Sistem Manajemen Gudang


warehouse11

Seringkali istilah Sistem Manajemen Gudang itu dianalogikan dengan sistem komputerisasi yang mengatur arus pergerakan barang di gudang (seperti tulisan saya di Sistem Manajemen Gudang (WMS).

Dalam tulisan ini saya coba mendefinisikan Sistem Manajemen Gudang secara sederhana menurut pemikiran saya.

Sistem adalah kumpulan interaksi dari sub sistem penyusun, dan Manajemen adalah ilmu mengelola sumber daya, sedangkan Gudang adalah tempat penyimpanan barang sementara.

Sistem Manajemen Gudang paling tidak mengandung pemahaman : pengelolaan dari beberapa sistem / sub sistem yang saling terkait di dalam suatu aktifitas penyimpanan barang sementara.

Beberapa aktifitas di dalam gudang adalah sebagai berikut :

1. Administrasi.
2. Penerimaan barang.
3. Penyimpanan barang.
4. Pengepakan barang ke tempat yang dituju.
5. Pengeluaran barang.

Aktifitas ini saling terkait satu sama lain. Secara organisasi , setiap aktifitas ini sebaiknya dipimpin oleh satu orang semisal Kepala bagian, Leader, Supervisor atau sebutan lain dengan tugas dan tanggung jawab serupa. Tiap kepala bagian diharuskan  paling tidak mengetahui pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh team-nya serta mampu melakukan fungsi-fungsi pengendalian sebagai berikut :

1. Pengendalian Operasional
2. Pengendalian Biaya
3. Pengendalian Personalia

Ketiga fungsi pengendalian ini perlu terus dikembangkan oleh setiap pimpinan. Misalnya untuk Pengendalian Personalia, jangan hanya puas dengan pencapaian saat ini, sebisa mungkin upgrade lah kemampuan team dengan berbagai hal kreatif.

Kepala bagian juga secara rutin berkomunikasi dalam satu forum besar, semisal briefing pagi mengenai target-target (KPI) dan beberapa kesalahan yang masih dijumpai. Pemimipin harus terus mengasah diri untuk mencapai sistem kerja yang lebih baik, karena tidak ada sistem kerja yang sempurna, selalu ada yang  sistem kerja yang lebih baik.

Mengelola gudang menjadi sangat menarik bagi orang-orang yang bekerja di dalamnya,  hal itu dikarenakan karakteristik unik yang dimiliki oleh gudang sebagai berikut :

  1. Sumber Daya Manusia (SDM) di gudang sebagian besar adalah pekerja kasar atau berpendidikan SMU ke bawah dan memiliki kecenderungan sulit diatur, sehingga diperlukan sebuah pendekatan yang personal dan unik dibandingkan dengan pekerja kantor (back office).
  2. Variabel eksternal yang ada sulit dikendalikan oleh personil gudang, misalkan fluktuasi kedatangan barang yang memerlukan penambahan sumber daya pada waktu yang tidak terduga.
  3. Gudang sebagai pusat aktifitas logistik namun tidak memberi nilai tambah secara langsung pada perusahaan. Hal ini memungkinkan prestasi kerja personil gudang tidak begitu terlihat di level management.

Gudang sebagai bagian dari Logistik merupakan bagian kerja yang sangat menarik,  Lebih kepada behind the scene atau supporting department namun sangat vital dalam sebuah perusahaan yang memiliki Gudang.

Gudang sendiri saat ini memiliki arti luas dan lebih dari sekedar tempat penyimpanan saja. Gudang itu sendiri tidak menambah nilai barang secara langsung, tidak ada perubahan citarasa, bentuk, kemasan, dan lain sebagainya. Intinya tidak ada kegiatan proses operasi pada barang, yang ada adalah aktifitas penyimpanan barang serta perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam area gudang.

Artikel Aplikasi Sistem Manajemen Gudang

 

Salam Romailprincipe

Silahkan pembaca untuk komentar di bawah tulisan dan Follow blog ini dengan mendaftarkan email di sidebar blog ini :)

Jika pembaca membutuhkan aplikasi Sistem Manajemen Gudang (WMS), ingin bertanya / berkonsultasi,  atau kebutuhan lainnya yang dapat dibantu , silahkan hubungi email romailprincipe2012@gmail.com atau no hp +6281310005342

Daftar Tulisan Romailprincipe bisa dilihat di sini

Download Sample Template Excel atau Portfolio 

Download File (Editable) untuk SOP Warehouse dan Logistik (Beli-Template.com)

Download File Excel (Editable) untuk Stock Report (Beli-Template.com)

 

296 thoughts on “Sistem Manajemen Gudang

  1. harny

    bisa minta info lengkap tentang gudang, syarat gudang ideal untuk produk makanan, susu, atau minuman,…plissss buat skripsi saya

    Suka

    Balas
      1. Ronny Mardilis

        Gan,bisa minta tolong gak,cara memanage gudang yang baik seperti apa ya? terlebih dalam hal penempatan barang dan berhubungan dengan anak buah supaya mereka tidak membangkang.. terima kasih ya,mohon sangat masukannya..

        Penempatan barang dengan cara groupping sesuai dengan karakteristik (by dimensi, by kemasan, by jenis, dll), anak buah supaya tidak membangkang? saya pinjam istilah ari lasso “Sentuhlah dia tepat di hati nya” 😀

        Suka

    1. Persona Protegida

      saya seorang IT pada gudang untuk maintenace system,

      apa yang harus saya p[elajari atas kesalahan pada system2, dimana system yangf telah ada kurang mendukung untuk validasi2 user,

      minta ilmunya pak “sampaikan walau 1 ayat” hehehe
      system saya sekarang memakai barcode untuk datanya..

      Suka

      Balas
      1. Anggun

        Saya ingin bertanya, saya bekerja di perusahaan farmasi untuk alat kesehatan.
        Atasan saya meminta saya untuk mencarikan info tentang gudang. Mungkin yang dimaksud adalah syarat penyewaan gudang atau syarat penyimpanan untuk farmasi. Namun setelah saya cari artikel yang saya temui lebih banyak mengacu tentang penyaluran barang farmasi dari gudang. Apakah bisa dibantu mengenai hal ini?
        Terima kasih

        Silahkan email ke romailprincipe2012@gmail.com dan admin@excelogic.info , kita lihat apa yang kira-kira dapat kami support

        Suka

  2. Malik

    Bisa diberikan info lengkap aturan cara mengatur gudang yang baik, alur kerja gudang (management gudang) untuk sebuah gudang industri pelayaran, mohon bantuannya buat membantu saya dalam menciptakan iklim baru di gudang

    trims

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Cara mengatur yang baik..coba baca beberapa tulisan saya tentang logistik, mungkin bisa menginspirasi. mulai dari penerimaan sampai pengeluaran barang. kalau aturan dan cara akan mengikuti, ketika prinsipnya dipegang..begitu pak malik

      Suka

      Balas
      1. haikal

        sya mau donk ms gman niii cra nya menaruh barng yg ada kadal luarsa nya

        Install system yang ada key in barang kadaluarsa ketika masuk gudang, sehingga ketika keluar juga merefer yang expired paling duluan

        Suka

      2. Sutisna

        Menurut saya sistem termahal sekalipun untuk gudang kalau sdm tidak disiplin dan konsisten menjalankan aturan serta tidak dimonitor trus menerus cuma buang2 duit jadi benahi dulu disiplin dan konsisitennya sampai benar2 jalan kalau perlu tidak tegas bagi yg melanggar dan harus dipantau langsung kelapangan

        Thanks tambahan updatenya

        Suka

    2. Malik

      trims, atas jawabannya.
      mohon bantuannya untuk dapat di email ke saya mengenai artikel dan beberapa SOP warehouse, serta apakah ada standard manajemen mutu untuk pergudangan. terima kasih

      salam

      Malik

      Suka

      Balas
  3. dito

    bro minta info tentang gudang, sekalian rasio produktivitas gudang yah. please. dah jatek tapi bingung laporannya.
    klo bisa sekalian ma yang dikirim ke e-mail harny. please

    Suka

    Balas
  4. dito

    mas gudangnya buat eneral trading. jadi hampir semua rasio dipake, karena perputaran barang lumayan cepat jadi kan nilainya keliatan semua.

    Suka

    Balas
  5. thethinker7

    aku ditawari bagian operator gudang nih sama teman lama, padahal kerja ku sekarang sebagai quality control disuatu perusahaan riset, nyambung gak yah?

    Suka

    Balas
  6. hendriyanto

    Minta saran pak, bagaimana cara menentukan minimum stok untuk spare part mesin yang notabene pergerakannya cukup lambat, dan tips mengurangi inventory value dimana terbentur dengan kekhwatiran jika dikurangi inventory valuenya kemungkinan bisa menyebabkan produksi stop,sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk saranya.

    Suka

    Balas
      1. obby

        mnta saran p’…bgimna cara ngatasi spareparts bekas yg masuk kembali k gdang…tapi parts itu msih bisa d pakai…sdngkan kan u/memasukan kmbali k data stock rasany ngk mungkin…

        Suka

  7. romailprincipe Penulis Tulisan

    obby, mungkin saja..kita kategorikan sebagai barang baik..perlakuannya sama ketika menerima barang baik..kecuali jika itu tidak sama statusnya dengan barang baik..
    masukkan sebagai pemusnahan saja
    terus jual dan masukkan menjadi pendapatan..

    begitu sarannya
    mohon feedbacknya
    thanx

    Suka

    Balas
  8. Jozua

    Minta saran pak, pada saat ini saya kerja di sebuah perusahaan plastik berskala besar sbg HRD, dan saat ini saya ditugaskan oleh pimpinan untuk membenahi gudang yang terdiri dari Gudang bahan baku, Gudang bahan 1/2 jadi,Gudang bahan jadi, dan Gudang sparepart mesin, dimana kesemuanya belum tertata dengan rapi. (Misalnya: pengeluaran barang jadi belum berdasarkan FIFO.) Sementara itu kepala gudang yang ada terlalu disibukkan dengan ekspedisi untuk pengiriman barang ke toko-toko dan pabrikan. Sistem memakai line, memakai stock card sebelumnya telah dipakai, tetapi sekarang ini tidak ada yang memantaunya. Langkah pertama apa yang harus saya lakukan pak? apa ada referensi buku yang dapat saya baca untuk permasalahan diatas? Terima kasih

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      HRD ya?kok sampai ke ranah teknis lapangan?
      hihi..sepintas mungkin manaje personalia, hitung seluruh elemen kerja dan kebutuhan orang untuk membereskan semua pekerjaan itu.
      kedua sistem pencarian barang untuk tiap outlet dipastikan sefisien dan seefektif mungkin, parameternya waktu dan biaya.
      ketiga upgrade saja semua sistem ke arah computerized, minim penggunaan kertas dan perlakuan manual.
      Kepala gudang terlalu sibuk?ada yang salah dengan sistem, mungkin kurang orang, tetapi jika mau efisien orang harus instal teknologi dengan investasi mahal. semisal sistem pick to light di luar negeri merupakan teknologi mahal..
      kartu stock jika harus dicetak terus menerus malah menjadi pemborosan..kenapa mencetak kartu stock? ada masalah stock? kenapa masalah, sistem awalnya perlu dibenahi. sistem penempatan barang berdasarkan fifo sudah bisa diinstal di gudang, tentunya tidak murah kan..begitu sedikit yang saya ketahui..terima kasih..

