Mobi EVDO dengan modem CDMA 1x & EVDO Rev A


Ini hasil speed test dengan CDMA Mobi Revo nya Mobile-8 memakai modem 1x, cukup memuaskan. Konon Stabil, karena memakai kanal tersendiri. saya melakukan speedtest di daerah Lebak bulus Jakarta Selatan, dibandingkan dengan produk CDMA lain nampaknya Mobi masih unggul. Dengan menggunakan username m8 dan password m8 maka modem Venus saya berhasil meraih sinyal mobi. Sinyalnya cukup kuat dan dapat memberi kepuasan untuk sekedar browsing, karena ini time based limit maka tidak disarankan para donlot mania memakainya. dengan 0,25 rp/kb pada jam 12 siang sampai 12 malam dan 0,1/kb dari jam 12 malam sampai jam 12 siang, maka Mobi cukup efektif. harapan saya Mobile-8 mempertahankan kualitas, kata CS mobile-8 bisa dipastikan fasilitas bandwithnya terjaga, karena menggunakan kanal tersendiri. Belum lagi jika saya bisa menikmati fasilitas EVDO Rev nya yang mencapai 500 sampai 1000 kbps… Sebagai perbandingan, dari tempat yang sama ada hasil dari Telkomflexi

Berikutnya dari IM2 broom extra yang telah habis kuotanya :

Dari segi biaya memang saya menyukai IM2..tetapi saya mulai mengatur strategi nih, biar koneksi tetap stabil dan menjaga download dan mengeluarkan uang sesedikit mungkin..hehe Tanggal 12 July saya punya beberapa pengalaman dengan Mobi nih.. Ceritanya ketika kuota download Im2 nya habis, terus saya mendengar dari blog adit yang cukup hot membahas mobi EVDO. setelah melihat cara registrasi unlimited, seperti ditulis adit :

Berikut paket-paketnya
tersedia 4 paket unlimited
– 50 rb (up to 125 kbps) quota 500 Mb setelah itu 64 kbps
– 100 rb (up to 1024 kbps) quota 1.5 GB setelah itu 64 kbps
– 150 rb (up to 3.1 Mbps) quota 2.5 Gb setelah itu 128 kbps
– 250 rb (up to top speed) quota 3.5 Gb setelah itu 256 kbps
Cara daftarnya via sms:
ketik UNL50 kirim ke 777 untuk paket 50 ribu
ketik UNL100 Kirim ke 777 untuk paket 100 ribu
untuk paket 150 dan 250 sama aja tinggal UNLpaketnya

saya pun coba yang REG UNL50 dan kirim ke 777. Saya mendapatkan balasan sbb :

Selamat menikmati layanan Unlimited Paket 50 s/d 11-Aug-2009. Dial:#777, User:0889140xxxx@unlimited, Pasw: xxxxxx. Info: 888

Saya mencobFoto363a memasukkan username baru (sebelumnya saya memakai username m8 dan password  m8), ternyat agak bisa, kelupaan “@unlimited“, jadi yah gagal terus. Saya coba pakai username dan password dari kardus asli mobi, malah motong pulsa lagi. saya bingung… Lanjut, saya baca lagi sms balasan si Mobi, ternyata kurang @unlimited di username saya. Setelah memasukkan username baru dan password baru, maka akhirnya saya bisa koneksi dengan lumayan lancar.

0,11 Mb/s memang kecepatan yang minim, tetapi perlu diingat paket unlimited 50 ini cuman bisa up to 153,6 kbps, artinya memang modem 1x ku pas untuk paket ini. hasilnya gak mengecewakan juga kok, hitung2 lumayan lah…

[updated Mobi EVDO Rev.A]

Kemarin baru saja mendapatkan Modem 3,5G CDMA USB Modem. Internet Sehat dan Aman Mobi. Saya belum tahu apakah sudah registrasi ke Unlimited 150 nya atau gak? Tetapi kecepatan yang saya dapat sekitar segini :

Aneh juga, kayaknya tanggung kecepatannya.Klaimnya kan up too 3,1 mbps masak di speedtest.net cuman segini? Prediksi saya ada tahapan yang kurang nih, karena saya baca di salah satu blog harus mengubah settingan modem di tempatnya mobile-8. saya coba ngenet beberapa kali masak pulsanya gak berkurang. Takutnya tiba-tiba jebol. hehe 🙂

Beberapa kali sempat ragu juga membandingkan dengan SMART, tetapi tak apalah pake Mobi aja dulu. Saya lagi nge-test and cari tahu nih apa koneksi nya sudah masuk ke Unl150 atau belum? Soalnya pas di cek pulsa masih tetap saja pulsa seperti awal (belum berkurang).

Komplain ke CS Mobi Fren

Setelah komplain ke CS 0888-185-6868 (kontak CS untuk nomer telepon selain yang dilayani mobile-8), dan dicatat nomer pelanggan Mobi serta nomer telepon saya akhirnya layanan Unlimited Mobi nya berhasil saya nikmati. ketik REG SEHAT150 maka akan ada balasan sbb :

Selamat menikmati layanan Unlimited Paket 150 s/d 19-Feb-2010. Dial:#777, User:0889144xxxx@mobi-sehat, Pasw: xxxxxx. Info: 888

Saya pun mencoba melakukan speedtest dan ujicoba kecepatan download dengan paket Unlimited ini. Berikut hasil setelah saya reg unlimited dengan ketig REG SEHAT150 kirim ke 777:

dari Sijiwae.net

Kecepatan koneksi :

246.8 Kbps

30.2 K Bytes/sec

dari Speedtes.net

Hasil ini didapatkan di daerah Ancol Jakarta Utara, kok terasa lamban ya dibandingkan klaim dari Mobi yang up to 3,1 Mbps. Meski saya tahu itu adalah bahasa promosi, tapi kan mestinya secara speedtest.net gak terlalu beda jauh. Bandingkan dengan GSM/3g dengan klaim 384 kbps, speedtest umumnya di angka 0,25 Mbps.

Kemungkinan besar letak BTS dan crowded jaringan sangat mempengaruhi kecepatan Modem Mobi ini. