Mau belajar Logistik?


Bukan karena fasihnya mempraktekkan keilmuan logistik, sekedar mereview saja dan membanding-bandingkan tulisan-tulisan tentang logistik di Internet, Teori di bangku kuliah, Realisasi praktek di lapangan sehingga mempelajari dan menulis tentang logistik menjadi hal yang menarik. Sudah ada beberapa tulisan mengenai logistik pada blog ini dan menjadi salah satu ciri dari www.romailprincipe.wordpress.com

Situs Wikipedia memberi kutipan mengenai logistik sebagai berikut :

Logistik merupakan seni dan ilmu mengatur dan mengkontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, dan pemaketan.

Asal Usul , kata logistik berasal dari bahasa Yunani logos (λόγος) yang berarti “rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi”

Logistik adalah konsep yang dianggap berevolusi dari kebutuhan pihak militer untuk memenuhi persediaan mereka ketika mereka beranjak ke medan perang dari markas. Pada kekaisaran Yunani, Romawi dan Bizantium kuno, ada perwira militer dengan gelar ‘Logistikas’, yang bertanggung jawab atas distribusi dan pendanaan persediaan perang.

Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Konsep manajemen logistik banyak bisa didekati dari Forecasting, yaitu metode meramalkan permintaan, menentukan tingkat persediaan yang ekonomis (Economic Order Quantity) , Menghitung tren dan perilaku pasar terhadap barang. Selain itu dari sisi operasional banyak sekali pengetahuan di dalam Logistik, semisal saja mengenai Operasional sebuah Gudang. Gudang sendiri memiliki sistem informasi, memiliki lokasi penyimpanan, memiliki dokumen serah terima dan pencatatan stock, memiliki armada, memiliki kerjasama dengan eksportir dan importir, belum lagi sejumlah pengetahuan mengenai mekanisme ekspor-impor dan bea cukai. tepat memilih metode operasional yang produktif (efektif dan efisien) berarti telah memiliki modal besar dalam mendukung produktifitas perusahaan.

Pada halaman logistik terdapat beberapa contoh video tentang operasional logistik yang telah menerapkan dominasi teknologi mesin dibanding manusia.  Mempelajari logistik berarti mempelajari segala komponen penyusunnya dari hulu sampai dengan hilir, dari pemanufaktur sampai ke end user. Menguasai logistik berarti menguasai seluruh komponen manajemen rantai pasok yang saling terkait dan membentuk satu kesatuan yang kokoh. Mempelajari logistik juga akan mengembangkan hal-hal baru yang lebih produktif sesuai dengan karakteristik masing-masing perusahaan. Jika di luar negeri sampai ada ahli S2 atau S3 ilmu logistik, di Indonesia kita dekati dari ahli dan praktisi logistik saja, yang tentunya penguasaan lapangan lebih dari sekedar teori di atas kertas. 🙂

Artikel Romailprincipe lainnya mengenai Logistik :

Tulisan Logistik Romailprincipe

Iklan

27 thoughts on “Mau belajar Logistik?

  1. ratna visuda

    Senang sekali bisa belajar tentang logistik dan sy menunggu tulisan2 terbaru ttg logistik. Hingga saat ini sy sedang mencari sistem pergudangan utk bisnis distribusi buku, mungkin ada saran utk sy??

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      mungkin dihitung vlume buku yang mebak ratna distribusikan, dari perhitungan volume dan perputaran persediaan, mungkin bisa direka-reka gudang seperti apa yang dibutuhkan.Untuk sistem, pencatatan stock sudah banyak spftware-software yang mendukung..kalau ada pertanyaan lebih mendetail boleh komen lagi di sini mbak…
      salam

      Suka

      Balas
      1. Anonim

        untuk logistik biyasanya di titik beratkan ke bagiyan yg mana mas kalau untuk bidang logistik tambang batu bara?

        Sewa crane dan heavy equipment?

        Suka

  2. hariadi

    mas mw tanya kalo karir di logistik itu dikhususkan hanya utk org yg berlatarbelkang teknik industrikah? atau bisa dari ilmu lain?..saya dari ilmu ekonmi dan saya tertarik utk bisa beljar manajemen warehouse,logistik,purchasing, serta supply chain..punya rekomendasi buku yang wajib saya baca mas? klo bisa yg isinya lebih pada guide di prakteknya,studi kasus, dan penggunaan software..

    tulisan di atas menyebutkan tentang forecasting,apakah statistik punya peran besar mas di logistik ini? cukupkah dengan menguasai SPSS? atau ada tools lain yang lebih relevan?saya dengar juga ada software WMS (warehouse mangement system) seberapa populerkah software tersebut di indonesia?maksudnya apakah perusahaan2 kebanyakan sudah memakainya?

    oya perbedaan logistik di perusahaan manufaktur, retail dan jasa di mananya ya mas?saya bingung harus mulai dari mana..maaf banyak nanya mas,maklum mahasiswa ,.hehe..
    replynya akan sangat saya apresiasi. terima kasih

