Proses hirarki Keputusan


Abstraksi penelitian yang menggunakan Analytical Hierarchy Process dengan bantuan Software Expert Choice

STUDI KOMPETISI  FAKTOR-FAKTOR PEMASARAN PRODUK

MINUMAN SERBUK RASA BUAH BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN MENGGUNAKAN 

THE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)


ahp21

Perluasan komersialisasi produk merupakan dasar utama dalam usaha meningkatkan kinerja pemasaran produk industri, karena salah satu tolak ukur kinerja perusahaan adalah mendapat bagian dari total penjualan dalam persaingan produk sejenis. Persaingan produk ditandai munculnya beberapa macam merk pada pasar yang sama. Minuman serbuk rasa buah adalah salah satu produk industri pertanian yang beredar di pasaran dalam beberapa merk yang bersaing untung merebut market share terbesar. Produk ini menarik menjadi obyek kajian dengan  alasan : kemudahan identifikasi merk, kemudahan identifikasi atribut produk yang melekat. Tujuan penelitian ini menganalisa kompetisi pemasaran antara merk minuman serbuk rasa buah melalui bobot prioritas konsumen terhadap produk dan dampak komunikasi iklan yang dimunculkan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan dua jenis responden : yaitu Responden untuk mengetahui Efektifitas periklanan (teknik korelasi) dan Responden untuk mengetahui bobot prioritas konsumen terhadap minuman serbuk rasa buah (teknik Analytic Hierarchy Process). Metode penarikan sample yang digunakan adalah convenience  sample, dengan alasan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan Software Expert Choice 11, yaitu sebuah perangkat lunak yang membantu menstukturkan dan menghitung model pengambilan keputusan melalui teknik Analytic Hierarchy Process.

Hasil penelitian menunjukkan Marimas memiliki dampak komunikasi yang paling baik dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,552 menunjukkan minat beli produk Marimas dapat dijelaskan melalui variable efektifitas iklan adalah sebesar 55,2% sedangkan sisanya dijelasakan oleh variablel-variabel lain. Sedangkan Nutrisari menjadi prioritas utama konsumen dalam memilih produk (0,467) dibandingkan berturut-turut Marimas, Jasjus, Hore dan merk lain (0,167, 0,138, 0,12, 0,11). Untuk atribut atau faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam memilih produk secara berturut-turut adalah Mutu (0,43 ) , Harga (0,21 ), Tempat memperoleh (0,14 ), Iklan (0,11), Kemasan (0,1).

One thought on “Proses hirarki Keputusan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s