      Suka

      Balas
  9. elsa ummi

    ass…..
    mo minta informasi tentang sistem pengadaan barang, sistem pembelian, sistem penjualan, sistem produksi, sistem distribusi, sistem gudang sampai pada sitem akuntansi donk…. Seperti sistem manajemen guudang yang ada di atas…Please y!!!
    Wassalam…

    Suka

    Balas
  10. M Fariz Rizki H

    Assalammu’alaikum.maaf pak bisa minta info bagaimana mengelola gudang yg baik tidak?kl bisa secara lengkap,dari bahasa yg dipakai dlm mengelola gudang dsb.krna saya blm pernah sama sx mengelola gudang,dan teman saya menawarkan saya untuk bekerja mengelola gudang yg barangnya herbal dan siap dijual.terima kasih

    Suka

    Balas
  11. bang sofyan

    bisa minta info lengkap tentang gudang, syarat gudang ideal untuk produk makanan, susu, atau minuman,…plissss buat skripsi saya

    Suka

    Balas
  12. inggrid

    Salam sejahtera,
    saya mahasiswi yang sedang cari referensi ttg biaya penggudangan berbanding dg HPP (Harga Pokok Produksi) suatu produk kira2 rata-ratanya berapa yah? klo dulu di pustaka bilangnya 4-5%, tp gudang saya stlh saya hitung2 biayanya lebih dari 5%, karena biaya listrik industri skrg termasuk tinggi..apa kakak punya info ttg ini yah? klo ada, boleh saya minta? trimakasih banyak kak.. Tuhan berkati…

    Suka

    Balas
  13. daniel

    pak yang dimaksud pengendalian biaya dan pengendalian operasional apa? dan contoh nya bagaimana? besok senin saya akan presentasi mengenai logistik.thx

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Biaya adalah semua pengeluaran untuk operasional gudang, sifatnya bisa variabel (seperti perlengkapan, listrik, dll) dan Fixed (penyusutan alat, dll). Operasional tentunya kegiatan gudang itu sendiri, aktifitas penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran.
      Identifikasi komponen biaya dan komponen operasional, pastikan setiap komponen berjalan sebagaimana mestinya.
      Untuk biaya diefisienkan tanpa melupakan ekeftivitas, untuk operasional pastikan semua berjalan sesuai alur kerja, thx

      Suka

      Balas
  14. neo

    ass
    mas saya br di tempatkan digudang bisa memberikan sofware untuk pendataan barang gudang melihat semakin banyaknya dan beragamnya barang yang ada di gudang saya,sehingga saya begitu kesulitan untuk mengetahui apakah saya memiliki barang A atau belum disamping saya mengurangi pembelian barang yg sama karena pengarsipan dari barang yg ada ,yg belum rapi.perlu diketahui selama ini ,saya masih menggunakan metode manual untuk melihat Qty ,spesifikasi barang ,alur kebutuhan barang itu digunakan dll.
    dan bskah memberikan referensi tata gudang seperti apakah yg cock untuk gudang saya dimana barang yg ada semuanya berhungan dengan refrigerasi dan petunjuk untuk pengelompokan barang antara barang consumeble ataupun jenis yang lain .

    mohon petunjuk di email ya mas

    Suka

    Balas
  15. Yuda Prasetya Utama

    Ass
    saya saat ini bekerja disalah satu perusahaan manufaktur obat-obatan kimia sebagai kepala administasi di pabrik. yang mana kepala gudang masih berada dalam kontrol saya, yang ingin saya tanyakan saat ini di gudang pabrik ditempat saya bekerja masih sering terjadi selisih antara fisik, kartu stock, dan program software, terus terang saya sangat kewalahan untuk mengontrol agar selisih tidak terjadi lagi. ini disebabkan karena barang – barang digudang yang terlalu banyak. dari barang jadi sampai dengan bahan baku dan bahan penolong.
    Mohon masukannya ya pak!!!!!

    Balas

    Suka

    Balas
  16. azismaulana

    Saya sangat berterima kasih sekali kepada Bapak yang menerangkan SISTIM MANAJEMEN GUDANG . Saya minta kepada Bapak untuk menerangkan lebih terperinci lagi sistim manajemen gudang atau kirimkan lewat e mail saya pak . terima kasih banyak.

    Suka

    Balas
      1. Reinhard

        Pak, Apakah saya juga boleh dapat info mengenai cara pengatuaran / sistem operasional kerja dalam gudang sehingga produktivitas meningkat baik itu dari sisi Stock accuracy maupun kinerja.karena saat ini pada posisi WH Spv saya diperhadapkan untuk mengatur supaya kondisi operational meningkat dan 100% accuracy stock barang..
        Terima kasih sebelumnya

        Stock accuracy = data fisik vs data sistem, biasanya data sistem sulit dipegang karena berbagai mis persepsi. kalau data sistem sudah bisa dipegang, maka sisi operasional yang diperbaiki (pencatatan keluar masuk, double check, kendali administrasi, mekanisme stock take). Sistem operasional gudang bisa membaca-baca buku lean sigma karya vincent gazpers kemudian create sistem sesuai karakteristik warehouse. Saya baru berada di 2 perusahaan yang memiliki Distribution Center, sistemnya sudah sedikit berbeda..

        Disukai oleh 1 orang

  17. Alie

    Dear Mr,

    Salut dengan sistemnya,
    Tolong referensinya untuk buku2 ttg warehouse management, bisa dikirim ke email sy tdk? kebetulan sedang perlu nih…

    Suka

    Balas
  18. Dwinanto

    Salam kenal pak,
    sekarang saya bekerja di salah satu perusahaan racking & storage system sebagai designer for marketng. Bisa kasih tahu nggak atau madul cara belajar warehouse management yang baik. yah semuanya dech pak makasih

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Salam Pak Dwi, caranya 10% belajar teori, 90% belajar sama yang praktek. 10% Teori bisa dari Internet dan textbook. 90% praktek ini yang susah, harus tahu langsung dari lapangan, ornag-orang yang praktek, atau bisa juga via internet dari video youtube, dll. Yang pasti yang 90% ini kadang gak singkron sama teori loh..

      Suka

      Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Tata gudang baik, bisa dipelajari pada Tata Letak Pabrik ataupun Perencanaan Pabrik. Mirip konsep nya, bisa layoutnya berdasarkan pekerjaan (Terima, simpan, kirim), berdasarkan bahan (baku, setengah jadi, jadi),dll…
      Kalau menurut saya yang baik tergantung batasan dana atau ruangan yang dimiliki sekarang, tinggal di pas-pas kan saja. Kecuali kalau masih blueprint (tanah dan bangunan belum ada) baru bisa dikonsep seideal mungkin, alur kerja (Peta aliran kerja), luasan manusia mesin (Ergonomi), Vehicle Management, dll

      Suka

      Balas
  19. Ping balik: Sistem Operasional Gudang « Romailprincipe Menulis

  20. Sutrisno

    Saya ingin validasi guang ditempat kantor saya bekerja, boleh minta tolong untuk mengirimkan persyaratan gudang produk jadi berdasarkan persyarata ISO 9001; ISO 22000; ISO 14000; dan OHSAS 18001 ?
    Terima kasih sebelumnya

    Suka

    Balas
  21. Gusti

    Salam sejahtera Pak,
    Saya mohon saran Pak, diperusahaan tempat saya bekerja bergerak dibidang Logistik. Setiap bulannya ada penilaian KPI, didalam KPI tersebut terdapat kolom improvement yang tiap bualannya harus diisi dengan improvement-improvement yang baru. Ini yang membuat saya bingung, selain harus melakukan Reduce Cos.

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Key Performance Index, saya sama sekali jarang baca textbook tentang ini..Coba kira-kira KPI untuk logistik saya reply by email..
      untuk pengunjung yang ingin memberi respon boleh loh..

      Suka

      Balas
  22. ratna visuda

    Minta tolong bisa di share jk ada tulisan mengenai pergudangan buku, dlm hal ini sy mengendalikan sebuah gudang penerbitan dan sangat susah sekali pengendaliannya dgn tingkat aktivitas yg begitu tinggi karena sistem penjualannya secara konsinyasi yg setiap saat barang bisa keluar masuk tanpa terkendali. thnx be 4

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Pentingnya mengatur seluruh kebutuhan secara tepat, dan efisien. Tepat jumlah dan kualitas serta tepat waktu. Efisien artinya tidak mengakibatkan pemborosan sumber daya yang ga perlu. Terus apa lagi ya entingnya? Untuk kegiatan usaha kali ya..

      Suka

      Balas
  23. ainul

    Bs minta contoh makalah tentang manajemen warehouse, manajemen distribusi, manajemen office, leadership dan customer service.. Plissss… Buat Skripsi nich… kirim ke email y… Thanks b4.

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      ainul, makalah warehouse dan distribusi dan office ndak ada. hehe, banyak yang hanya saya pelajari dari lapangan
      KAlau Leadership dan customer service banyak kok di internet. customer service mungkin semacam lean sigma bisa kali?

      Suka

      Balas
  24. abdoel

    Pak bisa kirimin ke email saya ga tentang dasar managemen gudang, sistem control fifo dan yang berkaitan dengannya?

    Saya ucapkan banyak terimakasih atas bantuannya.

    Abdoel Rochim
    Banten

    Suka

    Balas
  25. nindaku

    ck ck ck… ari.. TIP sejati nih… klo aku mah TIP palsu…
    aku seperti mengkhianati TIP..
    jauh bgt dari ilmunya.
    yg kerja di bank mungkin masih kepake ilmu manajemennya. tapi aku? cuma kepake inggrisnya sanata dharma. hahahhaha… tau gitu mending ambil sastra inggris n ilmu matematika.. hahahhaha

    sukses ya…. im proud of you 😀

    Suka

    Balas
  26. dafit

    Om, mau tanya nih

    saya baru saja menggeluti bidang logistik (gudang, transportasi/delivery dll)
    tapi, belum2 saya sudah dihadapkan oleh masalah tentang SOP (standard operating procedure)

    a. Penerimaan, penyimpanan & pengeluaran barang
    b. Stock Opname
    c. pengiriman
    d. transfer barang dari gudang yang 1 ke gudang yg lainnya
    e. maintain truk (solar, km, kebersihan dll)

    Nah, yg mau saya tanyakan adalah si om punya tidak contoh SOP dari point diatas?
    kalo punya, mohon berkenan untuk berbagi (melalui email saja)

    Demikian, terima kasih

    Suka

    Balas
    1. Hendra Setiawan

      Coba saya kasih contoh masukan dari SOP sederhana yang pernah saya buat berdasarkan pertanyaan sodara Dafit:

      SOP PENERIMAAN

      Penerimaan Barang
      Sebutkan definisi dari Penerimaan Barang

      1. Tujuan
      Sebutkan tujuan dari pelaksanaan Penerimaan Barang

      2. Tugas dan Tanggungjawab
      Sebutkan siapa saja yang bertugas mengurusi penerimaan barang dan menjadi
      tanggungjawab siapa.

      3. Referensi
      Sebutkan referensi yang terkait dengan proses penerimaan barang seperti regulasi
      pemerintah, ISO, or UU. K3 RI.

      4. Instruksi/Prosedur Kerja
      Sebutkan dan jelaskan secara detail oriented proses penerimaan barang

      5. Revisi
      Revisi SOP bila terjadi perbaikan atau perubahan dan diberi penomoran revisinya.

      Sebaiknya aja membentuk tim khusus SOP. Anda bisa menggunakan contoh di atas untuk pembuatan SOP.

      Semoga bermanfaat.

      good comment, nampaknya anda praktisi neh. boleh dong sumbang tulisan

      Suka

      Balas
  27. wahyu freezhy

    maz saya mau artikelnya mz yang lengkap tentang sytem operasional gudang serta manajemen gudang,terima kasih sebelumnya

    best regard

    wahyu

    Suka

    Balas
  28. akbar

    Pak sy kan bag gudang disebuah resto. Nah sy mu tanya nih sistem management gudan yg paling baik untuk resto ini gmn ? Klo boleh minta s.o.p nya d email yah. Trus cara stok opname yg simple tp tepat gmn caranya? Makasih

    Suka

    Balas
  29. Ping balik: Sistem Manajemen Gudang « Romailprincipe Menulis

  30. teguh

    pak,saya bekerja di perusahaan retail (toserba) dimana perusahaan tersebut baru berdiri 9 bulan dimana pengelolaan anagementnya masih belum optimal,kebetulan saya disini di beri kepercayaan untuk mengelola gudang dengan luas 7×16 m2,kami mohon informasi mengenai management gudang yang baik meliputi :a)penerimaan dan penanganan,b)penyimpanan,c)pengeluaran,d)pengendalian&pengontrolan,e)perawatan..konsep2 gudang yang baik..trim’s

    Suka

    Balas
  31. zimam

    bisa minta info2 tentang sistem informasi gudang ga coz lg nyusun skipsi nie mohon bantuan dan pencerahannya

    MAkasih Sebelumnnya

    Suka

    Balas
  32. jemer67

    saya ingin membuat kpy pada level operasional pada karyawan gudang. yg mo ditanyakan. tolong beri masukan apa saja yg menjadi point2 ukurannya utk kpi distribusi dan kpi pra persiapan barang…okey kasih masukan ya.

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      Key Performance index mungkin adalah rupiah barang yang dihandle, rasio produktifitas (hasil yang dicapai), biaya lembur, ketepatan bekerja. Tergantung jenis barang yang ditangani juga. Salam..

