Golkar Baru Bergaya (Pemerintahan Makin Kuat)


Lengkap sudah kekuatan pemerintahan SBY 2009-2014, meskipun belum mengumumkan kabinet, namun fenomena “Ketua MPR” dan “Ketua Umum Golkar” merupakan hal yang memperkuat kursi empuk pemimpin Republik tercinta. Menurut saya warna dan bau SBY lebih kuat terasa ketika Rizal Mallarangeng masuk susunan ketua DPP Partai golkar. Rizal Mallarangeng secara jelas terlihat pada setiap kesempatan kampanye wapres Boediono dan menjadi orang paling sering muncul mengobral statement dan menjadi akrab di mata pemirsa TV One (Kabar Indonesia Malam). Jadi jelas sekali persepsi bahwa Rizal Mllarangeng adalah “orang” nya siapa kan?

Kemudian saya kutipkan pernyataan Arbi Sanit pada Kompas.com

Arbi menilai kemenangan Aburizal di Munas Golkar sesungguhnya merupakan kemenangan antara untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang merupakan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

Fenomena ini serupa dengan kemenangan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Taufik Kiemas dalam pemilihan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Apa yang dipikirkan Arbi Sanit menjadi rahasia umum dan ada di pikiran banyak orang juga, hal ini analog dengan kemenangan JK pada 2004 di pemilihan ketua umum golkar. Lalu apa yang salah dengan Ical, Rizal Mallarangeng dan Taufik Kiemas?

Saya rasa model orde baru seperti yang pernah saya tuliskan di Politik Devide Et Impera dan Manuver Politik Minggu ini (2) makin menemui kenyataan. Lalu memang kenapa? Kalau seperti itu mau apa? tidak tahu juga sih, cuman sepertinya ada yang kurang baik dan mengganjal saja. Kok demikian kuat Presidennya, kontrol pun semakin sulit. Belum lagi KPK dikebiri, dan masih banyak hal-hal lain. Demikian kah yang terjadi, tentu tidak sedemikian buruk, silahkan rekan-rekan yang jari nya dicelup pada pilpres lalu melihat apakah yang kita hasilkan ini sudah baik? Mudah-mudahan bisa seperti itu.

Satu lagi, Pak Prabowo, dimana anda? Jangan-jangan anda akan menjadi Men*****???….uuchhh…Mudah-mudahan…

Iklan

7 thoughts on “Golkar Baru Bergaya (Pemerintahan Makin Kuat)

  1. Ping balik: Golkar Baru Bergaya (Pemerintahan Makin Kuat) | Update Blog Terbaru

  2. sociopolitica

    Kadang-kadang partai politik di Indonesia ada kemiripannya dengan ‘rumah bordil’. Bisa dimasuki siapa saja asal mampu membayar, atau bisa juga jadi ‘penghuni’ dengan tugas tertentu. ‘Penghuni’ pun bisa pindah-pindah dari satu rumah ke rumah lainnya sesuai situasi dan kebutuhan pragmatis.

    Suka

    Balas
  3. Ping balik: AM vs AU, yang menang tetap pemerintah!!! « Romailprincipe Menulis

  4. Ping balik: AM vs AU, yang menang tetap pemerintah!!! | Romailprincipe.com

  5. Ping balik: Bukti tipikal Orde Baru di Partai Demokrat « Romailprincipe Menulis

  6. Ping balik: Waspadailah Pujian Pak Presiden! | Inilah.Com « Romailprincipe Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s