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      karir logistik sangat general, karena semua bisa dipelajari di dalam. Tapi background industri sangat mendukung karena belajar banyak hal dan terintegrasi, banyak keilmuan dan bisa dipadukan dalam sebuah sistem, kira-kira gitu.
      Ekonomi juga ok kok. Rekomendasi buku tidak ada, karena purely saya hanya pengalaman.
      Ya, ada forecasting, tetapi bukan seperti forecasting yang kita pelajari (kalau tidak salah winter yang terbaik). Ilmu statistik jelas ada peran, tapi tidak begitu besar. Penguasaan SPSS juga tergantung relevansi dengan jenis bisnis yang mengoperasikan gudang. WMS pasti terpakai untuk gudang yang memiliki pergerakan stock dalam jumlah dan rupiah yang besar.
      Logistik manufaktur –> konsumsi sendiri, bahan baku serta finish good yang akan didistribusikan
      Retail –> terima dari supplier atau pemanufaktur trus didistribusikan ke outlet / end user
      Jasa –> barangnya biasanya bukan barang dagangan
      bedanya karakteristik yang menempel pada barang serta KPI nya..
      mungkin ada yang kurang?
      Salam

      Suka

      Balas
    2. Moh. Kusmayadi

      semua disiplin ilmu bisa asal mau serius belajar… klo mau coba dari warehouse atau PPIC (planing produk inventori control)… semoga bermanfaat.. salam

      Suka

      Balas
  3. andik

    mas, sya sangat tertarik sekali mengenai ilmu management gudang dan logistics. saya ingin tahu lebih banyak lagi mengenai ilmu ini, tapi sya blum tahu harus belajar dimana.

    Suka

    Balas
  4. c.kurniawan

    kalau mau belajar tentang logistik daftar saja ke UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG, Fakultas FISIP Kampus PAAN (dekat DAGO TEA HOUSE), disana ada Program D III ADMINISTRASI LOGISTIK, & saya adalah salah satu alumninya angkatn 1998, dalam mencari pekerjaan pun lulusan logistik terasa lebih mudah karena di setiap perusahaan ada bagian logistik/pergudangan, selamat mencoba & semoga sukses di dunia logistik

    Suka

    Balas
  5. zee zie zimam

    bro minta tolong dumz pnya DFD tentang arus barang masuk ,,pencatatan dan keluar barang pada pergudangan ga

    thanks sebelumnya…

    wah detail banget nih..flowchartnya kan dah contohnya artikel dan komen2..kartu stock seperti buku tabungan gitu deh..

    Suka

    Balas
  6. Susi

    Mas mohon penjelasannya tentang manajemen logistik pada industri jasa rumah sakit. Yang pernah saya baca bahwa EOQ hanya utk permintaan yg independen dan kebutuhannya relatif konstan, sementara utk logistik pada rumah sakit relatif bersifat dependen karna bergantung pada jumlah pasien yg dilayani. Apakah EOQ sah bila diterapkan pada manajemen logistik rumah sakit ? Terima kasih atas perhatian dan penjelasannya
    salam……

    Suka

    Balas
  7. Zaki

    Sadur : “Jika di luar negeri sampai ada ahli S2 atau S3 ilmu logistik, di Indonesia kita dekati dari ahli dan praktisi logistik saja, yang tentunya penguasaan lapangan lebih dari sekedar teori di atas kertas. 🙂 ”

    Biar ganteng ya muka sendiri ya mas, kalau ganteng punya orang kan tetep punya orang

    Suka

    Balas
  8. irwan

    saya mau tanya, buku yang direkomendasikan menurut bapak/ ibu apa ya? saya sedang skripsi mengenai logistik, dan kesulitan mencari buku yang cocok untuk teorinya.. terima kasih. mohon bantuannya.. bisa email saya ke: irwan_s@hotmail.com
    terima kasih

    Saya sudah reply ke email untuk beberapa e-book logistik

    Suka

    Balas
  9. soleh

    pak mau tanya,saya kalau keluar barang untuk luar kota pasti ada kesalahan aitem.
    bagai mana cara mengatasi’a?

    Sistem double check yang baik, melalui alat bantu sederhana (kertas dan bulpen) sampai sticker, dll. Bisa juga dengan alat bantu canggih seperti scanner, atau perbaiki manpower .. semoga membantu

    Suka

    Balas
  10. yaya

    mas mo nanya cara membuat buku besar logistik non medis bgaimna?…..trima kash atas blsnnya….

    maksudnya buku besar logistik bagaimana?

    Suka

    Balas
  11. Rudi

    Mas Bro, saya lagi tes mau naik pangkat jadi Spv. Logistik nih, saya minta bantuannya untuk memperdalam pengetahuan tentang logistik…. klo ada buku2 nya skalian… tengkiu mas bro..

    Suka

    Balas
    1. randy

      mas saya kebetulan mau direkrut utk bagian logistik, masalahnya sy awam dgn ilmu tsb…kalau berkenan sy minta dikirimkan bahan2 ttg logistik, bisa lewat email saya di randyulieth@gmail.com. Terima kasih banyak sebelumnya atas bantuannya.

      Download link tentang logistik cukup banyak yang available, silahkan googling dulu.. Untuk kasuistik silahkan jika mau diskusikan

      Suka

      Balas
  12. Bayu

    apakah ada panduan untuk SOP Deprtmen Logistik Tambang.? Soalnya baru masuk dunia Logistik tambang ni??

    Tks

    Saya belum ada koleksi SOP mas 🙂 …. pelan-pelan saya kumpul bahan dulu, nanti saya email ya .. Thanks

    Suka

    Balas
  13. Dewi Prastiani

    Ada informasi tentang study manajemen logistic di jakarta? Kebetulan saya study Logistic di UK and knowing how useful it is, sekarang saya mau daftarkan ponakan saya di jakarta. Any information will be greatly appreciated.

    Regards
    Dee

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s