      Suka

      Balas
  33. jemer67

    bagi siapa yg punya modul mengenai manejemen gudang dan menentukan kpi gudang tolong berbagi informasi yaaaaa…ke email ku

    Suka

    Balas
  34. danny

    Bisa diberikan info lengkap cara mengatur gudang yang baik, alur kerja gudang (management gudang) untuk sebuah gudang industri makanan, mohon bantuannya buat membantu saya dalam menciptakan iklim baru di gudang. Terima Kasih

    Alur kerja bisa diatur sesuai karakteristik kerja, tetapi diusahakan satu alur tanpa ada backtrack..mungkin mas lebih memerlukan sistemnya.

    Suka

    Balas
    1. danny

      Saya pernah baca sistem 5S untuk sistem gudang jadi, boleh minta contoh penerapan masing – masing tahapan 5S tersebut dalam sistem gudang jadi. Kalau boleh email ke alamat saya. Makasih

      saya coba reply hasil googling saya ya 🙂

      Suka

      Balas
  35. andi setiadi

    saya andi dari pt.dian dunia sejahtera,,,,bisa minta info lengkap tentang gudang, syarat gudang ideal untuk produk obat2an,…untuk materi presentasi tentang gudang di perusahaan saya

    Suka

    Balas
  36. Merry kristianingrum

    Dear Pak Romail….Terima kasih buat tulisan2nya.saat ini saya sedang belajar untuk menjd seorg kepala gudang di perusahaan saya.Saya hrs menyusun sebuah improvement utk gdg salah satu cbg kami.saya agak bingung mencari solusinya.tapi saya mencari di bing, saya dapati tulisan bapak. terima kasih sudah membantu saya.

    ah..biasa bener tulisan saya ini…kalo mau anda sebagai kepala gudang boleh loh share tulisan di sini. Belajar dan berbagi

    Suka

    Balas
  37. harry paat

    mo tanya pak,klau gudang yang meghandle import dan exportnya ada sistemnya pak? bisa sy dapat pak?

    mas harry, tidak punya pengalaman disana…rasanya mirip saja, hanya periode datang barang dan keluar nya lebih “unik”…untuk yang pengunjung, ada yang bisa bantu??

    Suka

    Balas
  38. lutfiana

    Assalamu’alaikum
    saya sedang mencari info ttg sistem gudang yang baik ( retail n cafe )..
    sebenarnya perusahaannya berbentuk koperasi sudah memakai software,tapi ternyata ada banyak kesalahan error pda sistemnya..
    jadi untuk sementara butuh sistem yang bisa membackup…
    tolong minta bantuannya untuk alur sampai ke teknis nya gudang yang baik..
    terus prosentase wajar barang hilang dalam gudang itu berapa?
    saya mahasiswa yg juga kebetulan diberi amanah di sebuah koperasi

    terima kasih

    Barang hilang itu ideal nya nol 🙂 hehe…Beda kebijakan juga sih, ada yang menentukan prosentase tertentu dari sales. Tergantung karakteristik bisnis / usaha. Alur s/d teknis gudang yang baik? Sepertinya perlu tahu lebih detail lagi isi nya koperasi anda. Coba saya email

    Suka

    Balas
  39. anto

    manajemen gudangnya pake SCM ” sistem chain manajemen” ga?

    soalna bwt ngelengkapin skripsi saya

    sepertinya saya ingin tahu lebih banyak tentang manajemen gudang, mohon di krm lewat email, terima kasih

    mungkin yang dimaksud SCM = supply chain management? bisa lihat di ulasan lain di blog ini. boleh-boleh saja ingin tahu lebih banyak, saya coba kontak email nya ya…

    Suka

    Balas
    1. royke

      Pak Romailprincipe, numpang comment yah..

      Menurut saya, kompleksitas pengelolaan gudang dapat dilihat dari jumlah dan jenis item yang disimpan. Semakin beragam item yang disimpan maka pengelolaanya akan semakin kompleks karena bisa jadi tiap item memerlukan perlakuan (handling) yang berbeda.

      Suka

      Balas
  40. Tatang

    pak, mohon bantuan nya bila ada untuk contoh laporan gudang(semacam summary weekly) yang biasanya dibuat oleh kepala gudang, berikut contoh SOP gudang yang dasar, terima kasih email saja ke
    email saya : t_kustandi@yahoo.com
    terima kasih atas bantuannya, saya sangat membutuhkannya.

    Suka

    Balas
  41. hery

    salam kenal pak…
    kebetulan saya baru di tugaskan untuk mengatur gudang di perush kami, perush kami bergerak di bidang kontraktor, dimana di gudang kami banyak material, alat2 kerja, oleh karena itu…saya mohon arahan dari bapak bagaimana cara mengaturnya….menggunakan sistem yang bagaimana..karena jujur aja saya masih awam…..untuk urusan pergudangan….kiranya bapak mau meberikan saran dan berbagi ilmunya..saya ucapkan terima kasih sebelumnya ( mohon di emailin ke alamat email saya ya pak…) terimakasih

    Email sudah saya kirim, terima kasih

    Suka

    Balas
  42. selvy

    Minta tolong dijelaskan perbedaan antara kepala gudang dgn supervisor gudang? Contoh SOP nya jg? Untuk gudang bahan2 kimia.. Terima kasih..

    Bedanya yah?bingung juga nih, simple nya mungkin sebutan saja. Contoh SOP untuk gudang bahan kimia saya tidak memiliki nya, namun pada dasarnya semua SOP bisa dibuat sesuai karakteristik perusahaan masing-masing..

    Suka

    Balas
    1. dhandhi irawan

      bgeni pak….saya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang frezh cool yaitu distributor unilever es cream wall’s kebetulan bekerja di gudang…..poerasional uda jalan smanya…tapi ada kendala interen….kelemahan saya tidak punya data untuk kryawan gudang sendiri…bagaimna contohnya kalo saya mw buat cek list kontrol kerja karyawan gudang……tlong infonya…email dhandhiirawan@gmail.com

      Jika ingin dibantu details please email ke romailprincipe2012@gmail.com

      Suka

      Balas
  43. agustin

    Tolong minta bantuannya, saya baru bekerja sbg staff WMS di perusahaan Farmasi. Tolong jelaskan ttg alur kerja WMS dengan sistem oracle…
    bisa kirim ke Email saya.

    Suka

    Balas
  44. suryo

    siang,, mau tanya mas,, saat ini gudang di perusahaan tempat saya bekerja masih memakai sistem kartu stok,, bila akan dirubah dgn memakai barcode kira2 apa saja yg menjadi keuntungan. apa kelemahan dan kelebihan kartu stok dan barcode, thx atas jawabannya.. ke email jg boleh,,

    saya sebenarnya kurang paham maksud pak suryo, mungkin sistem pencatatan kartu stock nya manual dan akan di ganti dengan pencatatan kartu stock dengan barcode? Kelebihan kartu stock : pencatatan keluar masuk jelas dan detail, akuntabilitas jika ada audit, Barcode : cepat, meminimalisir kesalahan. Kelemahan barcode : belum semua supplier pakai barcode, alat pembaca harus terus ada / minimal ada sistem input angka untuk menghindari kasus barcode tidak terbaca, instal sistem lumayan mahal. itu saja setahu saya 🙂

    Suka

    Balas
  45. feliana

    Saya minta dibantu gambaran utk membuat presentasi sebagai kepala gudang gimana?Mohon diemail. Thx

    maksudnya presentasi?ok, saya coba email 🙂

    Suka

    Balas
  46. mei

    kebetulan saya baru di tugaskan untuk mengatur gudang di perush kami, perush kami bergerak di bidang jasa ac mobil, dimana di gudang kami banyak material, alat2 kerja, oleh karena itu…saya mohon arahan dari bapak bagaimana cara mengaturnya….menggunakan sistem yang bagaimana..karena jujur aja saya masih awam…..untuk urusan pergudangan….kiranya bapak mau meberikan saran dan berbagi ilmunya..saya ucapkan terima kasih sebelumnya ( mohon di emailin ke alamat email saya ya pak…) terimakasihsalam kenal..sya

    saya reply via email ya…

    Suka

    Balas
  47. hadi

    mohon bantuannya tata cara manajemen gudang yg baik. mulai dr masuk dan keluarnya barang. soalnya saya tdk paham betul. mohon bantuan ya pak, thank sebelumnya. di email aja ya pak.

    Saya balas di email 😀

    Suka

    Balas
  48. Min

    Tolong beri saya info tentang gudang penyimpanan yang baik untuk susu kemasan…
    Buat tugas kuliah saya….
    Plisss…

    Sangat tergantung dari karakteristik barang, operasional, volume, dll …. saya coba reply / share via email

    Suka

    Balas
  49. Edy

    Pak, mohon bantuan nya bila ada untuk contoh laporan gudang(semacam summary weekly dan Summary Montly) yang biasanya dibuat oleh kepala gudang, berikut contoh SOP (standard operating procedure) gudang yang dasar, dan saya penginginkan Suatu SOP yg merubah kekurangan yg selama ini berjalan dilogistik..
    SOP (standard operating procedure)
    a. Penerimaan, penyimpanan & pengeluaran barang
    b. Stock Opname
    c. pengiriman
    d. transfer barang dari gudang yang 1 ke gudang yg lainnya
    e. maintain truk (solar, km, kebersihan dll)
    Dan yg ingin saya tanyakan apakah anda punya contoh SOP dari point diatas?
    dan
    Bagaimana agar suatu warehouse/gudang bisa lebih bergairah (lebih cantik sistemnya, lebih akurat pendataannya, SOPnya lebih update,ada pembaharuannya dalam penanganannya?

    kalo punya, mohon berkenan untuk berbagi (melalui email saja)
    eddybppn@yahoo.com

    Demikian, terima kasih

    Dear Pak Eddy, saya reply via email ya

    Suka

    Balas
    1. Donny Haryadi

      Selamat sore Pak, saya bekerja di perusahaan Farmasi mohon kiranya untuk dapat dikirimkan kriteria seperti yang diminta oleh Pak Eddy.

      Saya reply via email, silahkan detailkan request anda di email ya pak 🙂

      Suka

      Balas
    2. Anonim

      saya juga sedang mengalami problem spt pak edy, situasi gudang yang monoton dan tdk adanya suasana yg berbeda, bgmn cara agar suatu warehouse/gudang bisa lebih bergairah (lebih cantik sistemnya, lebih akurat pendataannya, SOPnya lebih update,ada pembaharuannya dalam penanganannya, mohon di share juga di email saya Pak (alamat email, anyes.yuni@gmail.com)

      Suka

      Balas
  50. robby

    Bentuk Laporan apa saja yang perlu dan penting disajikan kepada Pembuat Keputusan, Dan bagaimana sistem’a. Mohon Pencerahan”a

    Laporan dari gudang? Perputaran stock dalam rupiah, dalam karton, persediaan/sales (inventory days), produktivitas per tenaga kerja, truck utilization, ratio bensin, biaya/omzet, dll

    Suka

    Balas
  51. dewi

    mohon bantuannya pak,toko saya mau diubah menjadi minimarket dari yg sblmnya toko tradisional.saya ditugaskan menjadi bgn gudang apa saja yg perlu di ketahui ttg pergudangan?karena msh awam bs tlg jelaskan yg simpel aja?barang2 retur apa jd tgg jwbnya gudang?trims seblmnya

    Proses administratif dan kebutuhan operasional
    Retur yang status nya bisa retur ke supplier (potong tagihan)

    Suka

    Balas
  52. olia

    nice article.
    bagi2 ilmu donk mas.
    ini kemaren abis KP n niat ambil tema tataletak gudang material (kemasan). kalau mau relayout tata letak gudang kemasan berdasarkan suplier data yg dibutuhkan kira2 apa aja ya?
    peramalan kemasa berdasarkan suplier perlu ngga mas kira2? bisa jd dasar penghitungan kebutuhan ruang nggak ya?
    binguung. dikerjar deadline 😦

    thanks anyway 🙂

    Data movement/sales product, volume, panjang, lebar, tinggi, frekuensi kiriman, kode supplier kira-kira itu yang dibutuhkan. Kalau perencanaan luas dibutuhkan projeksi bisnis mendatang. begitu kira-kira…

    Suka

    Balas
  53. ida

    sore…
    bisa minta info lengkap tentang gudang dan syarat gudang ideal untuk bahan baku (raw material) dan produk jadi (finish good) untuk produk makanan ternak?
    pliss buat laporan saya…tks a lot 🙂
    (tolong kirim ke email saya ya)

    Ok laksanakan!!!

