Manuver Politik Minggu ini


Wah, menarik mengikuti manuver-manuver politik minggu ini..

berikut beberapa manuver tiap elite :

  • SBY, melakukan pidato kenegaraan sebagai Presiden dan melakukan konferensi pers sebagai ketua Dewan Pembina Demokrat. Efek : keyakinan pemilu curang menurun, memberi image bahwa dia Capres terbaik, secara tersirat mendiskreditkan elite politik lain dan menurunkan citra yang lain dengan embel-embel demi KEPENTINGAN rakyat.
  • Amien Rais, bertemu SBY setelah itu bertemu Bachtiar Hamsyah (atau Hamzah Haz) lalu mengumpulkan seluruh DPW PAN. Efek : memberi image dukungan PAN ke Demokrat, SBY memanfaatkan sisa-sisa Amien Rais sebagai King Maker, dengan menggerakkan massa PAN dan lobi ke PPP. diduga PPP dilobi tidak melalui Suryadharma Ali karena dia pengagas Golden Triangle. Kemungkinan janji Power sharing diperoleh oleh PAN, mengingat ada nama Hatta Radjasa dan Sutrisno Bachir (bahkan Amien Rais sendiri) sebagai Cawapres.
  • Golkar, menetapkan akan maju  sebagai Cawapres saja. karena alasan kekuatan suara tidak memungkinkan, cenderung mendekat ke Demokrat, masih menungguu Rapimnas tanggal 23 april. Efek : Makin merapat ke Demokrat, mengelus JK lagi atau SP.
  • PPP terpecah antara ketua umum Suryadharma Ali yang merapat ke PDIP dan Hamzah Haz atau Bachtiar Hamsyah yang didekati oleh Demokrat via Amien Rais. Efek : Golden Triangle keropos, Demokrat tinggal tunggu Cawapres tanpa lawan Sepadan..
  • PDIP, Gerindra, Hanura belum terdengar, mungkin dikarenakan lebih “di bawah tanah”, atau diam-diam… Atau pemberitaan tidak diliput??

Idealnya Jembatan Emas :Demokrat-PKS-PAN-PKB-PBB VS Segitiga Emas : PDIP-Golkar-PPP-Gerindra-Hanura…tapi nampaknya hanya impian, segitiga emas keropos, dikeroposi oleh Pemerintah. Pemerintah selalu menjawab dengan Normatif, Pidato, meminta Depdagri, Gubernur, dll..No Action…Sementara untuk koalisi malah ada riil action..

Yang jelas sejumlah Manuver itu membuat kisruh Pemilu 2009 semakin tidak jelas dan membingungkan..Rakyat (Rakyat yang mana nih?) kepingin apa ya? Rakyat mau makan, berarti Perekonomian kerakyatan..Siapa yang mengusung Ekonomi Kerakyatan?

Siapa yang memberi kebijakan untuk konteks ekonomi makro, investor, dll..yang kaya makin kaya yang di bawah diberi BLT saja. Apakah itu kebijakan baik? Bapennas menyatakan BLT menaikkan daya beli sebesar 6%..Jadi bagaimana sekarang? Benarkah itu semua?

Mari lebih bijak menyikapinya dan berusaha memperbaiki negara dari lingkungan terdekat..

Gimana coba?

Iklan

4 thoughts on “Manuver Politik Minggu ini

  1. cenya95

    Yang pasti semua partai ingin merapat ke Demokrat sehingga SBY mengajukan syarat bila ingin berpartner dengan beliau.
    Kita perlu mempertimbangkan pendapat W. Churchill :

    Politicians think how to win at the next election, Statesman think how to develop their country

    salam hangat

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Jadi SBY termasuk apa nih?statesman or politician? Kalau ditanya, pasti akan lahir jawaban normatif, saya takut lama-lama rakyat yang ‘mengerti’ akan apatis..hihi..

      Suka

      Balas
  2. cenya95

    Awalnya sebagai politician dan setelah menang dia menjadi statesman.
    Kenapa harus takut ? Apatis masih ada kepedulian karena ingin melakukan yang terbaik bagi diri dan orang lain.
    Menurutku apatis masih bagus daripada apriori.
    salam hangat selalu.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s