsep”.
    penghasilan saya sebagai supervisor logistik hanyalah 2 jt.
    padahal pekerjaannya all in 1.. maksudnya.. yah mulai dari awal proses order, pengawasan, mengatur transportasi dan distribusi, administrasi, memanage warehouse, forecasting kebutuhan, merancang sistim, dll
    bisa di katakan hampir seluruh aspek logistik saya tangani.
    bekerja di bidang logistik itu menurut saya.. berat tapi mengasyikkan.

    setelah menimba ilmu dan pengalaman , setelah berbabak belur ria, akhirnya dengan berat hati saya keluar dari pekerjaan.. mempertimbangkan load kerja di banding salary yg di terima + tdk ada masa depan ( kebetulan di tempat saya dahulu posisi spv sdh mentok dan tidak ada jenjang karir yg lbh tinggi lagi)
    tp dgn berbekal pengalaman yg saya dapatkan , dgn keyakinan penuh, semoga suatu saat saya bisa mendapatkan pekerjaan lagi.

    Suka

    Balas
  7. Ping balik: Pendapatan di bawah Garis Kemisikinan « Romailprincipe Menulis

  8. Ping balik: Gajiku, Gajimu dan Gaji di Indonesia « Romailprincipe Menulis

  9. veneries

    wahhhh… pd beruntung tuh diatas, tapi yang saya lihat setiap perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk menekan sekecil mungkin gaji karyawannya.. kayaknya surveinya harus lebih detail lagi nehhhhhh🙂

    betul sekali…

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s