    Suka

    Balas
  54. ika

    mohon saran dong pak..

    saya sedang akan skripsi dan dapat tempat penelitian d salah satu perusahaan susu..rencananya mau ambil tema ttg wms..
    kemaren sempat tanya2 tentang masalah warehouse dsana..
    kebetulan d perusahaan tersebut menggunakan software SAP..
    masalah yg dhadapi dsna yaitu antara data di SAP dan kondisi yg sebenarnya tidak sesuai..
    apa yg harus saya teliti pertama kali y..
    saya bingung..
    mohon pencerahannya..
    terima kasih 🙂

    SAP –> Setan Aje Pu*ing ??? ya memang banyak yang bilang spt itu, saya sarankan jangan skripsi di sana 😀

    Suka

    Balas
  55. beepha

    pak, boleh minta info ga mengenai sistem pergudangan pada perusahaan jasa pergudangan (bentuk 3PL), setau saya pasti berbeda dengan perusahaan manufaktur yang memiiki safety stock dll.
    Mohon pencerahannya, trims..

    sepemahaman saya logistik 3PL tetap punya safety stock yang bergantung pada service level supplier .. semakin rendah service level, makan inventory tinggi dan sebaliknya .. di perusahaan saya (peritel) sebelumnya inventory days bisa mencapai 10-11 hari, kalau sekarang (3PL) bisa sampai 7-9 hari .. demikian

    Suka

    Balas
  56. aryati

    punya contoh laporan mengenai logistik di perusahaan jasa kiriman barang gak????
    kalo ada minta kirimin dung.
    yang lebih lengkapnya..

    makasihhh..
    kirim ke email aku yah (arya_kyoukun@yahoo.co.id)

    Suka

    Balas
  57. INDRA IRAWAN

    Maaf mas, saya karyawan baru di bidang pergudangan, tepatnya Ka.seksi Gudang PT. Semen Baturaja Sumatera Selatan, saya mohon untuk diemailkan ilmu manajemen pergudangan dan literatur tentang gudang Industri semen…
    Terima kasih pak..

    Suka

    Balas
  58. asen

    pak, saya minta tolong bagaimana cara mengatur sistem gudang agar meminimalisir selisih barang,

    Stock take daily atau seitensif mungkin .. sinkronisasi jam operasional dengan stock komputer

    Suka

    Balas
  59. Fella Vaniaghua

    mas tlg bantu sy ngerjain tugas sy…yaitu tentang prodct handling and control di gudang finish good…gmn c pak handling gudang yang baik..mulai dari penerimaan dan pengeluaran sementara gudang nya kapasitasnya terbatas sekali…udah gt penyusunanya dengan cara di stacking….makasihh

    Saya Coba ke Email yaaa …

    Suka

    Balas
  60. Fella Vaniaghua

    makasih mas saranya…
    sy mu nanya mas literature nya apa aja y mas ttg handling di gudang…
    terutama untuk kapasitas gudang yang terbatas…makasih mas

    Suka

    Balas
  61. ryan hidayat

    mau bertanya ni tolong di bantu yah..saya mem punyai tugas untuk membuat layout gudang, bagai mana ya cara mem buat’a???
    dan saya mendapat tugas jg membuat panyimpanan barang yang efisien dengan system FIFO tolong yah gimana solusi’a..segera urgent..blz ke email saya ja yah..makasih…:)

    Ok

    Suka

    Balas
  62. rena

    Selamat malam, mas. Saya mahasiswi yang sedang menyusun skripsi. Bolehkah saya meminta daftar pustaka dari tulisan di atas? karena teori tersebut sesuai dengan penelitian saya yang membahas prosedur pengelolaan persediaan pada gudang.. kalau anda berkenan, bolehkah saya meminta referensi yang lain mengenai hal tersebut? terimakasih.. mohon dibalas..

    Suka

    Balas
  63. andy

    Salam kenal pak,

    Mohon dicerahkan, apa saja yang perlu dinilai dari petugas gudang ? Dan bagaimanakah form2 nya ?

    Terimakasih

    Form untuk apa kah?

    Suka

    Balas
  64. badrujaman

    saya baru bekerja di bidang pergudangan, saya mohon untuk diemailkan ilmu manajemen pergudangan dan literatur tentang gudang produk alat2 bayi …
    Terima kasih

    Silahkan email saya topik apa yang diinginkan, saya coba tuliskan / cari bahannya

    Suka

    Balas
  65. Ping balik: Sistem Manajemen Persediaan Gudang « Romailprincipe Menulis

  66. sambiloto

    bagus mas artikelnya, bisa dishare ilmu tentang wms (warehouse management system) dengan ERP (enterprise resources planning), apa keuntungan dari keduanya.

    Terima kasih

    Kalau WMS sepertinya bagian ERP .. bener?

    Suka

    Balas
  67. SUHERMAN WIJAYA

    SALAM SEJAHTERA…..
    SAYA ORANG PEMULA DI PERGUDANGAN….
    GUDANG SAYA GUDANG BAHAN BAKU PEWARNA(PIGMENT DAN RESIN )
    DAN DI DALAM GUDANG ADA BAGIAN OPERATOR PENIMBANGAN..SANGAT JELAS HAL TERSEBUT MEMBUAT GUDANG SULIT DI KENDALIKAN.
    APALAGI PERGERAKAN PRODUKSI YANG CEPAT SHINGGA MEMBUAT OPERATOR PENIMBANGAN SEMAKIN CEPAT DALAM PENGAMBILAN BAHAN BAKU KELUAR BAHAN BAKU YANG SANGAT CEPAT MEMBUAT SAYA MENJADI KEWALAHAN…
    PLEANING SAYA ….
    1.MEMINIMALIS BAHAN BAKU YANG LOSS…
    2.STOK 98% UPDATE.
    3.RAPIH DAN PENYUSUNAN DGN CARA FIFO.
    4.ADMINISTRASI TERTIB.
    DALAM HAL INI SAYA PENGIN PLEANING SAYA BISA TEREALISASI
    MOHON BANTUANNYA YA ….

    masalahnya nyaris sama dengan pergudangan lain, saya reply email ya ..

    Suka

    Balas
  68. Fieley

    saya ingin tanya donk. saya mau melakukan improvement di gudang pabrik. kondisi pabrik itu over kapasitas. menjelang peak season dari bulan juni, permintaan terhadap produk sangat tinggi dan tidak menentu. gudang yang sekarang tidak sanggup memenuhi kapasitas produksi yang ada. hal ini menyebabkan material handling yaitu forklift membutuhkan waktu yang sangat lama untuk stuffing. memang sih perusahaan sudah mulai merencanakan perluasan gudang. namun masih dalam perencanaan. jadi saya berpikir, sambil menunggu terealisasinya perluasan gudang tersebut, tidak ada salahnya mengoptimalkan gudang yang sekarang.

    produksi selalu berjalan walaupun barang di gudang masih banyak yg belum keluar. ini membuat pihak gudang kewalahan menyusun barang. apalagi per deret nya disusun berdasarkan jenis barang dan sistem stuffing berupa sistem FIFO. boleh saya minta saran dan referensi yang mendukung? terimakasih.

    Saya reply via email, semoga memuaskan … bisa juga mendapatkan e-book tentang logistik .. terima kasih

    Suka

    Balas
  69. Dimas

    saya Dimas, seorang mahasiswa jurusan Logistik Bisnis,, mau bertanya,, jika di dalam pergudangan terdapat barang yang rusak atauhilang, bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah ini,? andaikan barang ini harus dikirim secepatnya.Tolong balas via E-Mail dimaz.aditya05@gmail.com

    Terima kasih

    Already sent email to reply your question ya

    Suka

    Balas
  70. Nto Silalahi

    saya bekerja diperusahaan yang ada gudang sementara dan gudang induk yang terpeisah,
    bagaimana cara me manejerial/ control hubungan gudang penitipan dan gudang central, dalam pemindahan menggunakan jasa expedisi pihak k 3

    gudang penitipan dianggap lokasi yang punya stock sendiri terpisah dari gudang central. Jadi setiap barang di gudang central menipis, segera transfer stock secara data dan fisik dari gudang penitipan. Begitu sedikit yang pernah saya alami, Thanks

    Suka

    Balas
  71. PUNGKI ANDRI WIYANTO

    bagaimana cara cpt untuk menghitung barang di gudang (stock ip name)

    Stock Opname lazimnya dilakukan cukup memakan waktu, cara mempercepatnya adalah dengan penataan barang yang baik, sehingga perhitungan barang bisa dilakukan dengan akurat. Bisa juga dikombinasikan dengan cycle count harian. Sesuai teori 80-20, maka lebih baik fokus pada 20% hal yang berdampak pada 80% performance bukan?

    Suka

    Balas
  72. Hdaianto Dwi

    boz kalo ada saya minta contoh SOP untuk gudang produksi donk.saya pengen tahu lebih soal manajemen dan prosedure operasional gudang yg baik.soalnya di tempat saya tdk ada kepala gudangnya.sementara barangnya sendiri ada sekitar 500 item.Perusahaan saya bergerak dibidang usaha pengolahan kertas dengan berbagai devisi.devisi percetakan,pembuatan amplop,pembuatan continuous form.
    tolong kirim ke email saya : dwi_hadianto@yahoo.com
    thx sebelumnya.

    Ok, saya email ya ..

    Suka

    Balas
  73. dedeh suherman

    Tanya dunk pak..

    mengenai tata letak penyimpanan supaya FIFO bisa berjalan, sedangkan kapasitas gudang sudah max.
    bagaimana systen FIFO di area yang kapasitasnya terbatas..

    kedua, Apakah ada alat untuk mengukur volume, sehingga jjika kita stock take, kita kita mencatat dengan akurat..

    makasih

    Saya reply ke email sama pertanyaan anda yang lain .. thanks

    Suka

    Balas
  74. asta

    Terimakasih pak artikelnya..saya mengelola gudang dengan ribuan item barang yang terdiri dari berbagai macam jenis baik ukuran,jumlah maupun kemasan.
    Bagaimana mengelola gudang dengan baik? agar tidak terjadi selisih barang sementara FIFO sudah diterapkan hanya layout yangbelum mendukung
    Mohon dapat di email ke astahartana@yahoo.co.id

    Terimakasih…

    Baiklah, saya reply ke email ya beserta beberapa pertanyaan teman lain .. thanks

    Suka

    Balas
  75. Artyeen Dolliee

    SOP gudang telah kami jalankan,,,kenapa masih terjadi Parts parts Short /damage,,,???? dimanakah yang salah ??? apa SDM nya yang perlu diganti

    Mas Artyeen, Jika SOP sudah baik dan memang bisa diaplikasikan, kemungkinan sisi Man Power nya. Bisa dari kualitas maupun kuantitas, pastikan keduanya mumpuni mulaid ari level teratas, Salam

    Suka

    Balas
  76. Diansyah

    Mau tanya! Apa sih yg perlu diperhatikan dalam prosedur alur pengolahan Gudang n Logistik menurut Sistem Manajemen Gudang Standart FIFO ato LIFO. klo boleh sekalian bsa kirimin artikelx yaa…..!Reply ke Email aj. thanks atas bantuanx n Sukses Barokah Slalu bt romailprincipe.

    Okay bung!!! 😀

    Suka

    Balas
  77. hengky

    omm. saya minta tukar pikiran dong tentang Sistem Manajemen Gudang untuk restaurant, club, bar. dengan kondisi yang saat ini amburadul, mulai dari SDM serta Area Gudang tersebut. mohon bantuannya via email yah omm, thanks.

    Suka

    Balas
  78. leo

    Salam hangat boss
    stelah membaca situs ini sungguh jagi menamba wawasan bagi saya sbagai pemula di warehouse yang sebelumnya aku sbagai operasional exim dipelabuhan Tg.priok dan aku mau nanya ni bos romail giman sih cara : minimalis barang loss, stok terupdate semasimal dan penyusunan sesuai dengan FIFO dan sekalian format FIFO ,dmana yg skarng ini ditrapkan disini masih manual tolong dong bantuannya boleh di email : leofns87@yahoo.co.id
    trmksh sebelumnnya dan sesudannya

    Suka

    Balas
  79. mira

    pak,saya tertarik bgt dg tulisan anda. saya bekerja di sebuah instansi pemerintah, tepatnya di pengelolaan benih. dikarenakan kebutuhan benih seluruh indonesia ber ton2, kami sedang kewalahan dengan benih yang begitu banyaknya. sehingga membuat manajement gudangnya perlu di perbaiki lagi. kalo boleh share…saya boleh tau referensi buku untuk pergudangan apa ya pak?? ada juga penggunaan database untuk gudang. bagaimana ya pak untuk solusi mengklopkan data di gudang dengan yang ada di database. terimakasih.

