Semangat, Dialirkan dan Mengalirkan


Dalam tulisan semangkuk gairah bersikap positif, ada ulasan mengenai pemburu serigala Sem dan Jed, berikut petikan ceritanya,

Suatu organisasi alam liar menawarkan 5000 dollar untuk setiap serigala yang tertangkap hidup-hidup untuk tujuan relokasi. Sam dan Jed menerima tantangan itu. Siang dan malam mereka mencari serigala, tetapi tidak mendapatkan apapun. Kemudian mereka tidur sambil menyalakan api unggun. Di tengah-tengah tidurnya Sem terbangun dan mendapati bahwa sekawanan serigala sedang mendatangi mereka. Sem menyodok Jed dengan tongkat dan berbisik “Bangun Jed! Kita kaya!”

Belakangan ini sering memikirkan tentang semangat kerja, hal-hal apa yang dikejar dan bagaimana supaya terus bisa bersemangat. Teringat dengan petikan cerita Sem dan Jed.  Jika saya adalah Jed, saya memerlukan banyak “Sem” di sekitar, berikut adalah beberapa “Sem” ..

Di kantor

Salah seorang atasan pernah berkata “Kamu sepertinya cukup menguasai beberapa hal, yang kamu perlu hanya pengalaman dan keberanian untuk tegas menerapkan sistem”. Di situ “Sem” ini tidak melihat minimnya pengalaman dan ketakutan saya dalam menerapkan sistem (kelemahan saya “keras” dengan peraturan J), tetapi dia bergerak dari penguasaan saya terhadap beberapa hal. Sisi pandang ini menolong untuk mengalirkan semangat.

Ada juga cerita mengenai gaji dan jabatan, ketika hati dan pikiran diarahkan pada rekan yang sudah menduduki tempat yang lebih “empuk” dibanding diri saya, maka mulailah “hawa gelap” dan “energy negatif” mengalir. Biasanya kritikan tajam dan mencari-cari kelemahan sistem perusahaan mulai hadir di benak saya, dan jika itu tidak diredam bisa-bisa mengalir keluar dan menjadi racun bagi rekan sekitar.

Di tempat Futsal

Suatu ketika bermain futsal hanya datang 5 orang. Dengan sangat terpaksa kami bergabung dengan rombongan orang lain (yang telah memiliki jumlah 12 orang, dan cukup bermain sendiri dan membayar tanpa kami), kami menawarkan diri bergabung untuk bermain dengan perjanjian 1 jam kami yang bayar, jam berikutnya mereka yang bayar. Deal, kamipun bermain futsal, setelah 1 jam karena tidak kuat kami berhenti sementara rombongan lain itu tetap melanjutkan berikutnya. Ketika mau membayar, ada teman yang tidak suka, karena harus bayar 1 jam = 255 ribu dibagi 5 orang, sementara rombongan lain ikut menikmati “1 jam yang kami bayar”, teman tadi menyarankan agar membayar lebih sedikit dari biaya 1 jam. Beruntung ada teman lain yang berkata “Sudahlah, bayar saja, yang penting sudah berolahraga, sekali-kali bayar mahal tak apa.”…. Teman ini menjadi “Sem” bagi teman-teman lain, dengan tidak menyesali keputusan bermain dan mengambil sisi positif nya saja, dia tidak melihat sisi kami membayar mahal dari biasanya. Saya pun jadi tidak menyesal membayar lebih mahal dari sebelumnya.

A’A Burjo, Mamad, terkadang memerlukan “Sem” dalam kehidupan yang sulit ini. Meskipun kategori kehidupan ekonomi sehari-hari mereka cukup, namun bukan berarti ada sisi kehidupan mereka yang membutuhkan “Sem” membuat semangat mereka membara untuk menjalani hidup. Beberapa kali saya mencoba menjadi “Sem” dengan mamad, dengan mengajaknya menjalankan suatu usaha, Mamad cukup semangat, sebenarnya saya juga tidak terlalu yakin bisa berhasil dari usaha itu, tetapi meniru “Sem” yang sebenarnya juga tidak yakin dapat membunuh semua “kawanan serigala” yang mendatanginya.

Terakhir, adalah benar jika sikap positif bergantung pada diri sendiri yang terletak dalam kerangka pikir. Tetapi saya merasa, beberapa “Sem” di sekitar saya bisa membuat aura berbeda. Terkadang jadi berpikir, berapa kali ya aku menjadi “Sem” bagi orang lain, ataukah saya justru memberi energy negatif? Filosofi memberi pengaruh kecil di tengah-tengah lingkungan kerja dan menjadi “Sem” bagi orang lain terkadang tidak terpikir, namun lihatlah betapa banyak “Jed” yang melihat seekor serigala adalah rejeki besar!!!

Iklan

3 thoughts on “Semangat, Dialirkan dan Mengalirkan

  1. callighan

    Who’s Sem and who’s Jed?

