Mari voting untuk kebijakan BHP Mega-Pro


Dalam setiap kesempatan kampanye, isu mengenai BHP sering diangkat oleh tim Megawati dan Prabowo. Saya sendiri sempat mencicipi BHMN dan merasakan bahwa Biaya Operasional Pendidikan mencekik leher dan membuat banyak mahasiswa kesulitan setiap kali akan membayar SPP + BOP di awal semester..

Hasilnya terlihat, kampus negeri yang dahulu dikatakan adalah kampus rakyat, berdiri tegak dan kokoh. Meskipun isunya biayanya adalah hutang dari Jepang. Saat ini UU BHP banyak ditentang karena dianggap sebagai usaha komersialisasi pendidikan. Ketika PTN statusnya diubah menjadi BHMN pada tahun 2002 paling tidak ada beberapa hal yang saya amati :

  1. Mahasiswa angkatan 2001 dan 2002 berbeda tingkat perekonomiannya, 2002 lebih cenderung berada di atas. begitupun 2003, 2004 dst. Semakin ke bawah terlihat bahwa mahasiswa yang masuk adalah mahasiswa yang memiliki uang.
  2. Seminar yang sering diadakan di kampus dan berbiaya puluhan juta sangat jarang menyentuh kebutuhan rakyat kecil atau menengah ke bawah.
  3. Gairah mahasiswa untuk memperjuangkan rakyat sudah menipis, faktanya mahasiswa jauh lebih hedonis, Meskipun dirinya ketua BEM, tetap tidak menjamin visi nya untuk rakyat.

Dari beberapa pengamatan selama menjadi mahasiswa, maka dikhawatirkan bahwa otonomi kampus dalam bentuk BHMN dan saat ini bermetamorfosis menjadi UU BHP adalah sebuah aktifitas sistemik dari globalisme, sehingga pendidikan diserahkan ke dalam mekanisme pasar. Salah satu Capres dan Cawapres saat ini berjanji akan menghapus UU BHP, meskipun secara fakta DPR dikuasai incumbent..

Seberapa jauh (jika terpilih), mereka mampu mewujudkan penghapusan UU BHP dan menyelamatkan liberalisme pendidikan? Meri voting..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s