    Kita email-email an ya 🙂

    Suka

    Balas
  80. Dessy

    Pak, saya ditugasi membenahi gudang. Saya bekerja di perusahaan roti. Yang mana SDM orang lama yang susah untuk diajak untuk perbaikan/ perubahan. Ideal mana, kartu stok dipegang orang gudang ( lapangan ) atau administrasi gudang ? Terima kasih sebelumnya. Bisa kirim balasan lewat email.

    Okay 😀

    Suka

    Balas
  81. DWI

    Artikelnya bagus, boleh berbagi ilmunya…
    saya baru 5 bulan di bagian gudang (background pendidikan dan pengalaman kerja jauh berbeda)
    saya mengalami kandala stock yang tidak akurat sama sekali antara stock fisik dan stock komputer; penempatan item yang tidak seragam…baru order racking; masih banyak kendalanya padahala perusahannya terbilang besar.

    apakah ada solusi untuk bisa menyamakan stock fisik dan stock komputer…kartu stock sudah berjalan tapi masih miss terus…

    mohon bantuan pencerahaanya – email rims

    Baiklah, saya email ya .. hehe

    Suka

    Balas
  82. Syahrul

    Tolong dong kirimkan artikel tentang management gudang, sekalian kalau ada SOP dan software nya. Thank’s

    Saya reply email ya, untuk tahu detailnya.. thanks

    Suka

    Balas
  83. Hardito Danikurniawan

    Pak, saya bekerja di sebuah perusahaan yang menangani pembangkit listrik dan saya mendapat tuga sebagai spv. inventory gudang spare part. Mohon bisa disampaikan referensi-referensi atau panduan tentang inventori manajemen, tata kelola gudang, supply chain management, dll. Referensi-referensi dari Bapak nantinya akan saya gunakan sebagai dasar serta informasi saya dalam mengelola gudang spare part tempat saya bekerja. Terima Kasih.

    Saya reply email 🙂

    Suka

    Balas
  84. Eko purnomo

    Langkah apa yang kita ambil jika kita ditempat kan pada gudang,ternyata kita salah melakukan perhitungan?

    Jika dalam kasus selisih barang atau stock fisik tidak cocok dengan komputer Hitung ulang (Back log), “penghapusan dosa”, Jika kasus estimasi persediaan salah bisa dilakukan promo (jika over) atau dilakukan pembelian / produksi baru untuk memenuhi stock. Ada yang bisa nambahi??

    Suka

    Balas
  85. sunardi

    salam kenal mas, mo tanya nih, saat ini saya bekerja di perusahaan industri glove, jabatann saya sekarang ppic-adm bahan baku, semua berhubungan dengan bahan baku tanggung jawab saya.
    yg mau saya tanya :
    1. bisa gak ya mas saya minta dikrim sop-gudang yang baik supaya saldo awal,masuk,keluar,retur dan saldo akhir balane saat di opnem?
    2.saya sangat sulit menjalankan fifo karena bagian qc jika melakukan trial dan ternyata trialnya berhasil dengan menggunakan barang B, (Sementara barang A komposisinya sama dengan barang B)bagian qc tidak mau mencampur barang A&B menjadi satu formula, apa yg harus saya lakukan mengingat barang A cost nya sangat tinggi? tolong ya mas balas ke email saya. TQ

    Banyak tersedia di google mas, saya takutnya akan membuka rahasia perusahaan .. hehe, apakah mau dibuatkan SOP?

    Suka

    Balas
  86. Ping balik: Sistem Manajemen Gudang (WMS) « Romailprincipe Menulis

  87. aspalo

    saya ada masalah di kerjaan saya, saya bekerja di bagian kepala gudang handphone , dan saya sendiri yang tiap hari mengelola gudang , perlakuan sederhana saya membuat kartu stok , namun yang tiap hari membuiat saya bingung adalah , adanya returan yang masuk, secara singkat apa sajakah yang perlu saya bukukan dalam memenej gudang tersebut , supaya , jumlah ketersediaan fisik , denngan infutan di komputer , sesuai , masalahnya selalu miss ,

    Returan menurut saya diperlakukan sama dengan proses receiving, hanya saja lokasi penyimpanan dibedakan dengan barang yang masih baik.

    Suka

    Balas
  88. leni

    selamat siang..
    mohon bantuannya untuk dapat di email ke saya mengenai artikel dan beberapa SOP warehouse, serta apakah ada standard manajemen mutu untuk pergudangan restaurant. terima kasih
    alamat email saya lennyajjah@ymail.com
    tlong lngsung dkirim skarang yaa..cz sangat d’prlukn skali..
    trimakasih

    Saya kirim via email tapi failed terus kayaknya 🙂

    Suka

    Balas
  89. leni

    sudah saya terima, terima kasih yaa..
    kalau tidak keberatan, mohon di kirim ke email saya mengenai contoh kartu stok gudang dan pengambilan barang gudang.
    terima kasih..

    Saya coba kirim kan nanti yaaa.. Thanks sudah berkunjung

    Suka

    Balas
  90. DWI

    Salam kenal, Saya ada kendala dimana ada peralihan struktur organisasi Gudang yang sebelum di bawah PPIC beralih ke bagian Accounting.
    Kira-kira pembagian kerja mana sajakah yang memang bagian gudang itu?
    – LPB
    – Surat Jalan Customer
    – Posting Retur
    – Order Barang ke Vendor + follow up
    – Casemark
    – Packing List export

    Mohon bantuannya, masukannya, maklum baru pertamakali pegang bagian gudang trims

    Coba via email ya

    Suka

    Balas
  91. magis

    gan mau tnya . Fungsi SAP bgi suatu logistic itu buat apa ya .? Trus apa kriteria yg hrus d mliki bgi seorang user SAP ?

    Klo bisa blz k email y gan .. Trimaksih sblum.y

    Karena saya belum pernah terlibat pada perusahaan yang memakai SAP, maka saya kurang paham detailnya..hehe, tapi di google cukup banyak kok ,,

    Suka

    Balas
    1. grosir herbal sarang semut

      klo boleh urun rembuk SAP dalam logistic diperlukan sekali untuk proses update stok, yang nantiberhubungan dengan pembuatan surat jalan, invoice, faktur pajak, juga value inventory. perusahan akan dapat diketahui mendapat laba berapa dari dasar sistem di SAP. update SAP di daerah jakarta bisa diketahui hasilnya di london sana, misalnya. yang diperlukan untuk user /operator input SAP harus bisa mengoperasikan sistem yang saya sebut diatas tadi. mudah-mudaha sedikit paham. thanks

      Terima kasih mas Rafiq, komen nya memperkaya tulisan 🙂

      Suka

      Balas
  92. saofi

    Terima kasih, artikelnya bagus sekali kebetulan sesuai dengan apa yang saya cari, gini pak, saya baru di tempatkan di bagian logistik dan pembelian, boleh saya minta sop untuk logistik dan pembelian karena saya perlu belajar banyak tentang standar operasional prosedur pergudangan, tolong dikirim ke alamat email saya : kangsaofi@rocketmail.com, terima kasih banyak sebelumnya, mudahan sukses selalu.

    Sip, Sampun saya email contoh prinsip GWP, bisa susun SOP dari sana. SOP sendiri mungkin sangat customisasi bagi setiap industri, saya menyimpan beberapa SOP dan contohnya, namun sepertinya tidak cocok kalau di-share

    Suka

    Balas
  93. Heni

    saya juga mau dikirimin SOP prosedur pergudangan. ke purple_grap3@yahoo.com

    Dear Bp/Ibu, SOP nya silahkan cari yang sesuai di google, saya punya juga eks perusahaan sebelumnya dan sekarang yang belum tentu cocok, jika ada request minta dibuatkan bisa via email

    Suka

    Balas
  94. Ichsan

    Pak saya mhon bantuanya kbtulan saya ditugaskn untuk membuat SOP ttg pengembalian barang (retur) saya minta contohnya pak, dan dikirimkan via email.tq

    Dear Bp/Ibu, SOP nya silahkan cari yang sesuai di google, saya punya juga eks perusahaan sebelumnya dan sekarang yang belum tentu cocok, jika ada request minta dibuatkan bisa via email

    Suka

    Balas
  95. zahri

    waaaaaaaaaah, seperti temen-temen yg lain, saya mau juga dong informasi apaun tentang gudang, saya sangat berharap dapat emailan pengetahuan nya juga….
    trmakasih sebelum nya…

    Suka

    Balas
  96. ndoe

    terima kasih mas atas tulisanya sangat membantu, boleh gak saya minta referensi yang lebih menyeluruh mengenai beragam hal yang berkaitan dengan manajemen pergudangan, karena saya belum pernah merasakanya secara praktis dan saya berharap mas dapat mengirimkanya ke alamat surel ndhoerosely@gmail.com
    wassalam …

    Suka

    Balas
  97. dwi ida

    salam kenal …. saya kerja di sekolah bagian inventaris barang ( bagian gudang ). yang saya mau tanyakan 1. apakah dengan sistem kartu stok akan efektif mengingat banyak barang yang di input.
    2. bagaimana cara mendisiplinkan para guru dalam hal permintaan barang, karena terkadang mereka hanya ngomong saja tanpa menulis di buku order.
    3. cara praktis dalam manajemen gudang di sekolah

    balasannya kirim saja lewat email saya : dwiida@ymail.com

    terima kasih sebelumnya……..

    cukup menarik, saya reply email ya 🙂

    Suka

    Balas
  98. Sando Adha

    mas.
    bisa kasih info perihal Jobdesc Kepala Ekspedisi di suatu perusahaan distributor dan bisa menjabarkan system koordinasi dengan bawahan maupun staff lain yang sangat berkaitan erat dengan pengiriman ekspedisi tsb.
    terakhir saya minta contoh macam macam laporan yang biasa digunakan oleh seorang kepala ekspedisi.

    demikian saya sampaikan terima kasih.

    Mungkin banyak di internet, saya coba konta via email ya

    Suka

    Balas
  99. ririn

    Pak, mohon bantuan nya bila ada untuk contoh laporan gudangaya penginginkan Suatu SOP yg merubah kekurangan yg selama ini berjalan dilogistik..
    SOP (standard operating procedure)
    a. Penerimaan, penyimpanan & pengeluaran barang
    b. Stock Opname
    c. pengiriman
    d. transfer barang dari gudang yang 1 ke gudang yg lainnya
    e. maintain truk (solar, km, kebersihan dll)
    Dan yg ingin saya tanyakan apakah anda punya contoh SOP dari point diatas?
    dan
    Bagaimana agar suatu warehouse/gudang bisa lebih lebih akurat pendataannya, SOPnya lebih update,ada pembaharuannya dalam penanganannya?kalo punya, mohon berkenan untuk berbagi (melalui email saja)

    Diskusi kasus detail via email 🙂

    Suka

    Balas
  100. ririn

    Pak, mohon bantuan nya bila ada untuk contoh laporan gudangaya penginginkan Suatu SOP yg merubah kekurangan yg selama ini berjalan dilogistik..
    SOP (standard operating procedure)
    a. Penerimaan, penyimpanan & pengeluaran barang
    b. Stock Opname
    c. pengiriman
    d. transfer barang dari gudang yang 1 ke gudang yg lainnya
    e. maintain truk (solar, km, kebersihan dll)
    Dan yg ingin saya tanyakan apakah anda punya contoh SOP dari point diatas?
    dan
    Bagaimana agar suatu warehouse/gudang bisa lebih lebih akurat pendataannya, SOPnya lebih update,ada pembaharuannya dalam penanganannya?kalo punya, mohon berkenan untuk berbagi (melalui email saja)
    gisharirin@gmail.com

    Suka

    Balas
  101. daenk

    selamat pagi gan ……..
    besok saya mau interview presentasi Gudang Distributor dengan masalah :
    1.mengatasi banyaknya barang BS ( return dr toko/agen )
    2.penangganan tentang limbah barang BS cth.pop ice atau kacang atom yg BS
    sedikit info gan,perusahaan bergerak dibidang distributor makanan dan obat2an sedangkan saya adalah Spv gudang pabrik AMDK
    mohon bantuannya dunk gan jawabannya + jawabannya tuk harny juga sy diemailin ya gan ke daenk_yusuf@yahoo.co.id
    terima kasih sebelum dan sesudahnya gan^^

    Suka

    Balas
  102. Zainuddin

    Bagaimana cara mengembangkan SDM di gudang? Pelatihan apa yang cocok sehingga mereka tidak harus mengerjakan pekerjaan lapangan sampai mereka pensiun?
    Bagaimana cara menghitung kebutuhan tenaga kerja untuk sebuah gudang?
    Terima kasih jika bisa diemail….

