Pemilu dan Kesehatan….(Asuransi Kesehatan dong…)


Setiap pemilu selalu saja ada salah satu jurkam or caleg yang berkampanye beberapa hal sbb :

  1. Pengobatan murah or gratis
  2. Menyediakan fasilitas kesehatan
  3. Obat Murah
  4. dll, dsb…

Saya saat ini sedang merawat orang tua saya yang terkena stroke, lumpuh bagian kanan tubuhnya, kebetulan pensiunan PNS (mungkin golongan 4) dengan masa bakti lebih dari 30 tahun, dan jika PNS pensiun masih ngedumel masalah fasilitas kesehatan maka tentunya dapat dipastikan apa yang telah ayah saya baktikan pada negara ini tidak dibarengi dengan Korupsi, karena jika gemar korupsi maka masalah keuangan tentunya tidak menjadi masalah…

Asuransi Kesehatan (ASKES) sungguh mengecewakan saya, betapa tidak? setiap hari obat yang saya masih harus saya tebus Rata-rata Rp 300.000 dan kemungkinan akan berjalan selama 30-40 hari, ruang perawatan yang dianjurkan rmah sakit dari biaya Rp 400.000/ malam hanya diganti Rp 170.000 oleh ASKES, segala peralatan penopang kehidupan seperti deteksi denyut jantung, Saturasi O2, Tensi, Oksigen TIDAK ditanggung oleh ASKES…

Padahal jika dipikir2 sejak ayah saya bekerja entah berapa cicilan yang sudah dibayar, jika itu diinvestasikan atau dibungakan mungkin hasilnya lumayan.. Semasa kuliah saya juga selalu membayar Asuransi Kesehatan kampus sebesar kira2 Rp 50.000 per semester, saya pernah diopname juga dulu, total biaya Rp 3.000.000 an dan diganti Rp 2.000.000 an karena selisih pemakaian kamar..Saya cukup puas dan merasa tidak percuma membayar Asuransi kesehatan di kampus yang hanya memiliki sekitar 5000-10000 mahasiswa, dibandingkan ASKES yang mengcover jutaan orang.

Antibiotik generik juga sangat menyedihkan kualitasnya (meuru dokter), obat2an dan peralatan kesehatan hanya disediakan seadanya di apotik askes, sampai jika menebus obat ada 2 resep, yang pertama adalah resep ASKES (totally free) dan resep Apotek (full charge)…Tapi memang sih tetap bersyukur karena ASKES sangat meringankan beban pengobatan.

Melalui artikel ini saya hanya mengkritisi iuran ASKES yang dibayarkan, serta benefit bagi pesertanya… Tidak ada tendensi untuk menjelekkan, namun aitan dengan PEMILU saat ini mudah2an Presiden baru akan memilih menteri kesehatan dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Memastikan ASKES benar-benar menolong anggotanya…palig tidak 50-80% biaya dengan sakit apapun..karena saya merasa hanya terbantu sekitar 30%..saya kurang tahu jika ada yang 100% ada terbant oleh ASKES saat ini..
  2. Memastikan kualitas obat generik sama dengan yang tidak generik (ber merk) artinya tidak hanya kampanye di Televisi namun benar2 mengawasi pembuatan obat generik
  3. Memastikan seluruh Rumah Sakit kebutuhan obat dijamin dengan ASKES..

He2x, mungkin terkesan ambisius dna sangat personal terkait keadaan skarang…namun mumpung pemilu, moga2 ada caleg yang mbaca..mana sempat caleg baca ginian???

Terlepasdari semua itu, saya harusakui, sakit itu mahal?Pemilu bisa melahirkan slogan sakit itu murah? semoga saja

One thought on “Pemilu dan Kesehatan….(Asuransi Kesehatan dong…)

Tinggalkan Balasan