    Membaca renungan ini, saya jadi teringat suatu kalimat mutiara yang bisa diucapkan seorang teman yang sabar kepada saya:
    Kalau sedang down, kamu boleh pinjam sabar saya.

    Ngomong-ngomong, manusia memang makhluk yang mudah terpengaruh ya. Saya sempat baca penelitian bahwa orang bisa tersenyum tanpa adanya lelucon hanya karena melihat orang lain senyum. Dan sebaliknya, orang juga bisa naik pitam karena melihat orang lain kesal.

    Nah, paling jika kita bisa menyemangati diri.
    Tetapi kalau tidak bisa, bagaimana?

    Yah, mungkin bisa pinjam sabarnya dunia.

    Atau mungkin bisa pinjam sabarnya blogger lainya. 🙂

    Suka

    Balas
  2. Agus Setiyawan

    INDEPENDENT Training – Developing – Consulting
    (Piranhamas Group) Jl. Ikan Piranha Atas V No. 1, Malang – 65142
    Telp. : 0341 487 600, HP. : 081 333 841183, 0817 537894, 0341 5455330

    Malang, 12 Juli 2009

    Kepada YTH :
    HRD Manager

    Perihal : Penawaran Pemberian Pelatihan MOTIVASI Untuk Staff
    Guna Menunjang Kinerja dan Produktifitas

    Dengan Hormat,

    Setelah sukses kami untuk 3 session dengan PT Aneka Tuna Indonesia di Finna Golf – Prigen, bersama dengan ini kami dari Independent Training – Developing – Consulting, mengajukan penawaran kepada perusahaan yang Bapak pimpin yang ditujukan kepada para Staff untuk memberikan pelatihan yang difokuskan kepada : Motivasi Gairah Kerja dan Peningkatan Produktifitas.

    Adapun untuk pelaksanaannya kami bagi dalam 2 tahap masing masing 2,5 jam dengan model dikelas dan beberapa games serta dibackup dengan TNA (Training Need Analysis) serta R.O.T.I. (Return Training On Invesment). Sedangkan untuk fasilitas yang kami berikan :
    1. Hardcopy sampai dengan 10 orang disediakan oleh Trainer.
    2. Sertifikat sampai dengan 10 orang disediakan oleh Trainer.
    3. Disediakan door price dari Trainer.
    4. Lunch Family Style
    2 times of Coffee Break
    Standard equipment meeting: Pen, Notepad, Candy
    White Board, Flip Chart, Screen Portable
    LCD
    Standard sound system and microphones
    Free WI FI Access
    Dan untuk pelaksanaannya bisa menyesuaikan dengan jadwal dari perusahaan yang Bapak pimpin serta kebutuhan para peserta.

    Mengenai penawaran biaya terbaik yang kami berikan kepada perusahaan yang Bapak pimpin untuk pokok bahasan diatas kami sampaikan dalam dua penawaran :
    1. Untuk pelaksanaan di : Penanggungan Room, FINNA GOLF & COUNTRY CLUB RESORT Jl. Raya Barsari Prigen, Pasuruan, seharga Rp. 4.900.000,- (#empat juta sembilan ratus ribu rupiah#).
    2. Untuk pelaksanaan di : Hall UKM Center Sampoerna, Ruko Taman Dayu Blok D 2, Pandaan Pasuruan, seharga Rp. 4.400.000,- (#empat juta empat ratus ribu rupiah#).

    Demikian yang kami sampaikan, semoga terjalin kerja sama dikemudian hari yang saling menguntungkan. Kami selalu menunggu konfirmasi dan khabar baiknya.

    Hormat kami,

    Agus Setiyawan
    Project Manager Professional Training for Management and Technical Staff
    Piranhamas Group http://piranhamas.wordpress.com

    BACKGROUND Pembicara : Agus Setiyawan (15 thn di Manufacturing, 8 thn di Training))

    Memiliki kompetensi, leadership, team work, berjiwa dinamis, inspiratif dan menyukai tantangan, Computer (Microsoft Office – Powerpoint, Word, Ecxell, Mechanical Dekstop, Auto Cad)

    Adapun kemampuan manajerial dan lapangan serta pengaturan karyawan ditunjang dengan berhasilnya untuk mendapatkan serta mempertahankan dalam meraih prestasi atau sertifikasi :
    ISO 9001 : 2000, ISO 13485 : 2003, ISO 14001 : 2004, SM – K3, Bendera Emas, Zero Accident, UKL – UPL, CPOB, c-GMP, Tokio Marine, TQM, 5S – 5R – 5P. Sehubungan kami sebagai P2K3, Wakil MR (Management Representative), Lead Auditor, Safety Engineer dan Trainer berbagai system dan MOTIVASI Produktifitas.

    Dan dengan menggunakan metode KPI (Key Performance Indicator), OGSM (Objective, Goal Strategy, Measurement) dan pembagian targed dalam CQSC (Cost, Quality, Service, Comply) serta teori evolusi dipercepat untuk menunjang keberhasilan team serta target dan pressure dari perusahaan, kami telah mampu dan melaksanakannya.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s