    Suka

    Balas
  103. restilatief

    bagaimana manajemen gudang yang baik dalam hal ini saya bekerja di perusahaan cargo bagian gudang, saat kontainer masuk ke gudang saya selalu hampir bersamaan (3-4 kontainer) dan customer semua minta di dahulukan pengiriman barang nya, armada yang kami miliki baru 6 mobil engkel (Box), bagaimana pengaturan yang baik nya ya mas?

    satu lagi, karena barang yang masuk ke gudang besar2 sekali (dalam bentuk ballpress), bagaimana cara penataan ruang nya agar mudah saat proses muat nya dan proses pencarian nya..

    Saya ada beberapa usulan, coba saya reply via email ya 🙂

    Suka

    Balas
  104. Donny Hendrik

    Tugas Pokok org Gudang :
    1. Menerima Barang
    2. Menyimpan Barang
    3. Mengeluarkan Barang
    Solusinya ada 2 macam :
    1. Infra Struktur : Harus Siap Semuanya seperti : Gudang dgn segala isinya.
    2. System : Pakai SAP aja Pasti Clear.
    Thanks

    Donny Hendrik

    Suka

    Balas
    1. kazu21

      Tugas Pokok org Gudang :
      1. Menerima Barang
      2. Menyimpan Barang
      3. Mengeluarkan Barang

      menurut saya dalam gudang juga perlu pengawasan gudang (location control)

      sistem SAP emang bagus cepet.bisa juga ngeforecast tp akurasinya jauh

      Yup, mantap. Terima kasih sudah berbagi..

      Suka

      Balas
  105. Kriz

    Minta Referensi Buku tentang Warehouse Management System & Logistik ya GAn..Thanks!

    Gan, ane gak ada bukunya. Ini cuman ilmu aplikasi di lapangan aja gan, kalau mau tanya-tanya atau kontak via email silahkan gan

    Suka

    Balas
  106. hengki pencil

    ass.mas maaf ya saya sebagai kepala gudang yang baru tapi belum punya standard operasional yang mumpuni.mohon aran dan masukannya.trim’s

    Saya coba email dulu

    Suka

    Balas
  107. novi andre

    assllamm
    bapak,,, saya mnta tlong bantuan’a detail referensi manajemen gudang dan pngndalian emosi mngenai staf yg susah di atur.
    skrg saya bkrja di retail farmasi sbg spv.log,, sdgkn bckgrnd saya ilmu ekonomi dn pnglman kerja di perbankan, saya sdh hampir 6 bulan bkrja sbg spv,log,,,tp saya msh bingung dgn alur dn sistem kerja’a??? under pressure’a sangad tinggi internal dn ekstrnal.
    saya bnr2 kbingunggan dn msh gk paham.
    mohon masukan dn saran’a bpk.
    sblm’a saya ucapkan terimakasih.

    email saya : andrelyto@yahoo.com

    Dear Bapak, saya email-email an ya 😀

    Suka

    Balas
  108. abdurrohman

    gan, ane minta tolong bantuin ane.
    ane baru ajah ditempatin di bagian material peralatan keselamatan kerja, yang isinya berjubel banget, padahal tempatnya minimalis banget.
    ada beberapa golongan barang, (1)barang sekali pakai, (2)barang siap pakai(Alat Pelindung Diri yang dipinjamkan) (3)Alat Pelindung diri yang diberikan ke karyawan.
    bagaimana caranya agar saya dapat me-manajemen nya dengan baik.
    trims atas bantuannya.

    Basic nya menurut saya :
    1. Memastikan jumlah barang yang ada sudah sesuai kebutuhan dan TIDAK berlebih.
    2. Melakukan rancang design untuk optimasi space berdasarkan dimensi barang.
    3. Melakukan feasibility atas proyek tersebut
    4. Mengajukan ke Manajemen
    5. Implementasi dan evaluasi

    Suka

    Balas
  109. disca

    saya minta tolong info good warehouse yang baik untuk produk susu bubuk itu seperti apa ya?
    untuk bahan tugas akhir saya.. terima kasih

    Email-emailan ya 😀

    Suka

    Balas
  110. sparepart

    pak saya kan masih belajar tentang gudang dan untuk seusia saya yang mash 18 thn,saya masih baku untuk gudang,
    dan pada saat ini gudang saya kacau
    langkah apa saja ya pak yang harus saya benahi untuk dasarnya ya pak..
    mhon saran nya pak.
    trims

    Saya reply via email ..

    Suka

    Balas
  111. Rena

    Gan, saya juga minta tolong di bantu.
    Saya baru saja ditempatkan di pergudangan tissue dan di dalam gudang tersebut keadaannya sangat kacau ( banyak barang” yang tdak laku terjual hanya tertumpuk begitu saja), box” tissue yang di tempatkan seadannya(tissue dengan brand yang sama tetapi lokasinya tidak di satu tempat saja / berserakan). bagaimana cara memanage keaadaan ini? dan apakah sistem barcoding sangat diperlukan? karena gudang ini masih baru dan juga luas gudang ini minimalis. mohon bantuannya gan.. terima kasih banyak

    Saya reply via email ..

    Suka

    Balas
  112. Junaedi

    Salam sejahtera pa.
    Kira2, program apa yang paling terbaru untuk permasalahan saya ini.
    Bisa minta link untuk di download ga ?.
    Soalnya saya kebetulan diposisikan dibagian Material Control di pergudangan, yang mencakup menerima stok, me-maintenance stok, dan mengecek barang yang masuk & keluar, serta mengusulkan untuk penambahan stock yang kurang (Out of Stock).
    Program yang berjalan di perusahaan saya ini cuma sebatas program buatan sendiri yang di dukung oleh IBM (AS400). tujuan saya, supaya mudah untuk melakukan Cycle Counting (Stock Opname Harian dari Stock yang terjual / keluar sehari sebelumnya) dan Stock Opname secara keseluruhan. dan rencana saya, saya mau menggunakan sistem seperti di perpustakaan, kita bisa tau posisi barang yang akan kita cari dan yang akan kita cek. soalnya produk di perusahaan saya terdiri 35.000 Item Jenis Produk, 75 Merk, dan 20 Kategori, dan itu cuma di kontrol oleh 1 orang saja, yaitu saya.

    Mohon Bantuannya pa,.
    terima kasih

    Sudah saya reply via email ya 🙂

    Suka

    Balas
  113. Ewind

    Selamat siang,

    mohon bantuannya, saya ingin membuat sebuah layout gudang dengan spesifikasi yang akan ditentukan, bisa info ga cara bikin layoutnya itu menggunakan tool apa, atau mungkin software tertentu untuk membuat layout gudang tsb…

    Thanks

    Sudah saya email .. Ms Visio mungkin paling ok

    Suka

    Balas
  114. kasman

    Saya sebagai distributor semen , saya ingin mendapatka sop cara manajement pergudanganya. , sistim kontrol pergudangan supaya tdk terjadi kebocoran . Terimakasih

    SOP banyak di googling, saya ada yang punya perusahaan 🙂

    Suka

    Balas
  115. andreas indra gunawan

    Pak,… saya saat ini dipercaya untuk mengelola gudang unit motor dan spare part-nya..
    boleh tanya, pak? ada nggak pak, sertifikasi untuk pengelolaan gudang itu? tapi ya, ga perlu sampai ISO lah…. kira2 yg levelnya masih di bawah ISO gitu….. ada nggak ya, pak? instansi apa yg berkompeten utk mengaudit dan mengeluarkan sertifikasinya? mohon info ya, pak… makasih

    Belum tahu saya ada yang mengeluarkan seperti itu..

    Suka

    Balas
  116. marescka

    Salam Kenal Pak,
    saat ini saya sebagai kepala gudang perusahaan Jok Mobil, mohon bantuan nya system managemenya seperti apa yang baik ? dan bila ada untuk contoh laporan gudang(semacam summary weekly) yang biasanya dibuat oleh kepala gudang, berikut contoh SOP gudang yang dasar, terima kasih email saja ke
    email saya : marescka@yahoo.co.id
    terima kasih atas bantuannya, saya sangat membutuhkannya.

    Suka

    Balas
  117. Ridha Ananda

    Pak, apakah ada metode-metode untuk mengukur efektifitas pemanfaatan gudang…? serta teori-teorinya..
    mohon share ke saya jika berkenan…
    email saya : ridhaananda@gmail.com
    terima kasih atas perhatiaannya, saya sangat membutuhkannya untuk skripsi.. 🙂

    Saya coba email-email ya ..

    Suka

    Balas
  118. Bebek

    Salam kenal dan salam sejahtera pak,saat ini saya baru bekerja sebagai Traffic&Warehouse Management (Petugas) yang menangani Alat-alat kelistrikan dan kebetulan saya dilepas di lapangan tanpa ada bimbingan sehingga belum mendapatkan gambaran SOP secara jelas.
    Saya ingin bertanya bagaimana cara melisting yang baik dari quantity,pcs,inbound / outbond material handling,serta pengaturan tata letak dan saya koordinasi dengan pihak siapa sajakah selain orang lapangan,driver logistik dan yang berhubungan (dokumen pendukung). Saya masih awam sekali. Untuk sub kecil saat ini saya masih menangani kontainer kecil (import) untuk nantinya ke depan diserahkan ke gudang baru.

    Best Wishes

    Maulana

    Waw, belum ada SOP dan job desc jelas tapi sudah “nyemplung”… mantap mas, learning by doing..

    Suka

    Balas
  119. Yara

    pak, sy mau tanya, bagaimana ya metode, perhitungan, dan analisis biaya operasional gudang? terimakasih sebelumnya

    Suka

    Balas
  120. Vita

    Salam kenal dan salam sejahtera, kalau boleh saya minta sharingnya dari bapak serta para komentator berkaitan dengan management gudang yang juga tidak lepas dari pengaturan palet. Apakah ada dari saudara sekalian yang sudah memiliki sistem management palet di gudang saudara?
    Kemudian apakah ada management khusus penggunaan palet di gudang bahan baku, produksi, gudang barang jadi, khususnya untuk di food industry?
    Apabila ada contoh dari pengaturan paletnya, boleh sekiranya mohon bantuannya di share ke email saya: vita.enviro@gmail.com
    Thank’s for advance.

    Suka

    Balas
  121. Ari

    Salam Kenal Saya ari. Mohon Informasinya, saya di intruksikan dari kantor saya untuk mempelajari tentang Pergudangan, saya harus gmn ya, barang kali ada tempat kursusnya? atau kuliah nya ambil apa ya ?

    Suka

    Balas
  122. suprian

    Salam kenal,gan
    Hampir 10 tahun saya bekerja di dept.gudang,belum pernah sekalipun saya mendapati antara data dan actual barang tanpa selisih,pasti ada selisih..
    Padahal setiap bulan distock opname dg cermat (re check).Pengecekan barang yg keluar masuk pun sudah di lakukan sebaik mungkin
    Apa kira nya yg mesti di lakukan utk mencegah hal itu.

    Terimakasih

    Suka

    Balas
    1. grosir herbal sarang semut

      klo boleh urun rembuk, agar tidak terjadi selisih, pertama, yang masuk gudang haruslah orang gudang/ helper. orang yang tidak berkepentingan dilarang keras mengambil barang meskipun niatnya membantu. karena klo ada barang hilang atau selisih , yang tanyain pasti orang gudang. barang yang diambil harus sesuai dengan memo/ surat jalan pengambilan barang. lakukan recek lagi material tersebut oleh driver sebelum dinaikkan ke mobil box/ truk, karena barang yang sudah di atas truk , sudah tanggung jawab driver/pengirim. setelah barang berangkat, lakukan update stok di bincard dan pemotongan stok di sistem hari itu jjuga. kalo item materialnya banyak, lakukan setiap hari cycelcount sampel beberapa material .itu yang saya lakukan selama selama 10 tahun di PT saya sampei sudah tutup, dan zerro selisih. ( kalau selisih bisa di cut off saya ,hehehe) dan mudah-mudahan bermanfaat.

