Semangkuk (kesulitan) gairah sikap positif


otak2Banyak yang telah memahami, membaca dan mempraktekkan tentang sikap positif, terutama dampaknya di aktifitas sehari-hari. Sejuta, bahkan setrilyun kesulitan menjadi efek dalam mempraktekkannya, tetapi Eloy Zalukhu, seorang motivator Teosentris dan penulis buku “A Cup of Motivation” beropini bahwa dasar dari sikap positif adalah hati yang bersih. Ada apa dengan hati yang bersih? Salah satu statement terkenal yang pernah saya baca adalah “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan ,sebab dari sanalah terpancar kehidupan”. Statement tadi selaras dengan pemikiran pak Eloy Zalukhu, sumber dari sikap positif adalah hati yang bersih, menjaga hati yang bersih akan menolong mempraktekkan sikap positif.

Sikap versi American Heritage Dictionary adalah cara berpikir atau merasakan dalam kaitannya dengan sejumlah persoalan. Eloy Zalukhu juga menceritakan ulang mengenai suatu kisah sbb :

positive_bgSuatu oraganisasi alami liar menawarkan 5000 dollar untuk setiap serigala yang tertangkap hidup-hidup untuk tujuan relokasi. Sam dan Jed menerima tantangan itu. Siang dan malam mereka mencari serigala, tetapi tidak mendapatkan apapun. Kemudian mereka tidur sambil menyalakan api unggun. Di tengah-tengah tidurnya Sem terbangun dan mendapati bahwa sekawanan serigala sedang mendatangi mereka. Sem menyodok Jed dengan tongkat dan berbisik “BangunJed! Kita kaya!”

Hmmm, benarkah seperti demikian jika ada “sekawanan serigala” berupa pekerjaan susah, permasalahan dan target2 mendatangi saya akan bertindak seperti Jed yang memandang itu sebagai suatu kesempatan? Cara pandang perlu sedikit diubah.

Kesulitan, Hal besar yang menjadi kesulitan menjaga hati adalah dunia, yang menawarkan jutaan hal yang mengotori hati. Saat ini sulit sekali buat saya mempraktekkan purity dalam aktifitas pekerjaan, dalam artian berintegritas terhadap tanggung jawab dan pekerjaan. Memuaskan atasan membuat beberapa langkah yang saya ambil “dipaksa” untuk melanggar kejujuran. Semisal saat melakukan budgeting terhadap suatu hal dan atasan meminta tidak melebihi nominal tertentu, akhirnya dalam resume budgeting yang diserahkan ada beberapa angka yang ditekan (biasanya biaya variabel) sehingga nominal yang diminta atasan tercapai, sementara diketahui praktek mendapatkan nominal tersebut sangat sulit dilakukan. Sah? Legal? Tentu saja, tetapi pada akhirnya gerutu, atau ekstremnya caci maki tertanam di dalam hati. Perkataan seperti “Ah, Bos hanya tahu teori” atau “Gile, itu mustahil dilakukan” atau “Dia sih enak, tinggal menyuruh” tanpa sadar muncul, dan itu yang dimaksudkan keluar dari batasan purity , yang akhirnya membawa dalam situasi hati yang tidak lagi bersih, ujung2 nya sikap positif tergantikan oleh sikap negatif.

Jamannya, Yah, inilah jaman seperti itu, tuntutan memaksa seperti itu. Sulit bukan? Atau dipersulit? Ha2x… Sepertinya aneh kalau menerapkan istilah “hati yang bersih”. Sekarang ini jaman persaingan tinggi, jaman mencari jabatan, uang dan kesuksesan. Masihkah ada tempat dalam hati yang bersih, kejujuran, dsb. Kembali ke pribadi masing-masing, namun sejatinya kekuatan sikap positif itu sangat besar bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Bayangkan ada 2-3 orang teman sekerja yang “tertular” memiliki sikap positif? Perusahaan yang diimpi-impikan…

Tulisan lain Romailprincipe mengenai pekerjaan

Iklan

2 thoughts on “Semangkuk (kesulitan) gairah sikap positif

  1. opam

    menjaga hati dan sikap positif agar tetap stabil benar-benar tertanam, perlu niat dan usaha-usaha yang kuat. Apalagi lingkungan sekitar kita yang sungguh berpengaruh. lingkungan yang mempengaruhi kita dalam menilai tentang sesuatu hal dari sudut pandang positif atau negatif. Semoga Allah memantapkan dan menjaga hati dan pikiran kita senantiasa dalam keadaan positif.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s