Logistik Pemilu..Khan..


Logistik Pemilu na amburadul, no body perfect memang.. Tetapi bisa dilihat kepayahan pemerintah yang sepertinya menganggap mudah manajemen logistik. Hal ini juga membuka mata semua orang bahwa pengaturan logistik beberapa item yang dikirim ke beberapa tempat dengan jumlah dan spesifikasi tertentu dalam jumlah tepat tidak lah mudah dan memerlukan resources yang tidak sedikit…

Kepingin tahu berapa sih total TPS? dan berapa total anggaran pemilu? total anggaran distribusi? Kalo 2014 dipegang pakar logistik aja gimana ya? pasti bisa beres.. masak ada daerah yang pemilunya gak bareng karena infrastruktur jalan sih? Pemerintah punya Asosiasi Logistik Indonesia, kenapa gak digunakan? apa merasa diri pintar?

Sbenarnya secara konsep saya bisa menjelaskan cara antisipasi semua kesalahan-kesalahan yang terjadi. Misalkan satu TPS memiliki List kebutuhan dan ketika barang datang dia harus cek apakah kebutuhan lengkap, jika tidak maka harus meminta ulang ke tiap cluster daerah atau provinsi.Pemenuhan barang ke TPS juga memakai barcode (scanner) dimana jika list kebutuhan TPS belum seluruhnya ter scan di pusat distribusi, maka TPS selanjutnya belum bisa diproses pengiriman barangnya.

Tapi itu namanya konsep, mungkin yang mirip di pekerjaan saya..Instalasi program, Scanner dan semua hal yang dibutuhkan tidaklah sedikit namun tidak terlalu mahal untuk mengerjakan pesta demokrasi. Prinsipnya keseriusan manajemen logistik pemilu harus diperhatikan. Untuk Pilpres, tolong Presiden dan Ketua KPU MAU MENDETAILKAN kondisinya.. jangan hanya teleconference dan mengatakan 98% selesai…Tidak terbukti..

Overall, hal ini menjadi pembuktian keseriusan penataan logistik di Indonesia. Bahkan ribuan tahun lalu Nabi Yusuf sudah memulai sistem manajemen logistik paling tua (mungkin) sehingga bisa mengantisipasi kelaparan..

So Indonesia kapan mau belajar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s