Mega-Pro proses penciptaan keseimbangan yang panjang


Megawati akan mendelegasikan masalah ekonomi kerakyatan kepada Prabowo. Keseimbangan akan tercapai versi saya jika pendapatan per kapita tidak memiliki deviasi besar, artinya rentang penghasilan antara rata-rata orang kaya dan miskin bisa didekatkan, atau yang kaya tetap dan yang miskin beranjak naik ke atas. Sebenarnya tahu apa sih saya soal ekonomi?haha..

 

Berkuliah di jurusan Teknologi Industri Pertanian, saya banyak melihat karya luar biasa pada bidang Usaha Kecil Menengah, menyaksikan produksi pangan yang bervariasi dan memiliki potensi pasar yang luar biasa. Dalam bayangan saya, Prabowo akan berpihak kepada petani, nelayan dan usaha kecil menengah, tidak bisa dipungkiri dia memahami pertanian dan telah belaja, yang banyak mengenai perekonomian. Berharap akan adanya suatu kucuran dana yang dipakai untuk mendanai kelangkaan pupuk, pembangunan jalan dan infrastrukutur, membebaskan seluruh petani dari tengkulak dan memotong jalur distribusi yang panjang.

 

Megawati dan Prabowo merupakan duet maut yang akan ‘melanjutkan’ keberhasilan incumbent. Sekalipun saya sulit mendefinisikan keberhasilan yang mana, bukan karena terlalu banyak tetapi karena terlalu standar dan tidak terlalu luar biasa seperti yang didengung-dengungkan tim marketing politik malarangeng. JK-Wiranto dengan jargon lebih cepat lebih baik juga sangat memiliki harapan besar untuk membangun Indonesia, gabungan kecepatan lugas dan ketegasan dalam hati nurani yang terbungkus akan memberi suatu paket untuk mendinginkan hati rakyat, yah..rakyat, yang saya maksud dengan rakyat adalah rakyat miskin, menengah ke bawah, bukan rakyat di perkotaan yang memiliki standar gaji tinggi.

 

Pembangunan daerah akan menolong Jakarta dari kepadatan, membuka kucuran dana dan mensejahterakan rakyat menengah ke bawah. PNPM diharapkan dilanjutkan, karena paket ini cukup dikenal memberi kesempatan membangun usaha kecil. Ketersediaan pasar bagi produk UKM juga menjadi faktor penting bagi proses panjang menciptakan keseimbangan. 5 tahun tidak cukup menurut saya, tapi apa yang sudah incumbent rintis untuk rakyat kecil setidaknya dilanjutkan. Tolak BLT, mudah-mudahan BLT tidak dilanjutkan. Sekali lagi, proses panjang…maka bukan dalam rangka mendukung Presiden manapun, mudah2an ada kesinambungan yang berpihak bagi rakyat.

Iklan

3 thoughts on “Mega-Pro proses penciptaan keseimbangan yang panjang

  1. aqra

    Target pertama lolos putaran kedua… setelah itu, memperkokoh koalisi besar dengan Golkar – Hanura, dan memenangkan putaran kedua. Prabowo, masa depan Indonesia.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s