      Tidak banyak yang bisa melakukan updated dan cycle count beberapa material rutin per hari dan menyelesaikannya secara konsisten 🙂

      Suka

      Balas
  123. wahyudi

    saya baru menjadi kepala gudang tolong kasi tau tip buat kepala gudang mengatur anak buah, serta tip pengendalian stock barang sehingga tidak terjadi kesalahan.

    Suka

    Balas
  124. andi

    mas sy skr bekerja di sebuah perusahaan distributor S.part. boelh sy minta sistem management pergudangan untuk khususnya barang2 s.parat, dan sy mau tanya, bila brg tsb kondisinya dicanfas (brg dijual scr lgs ke konsumen oleh sales) berarti sales mengeluarkan brg tersebut dr gudang seolah olah brg tsb sdh keluar dan dianggap adanya penjualan, tetapi ternyata brg tsb tdk terjual semuanya, maka sisanya dikembalikan ke gudang, brg yg sisa tersebut apakah barang trsb dianggap retur mas…???…trm ksh

    Suka

    Balas
  125. muharom habib

    Pak, mau nanya, bila di suatu tanki solar, setelah Stocp Opname hasil yang didapatkan lebih besar dari nilai catatan akhir hal apa saja yang membuat bisa seperti itu selain
    1. Kesalahan kalibrasi
    2. Ada pemasukan namun tidak tercatat,

    Mohon informasinya

    Suka

    Balas
  126. cara memanage gudang yang baik

    salam kenal pak,,saya nisa…boleh minta ilmunya sedikit gg tentang cra menata gudang yang baik, agar dari pihak gudang cepat untuk menyiapkan spare part dan dari pihak mekanik dan customer jg mudah dan cepat untuk menerimanya…karna disini gak pake sistem sma skali dan apa adanya banget, dan disini cuma ada 1 orang saja yang mengurus gudang, kira”apa harus ada penambahan orang lagi atau sbenernya 1 orang saja jg bisa menanage?….bisa kirimin ke email saya pak? Pliiiiiiiiiiiiiiiiisssssssssss saya btuh bangettt….(andirahmiannisa@ymail.com)trims sblumnya:)

    Suka

    Balas
  127. idha

    Tentu saja sistem diperlukan dan pengelolaan barang digudang harus benar-benar diperhatikan baik keamanan, ancaman kerusakan, monitoring perputaran yang membuat usaha jadi aman dan terhindar dari kerugian

    Suka

    Balas
  128. Bayu anggoro

    salam kenal, perusahaan kami berencana membangun sebuah gudang modern dimana diperlukan sarana dan infrastuktur yang menunjang. Apabila kami ingin menggunakan WMS,barcode system, RFID, kira kira berapa besar investasi yang diperlukan? mohon informasinya mengenai vendor yang menyediakan jasa WMS.
    Terima kasih

    Ok pak, sudah saya fwd ke email nya. Thanks

    Suka

    Balas
  129. mahasiswa

    Assalammu’alaikum..pak saya mau minta saran, saya mahasiswa tingkat akhir teknik industri, lagi bngung mengmbil judul TA/skripsi, nah saya tertarik dengn topik lean warehousing, tp saya msh bngungnya klo mau TA/skripsi warehousing buat 3 org judulnya ap aj ya pak yang saya bahas. soalnya sistem TA/skripsi saya dkmpus berkelmpok dimana nanti 1 klmpok terdri dr 3 org yang nantinya memiliki bagian masing2 tapi saling berkaitan. nah kira2 ap ya pak 3 judlu yg saling berkaitan buat ngebahas lean warehousing??mohon bantuannya ya pak.

    Sudah saya coba email ya 😀

    Suka

    Balas
  130. Bram wanjaya

    Sore gan…
    Saya bekerja di satu perusahaan jasa sewa alat berat

    sekarang saya di angkat menjadi kepala gudang,,
    dan saya belum pernah ada pengalaman sama sekali tentang gudang spare part
    apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu,, sedangkan kondisi gudang masih amat berantakan
    lalu tuntutan atasan memberikan waktu 6 bulan untuk merapihkan sistem manajemen dan operasionalnya
    minta sarannya

    WOWWW… 6 bulan, cukup berat tuh mas, silahkan email-emailan ya 🙂

    Suka

    Balas
  131. putut

    dear all comorades ,

    bagi yang membutuhkan SPV / kepala gudang .. kebetulan saya pernah bekerja di perusahaan retail terbesar di indonesia dimana gudang menyimpan item diatas 1.000.000 item , aku lagi free sekarang karena berbagai hal akhirnya aku putuskan hengkang dari sana , aku siap membantu Bpk/Ibu semua yg masih mencari warehouse managememt yg tepat dan efisien, juga dalam meng-handle SDM disana …bisa menghubungi aku di 0856 9103 4925 for interview invitation

    Suka

    Balas
  132. wiwit

    Pak, mohon bantuan nya bila ada untuk contoh laporan gudang(semacam summary weekly dan Summary Montly) yang biasanya dibuat oleh kepala gudang, berikut contoh SOP (standard operating procedure) gudang yang dasar, dan saya penginginkan Suatu SOP yg merubah kekurangan yg selama ini berjalan dilogistik..
    SOP (standard operating procedure)
    a. Penerimaan, penyimpanan & pengeluaran barang
    b. Stock Opname
    c. pengiriman
    d. transfer barang dari gudang yang 1 ke gudang yg lainnya
    e. maintain truk (solar, km, kebersihan dll)
    Dan yg ingin saya tanyakan apakah anda punya contoh SOP dari point diatas?
    dan
    Bagaimana agar suatu warehouse/gudang bisa lebih bergairah (lebih cantik sistemnya, lebih akurat pendataannya, SOPnya lebih update,ada pembaharuannya dalam penanganannya?

    kalo punya, mohon berkenan untuk berbagi (melalui email saja)
    Ghowit09@gmail.com

    Demikian, terima kasih

    Ada sih SOP, tapi dari tempat saya bekerja nih, jadi ga etis kalau di share 😀 .. Usul saya develop saja yang baru, nanti kita diskusi via email ya

    Suka

    Balas
  133. mochamad slamet

    slamat pagi bos, sya akan buat gudang baru untuk minimarket saya,tetapi saya bingung harus susun lay out,nya apakah harus pakai rak atau pallet sebagai ambalan, omset saya per bulan -+ 2 M, luas gudang 22×11 m ,barang yg akan d stock yg cepat laku,mohon kirim foto lay out gudang ,terima ksih byk, slam sukses

    Salam sukses pak, 2 Milliar per month mungkin sekitar 66 juta per day ya? Angka yang besar, dengan gross margin minimarket 13%-15% berarti gross profit yang dihasilkan mungkin masih cukup besar untuk investasi gudang yang support dengan sales bulanan anda. Saya sudah reply email ya pak 🙂

    Suka

    Balas
  134. Ridson

    Selamat siang,

    Tolong tanya pak, untuk mengatasi masalah kekurangan qty pengiriman barang kepada konsumen. Padahal dari gudang barang tersebut sudah terpack dengan qty yang cukup.

    Thanks…
    Balas ke email aja pak thanks….

    Suka

    Balas
  135. kurniawan

    Salam sukses pak atasan saya minta laporan stoke opname yang saya buat, yg saya mau tanya laporan apa yg bisa saya sajikan? apakah dalam bentuk tulisan resume dalam format word? boleh minta contoh laporan hasil stoke opname? bls via email pak trima kasih banyak…

    Suka

    Balas
  136. suryadi

    bos mau tanya dong. saya bekerja PT.GAC Samudera indonsia logistic sebagai SPV gudang
    1.pengertian SGWP apa ya bos?
    2. bagaimana caraya memainet sdm yg bagus bos?
    3.seperti apa sih bos SOP yg bagus dan cocok buat gudang saya?
    4.sebenerya tugas pokok supervisor gudang apa ja sih bos(baru promosi ni)
    5.gudang yg saya tangani gudang pruduk fonterra.(susu formula)
    6.bisa tolong reply email menejemen gudang keemail saya..
    7. alamat email saya :suryadi_nerrazuri@yahoo.co.id

    Suka

    Balas
  137. ivan

    saya juga mau dunk gmana caranya apalagi masalh di returan nya..pusing baget liat nya…
    tolong dibantu yah… trimakasih email:ivan_love_christ@yahoo.com

    Saya coba email ya… thanks

    Suka

    Balas
  138. nita

    Pak, ada tidak rumus untuk melihat atau menghitung nilai rupiah barang yang ideal dalam satu ukuran luas gudang. Jika ada, bagaimana penjelasan dan perhitungannnya? Mohon kirim lewat email go_nazeeta@yahoo.com.Terimakasih banyak.

    Ada bu, mestinya tergantung nature bisnis nya. Mulai dari flow / perputaran, luasan gudang, serta faktor2 yang mempengaruhi. Kayaknya bisa customized untuk setiap jenis industri

    Suka

    Balas
  139. septireskiarati

    bapak, sy mhswa teknik industri, sy lagi tgs akhir, mau menanyakan solusi buat permasalahan barang digudang bertumpuk itu gmn ya pak solusinya? keadaannya seperti ini knp barang spare part trsbut bs brtumpuk, prtama ketidaksesuaian bagian purchasing dengn bagian gudang. jadi bagian purchasing tidak prnh tau keadaan gudang yang dimana gudang btuh barang apa aj tp malah bagian purchasing selalu memesan barang yg tdnya msh banyak digudang tp tetep dipesan oleh pihak purchasing sehingga barang bertumpuk, trus ditambah lagi space gudang yg terbatas. jdi si pihak gudang pun narok brang sembarang aj pak yg pntig diletakkan dekat barang sejenis dn gk ditarok di rak melainkan ditarok di atas lantai aj si kardusnya.
    menurut bapak solusinya gmn tuh pak biar gudang tersebut efektif dn enak dilihat?
    sy harus mengangkat 3 solusi buat mengatasi permslhn trsebut krn buat ngangkat prmslhn trsbut sy brsm temen sy 2 orang pak. tolong bantu sy solusi yg tepat mengatasi permslhn diatas gmn pak,? dengan mempertimbangkan 3 bagian solusi yg bs sy bagi ke temen2 sy. kirim ke email sy ya pa : septireskia@ymail.com sm mnt nmr hpnya ya pak.. mksh 🙂

    Case study tentang inventory dan warehouse ini menurut saya selalu menarik dari sisi teoritikal, khususnya yang mengangkat adalah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki idealisme yang tinggi. Saya coba kontak anda via email yah … Thanks

    Suka

    Balas
  140. johan

    Bagaimana contoh briefing yang baik terhadap anak buah

    Briefing biasanya sedikit butuh keahlian berbicara di depan orang banyak, hehe … Briefing yang baik menyampaikan pokok2 pikiran yang harus diketahui oleh semua orang sehingga mampu mengarahkan orang-orang kepada pokok pikiran tersebut

    Suka

    Balas
  141. Ping balik: Sistem Operasional Gudang | Blog

  142. Hafid

    Dengan cara apa kita bisa mengurangi kerusakan atau kehilangan barang? tolong di balas ya…..

    email saya hafidsakaw@gmail.com

    Sudah saya email sedikit yang pernah saya alami ya pak, Silahkan kalau ada pembaca yang ingin berkomentar

    Suka

    Balas
  143. juliansyah

    haduuuuuuuuh.. udh bnyak yg koment… dibalas ngx nih klu sya koment jg… ane baru diterima krj di posisi gudang… n ternyata saya harus mulai nya dari nol…T_T.. artinya saya di beri tugas pertama dan sebagai org pertama yang mengeset ruang ngx kepakai menjadi gudang… apa ya endan yg mesti disiapkan…? soal nya ini prtma x nya ane krj di gudang… trus nih gudang bakalan menjadi gudang spare part traktor… n bnyak bnget bagian2 yg kecil bnget… klu gmbran ane mw nyusun spare part yg berkemasan plastik di gantung n yang berkotak2 di tumpuk… sesuai ngx ya endan…?

    Dibalas ndan .. 😀 Yang pertama analisa barang yang mau disimpan, dimensi in-out handling nya, kedua buat tempat penyimpanannya pallet pigeon hole bin etc, mungkin itu awalnya

    Suka

    Balas
  144. Fransisca

    Pa boleh minta teori tentang manajemen pergudangan terutama pergudangan hotel untuk bahan skripsi saya…. Email : fran_sisca_7@yahoo.com mohon bantuannya…

    Jujur saya gak punya, kebanyakan dari experience. Banyak e-book di internet kok, silahkan saja, kalau mau chat untuk skripsi monggo 🙂

    Suka

    Balas
  145. ningsih

    saya bekerja pada perusahaan sedang berkembang, kendala yang saya hadapi adalah keterlambatan kedatangan barang dari supplier sehingga stok di gudang sampai habis , sistem apa yang harus saya lakukan untuk meminimalisir kejadian tersebut & saya minta materi tentang sistem pengontrolan barang reject

    mohon bantuannya
    bls k email ayunuridaningsih@gmail.com
    ,terimakasih 🙂

    Materi nya banyak di internet, kalau mau studi kasus silahkan

    Suka

    Balas
  146. dedi

    gan..langkah apa yg hrs dilakukan untuk memulai setup gudang..saya bingung tuk membuat layout peyimpanan barang berbentuk slab..

    Suka

    Balas
  147. dimaz ageng

    pak, mohon maaf sebelumnya, saya bisa dijelaskan SOP untuk pergudangan material di perusahaan kontraktor? Soalnya agak sulit mencari sistem management pergudangan untuk perusahaan konstruksi. mohon di infokan melalui email ya pak di : dimazagengs@gmail.com
    mohon bantuan dari bapak dan terimakasih banyak

    Suka

    Balas
  148. iyan.

    email gwe juga dong system gudangnya bos ke efriansyah.iyan @yahoo.com..pleaseee…hehehe tks before.

    Wah system nya saya gak punya mas,

    Suka

    Balas
  149. Edy Muhartono

    Ass.
    Pak,saya minta bantuan untuk pemecahan masalah yang terkendala di gudang yang saya handle saat ini :
    a. Jumlah item ribuan (mencakup gudang bahan baku,kemas & setengah jadi),sedangkan layout area gudang tidak terlalu luas.
    b. Penomeran pada racking/barang,yang nantinya terintegrasi dengan sistem komputer.
    c. Standartisasi,mengukur produktifitas,efisiensi gudang.
    Terima kasih.
    Mohon di feedback email : EdyMuhartono@tgp-store.com

    Hi Pak Edy , sudah saya reply ya …. silahkan jika berkenan saya visit gudang nya 🙂

    Suka

    Balas
  150. DANU RUSTAMAJI

    Begini gan saya baru saja pegang gudang di usaha pendistribusian barang , saya masih bingung sama carannya kirim dan terima barang, apa ada sistem yang agan punya,biar saya instal ke pc saya, trima kasih

    Hi Pak , saya sudah email ya, mungkin saya bisa bantu untuk setup, Thanks

    Suka

    Balas
  151. harris

    Assalamualaikum, saya mahasiswa semster 5 teknik industri pak, yang akan melaksanakan pkn di bagian ware house..tolong pak beri saya gambaran apa saja pekerjaan yg dilakukan pada bagian ware house material,
    Tolong di balas di email saya harris_ferdianto@yahoo.com
    Terima kasih banyak

    Suka

    Balas
  152. jane kindangen

    Mohon masukannya dan contoh peoblem solving untuk masalah” yg biasa ditemui digudang, karena sy baru untuk dibagian gudang sedangkan sy harus menghadapi anak buah yg 99% pria sementara sy adalah seorang wanita kemayu.
    Untuk saran bapak ke seorang penanya “sentuhlah dia tepat dihatinya” sdh sy lakukan pak, tapi justru menurut org lain sy terlalu lemah padahal sy rasa itu adalah cara sy.
    Menurut bapak?

    Suka

    Balas
  153. ayaka

    “Gudang sendiri saat ini memiliki arti luas dan lebih dari sekedar tempat penyimpanan saja. Gudang itu sendiri tidak menambah nilai barang secara langsung, tidak ada perubahan citarasa, bentuk, kemasan, dan lain sebagainya. Intinya tidak ada kegiatan proses operasi pada barang, yang ada adalah aktifitas penyimpanan barang serta perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam area gudang.”
    ne undang – undangnya dimana gan, ane boleh minta….

    Suka

    Balas
  154. riezkhy

    Maz saya mohon bantuan nya donk maz sama mau bikin proposal atau laporan hasil praktek kerja lapangan saya maz namun saya bingung maz apa yang saya pertanyakan dan apa saja yan akan saya isi dalam laporan saya tentang manajemen pergudangan maz…
    Mohon bantuannya maz..
    Twrima kasih

    Suka

    Balas
  155. Ping balik: Sistem Administrasi Pergudangan | Irfan Maulana's Journal

  156. opix

    Pak, di gudang tempat perusahaan sy bekerja selalu di hadapkan dengan permasalahan selisih stok sistem vs aktual, dan juga setiap bulan selalu saja ada permasalahan salah kirim barang, kurang atau kelebihan barang ke customer.
    sistem pencatatan barang masuk / keluar kami masih menggunakan sistem ms access,,
    mohon solusinya agar permasalahan tsb bisa hilang atau setidaknya berkurang.
    terima kasih.

    Kelihatannya untuk case ini memang banyak terjadi di pergudangan, pemecahannya juga case by case sesuai operasional gudang.

    Suka

    Balas
  157. Ping balik: Tulisan Kocak dan Kreatif di Truk, Hanya Ada di Indonesia - android firmware download | android firmware download

  158. Rendy M. S.

    mas, mau nanya dong. saya tertarik dengan konsep WMS. untuk menerapkannya di gudang butuh total biaya berapa ya? boleh tau range harga software wms termurah hingga tertinggi?

    Total biaya various tergantung kebutuhan pak, yang murah-murah ada yang 100-200, yang mid ada 200-500, yang mahal di atas 500 .. Itu estimasi nya

    Suka

    Balas
  159. faiz

    Pak saya seorang kepala gudang di peeusahaan rotogravure printing .. Bagaimana yah pak untuk memenej stock gudang agar bisa diterapkan sistem fifo ..dan minta tolong untuk sistem SOP nya bagaimana yg bagus y pak .. Mohon berbagi ilmunya pak terima kasih

    Untuk SOP kita perlu detail pemahaman proses bisnis

    Suka

    Balas
  160. Johannes Sihombing

    Pak saya mau bertanya dong..kira2 rumus apa yang digunakan untuk menghitung penyimpanan barang di gudang supaya gudang tersebut dapat digunakan dengan optimal..mohon berbagi ilmunya pak terima kasih..

    Suka

    Balas
  161. Yosef Riandono

    saya minta tolong, punya target gudang raw material ? atau mungkin Balanced scorecard sehingga gudang saya bisa lebih baik dan punya target yang jelas… terima kasih ya…
    Tolong dibalas dengan email yosef.riandono.sagala@gmail.com

    Silahkan kita diskusikan lebih lanjut di email admin@excelogic.info.
    Terima kasih sudah visit dan meninggalkan komentar. Kunjungi juga website Konsultan ISO dan Konsultan Logistik/Warehouse kami di excelogic.info

    Suka

    Balas
  162. januar Iswoyo

    Bisa minta tata cara agar kondisi barang di gudang rapih dan system FIFO berjalan….khususnya untuk barang elektronik…terima kasih

    Kalau untuk seperti yang diminta sepertinya belum ada. Mungkin anda dapat download Prosedur mengenai pergudangan pada LINK SOP LOGISTIK ,

    Suka

    Balas
  163. Putri

    Minta sarannya dong kalo untuk gudang di perusahaan kontruksi gimana sop yang bener dan gimana sih cara merapihkannya karna gudang nya berantakan banget susunan barang gak jelas, Thanks Min minta sarannya yaa 🙂

    Untuk beberapa SOP dan form bisa dicontoh seperti yang ada di http://beli-template.com/product/sop-warehouse-dan-logistik/ , merapihkan gudang bisa dengan mendesain tempat penyimpanan yang sesuai dengan karakteristik barang, melatih karyawan untuk melakukan penyimpanan yang baik, memastikan space tersedia, dsb. Terima kasih

    Suka

    Balas
  164. Farah Fithriya

    Bisa minta tolong info judul buku yang terkait dengan FIFO, LIFO dan manajemen pergudangan lainnya. Terima kasih sebelumnya

    minta tolong email ke farah.fithriya@gmail.com

    Hi, mohon maaf untuk literatur buku kami belum ada dalam bentuk softcopy.Thanks!

    Suka

    Balas
  165. Sutisna

    Kedisplinan dan konsistensi yg dimonitoring secara trus menerus akan membuat sistem gudang bisa berjalan maksimal, kaizen bertambah dan kpi tercapai

    Thanks tambahan update nya

    Suka

    Balas
  166. Anonim

    assalamualaikum permisi pak saya mahasiswa semester 5 teknik industri, sya inshaalah bulan 11 saya akan pkl mohon infonya ya pak mengenai apa saja yg dikerjakan di bagaian warehouse dan adakah software khusus yg memudahkan dlm pekerjaan tersebut, Mohon Info dan penjelasannya ya pak EMAIL m.fachrizal.rahmadan@gmail.com

    Hi, Thanks komentar nya. Silahkan langsung dilihat penggunaan software di warehouse tempat anda bekerja. Thanks!

    Suka

    Balas
  167. Ping balik: Warehouse (Shoes) – Meytika Afni Urba

  168. Christian

    bisa tolong dijelaskan secara terperinci sistem warehouse gudang sesuai sop perusahaan, kirim ke email christianbaprilianto@gmail.com
    Terima kasih

    hi pak, terima kasih komen nya, jika ingin mendownload SOP yang editable (word, excel, dsb) boleh ke website beli-template.com , jika ingin konsultasi / Training mengenai SOP Perusahaan boleh ke excelogic.info , terima kasih

    Suka

    Balas
  169. Ping balik: Warehouse (Shoes) – wariyansablog

  170. Harga Pallet Plastik

    Kami adalah Mahkotapallet salah satu supplier pallet plastik di Bekasi, Setelah beberapa tahun ternyata stock kami di gudang semakin meningkat, kalau sebelunya hanya ratusan sekarang ribuan. Dan setiap hari kami akan mengatur pengiriman, mohon rekomendasinya sistem penataan di gudang kami sebaiknya menggunakan sistem apa? Mohon bisa dikirim ke email kami. Terima kasih, Kepala Gudang Mahkotapallet

    Iklan di sidebar atau review khusus dalam bentuk artikel silahkan hubungi kami… terima kasih

    Suka

    Balas
  171. Anonim

    Selamat siang pak, sy ingin bertanya adakah referensi ttg sistem manajemen gudang arsip agar teratur? Tks.

    sementara belum ada pak

    Suka

    Balas
  172. Arika Putri

    Selamat Pagi. Semangat Pagi Pak. Saya mahasiswi yang kebetulan akan mengangkat topik mengenai sistem manajemen pergudangan pada tugas akhir. Mohon referensinya biaya-biaya apa saja yang akan berubah ketika perusahaan hanya menggunakan sistem manual dan sistem komputerisasi dalam gudangnya?. terimakasi

    Suka

    Balas
  173. Anonim

    pagi pak,,,
    saya mau tanya dunk.. untuk evaluasi tata letak dan bangunan gudang ada pedomannya ga sih?? dan di gudang itu berhubungan dengan K3 di kantor ga yah.
    terima kasih

    Suka

    Balas
  174. Sam

    masih aktif kah?

    saya mau tanya, SDM saat ini hanya 3, jmlah gudang 2.
    Dari 3 tersebut, 1 admin (pencatatan brg keluar masuk), 1 forklift driver dan 1 asistennya.
    Dan dari kantor memnta penggunaan kartu stok, yg berarti tiap 1 barang ada data kartu stoknya masing2. sedangkan yg skrg berjln, menggunakan form barang masuk dan keluar. Yang mencakup beberapa barang dalam 1 transaksi. lebih efisien dan cepat, daripada mendata kembali ke dlm kartu stok per item.
    form keluar masuk itu dipindahkan ke dalam excel oleh admin.

    Dengan adanya permintaan kartu stok per item, saya melihat bagian admin akan keteteran.

    adakah solusi yang kira2 cocok ?

    Suka

    Balas
  175. Elsa Hash

    Penjelasan mengenai sistem manajemen gudang atau wms systems sangat membantu sekali, namun pemakaian sistemnya juga harus diimbangi dengan kualitas sdm agar pekerjaan menjadi lebih efektif lagi.

    Suka

    Balas

Tinggalkan komentar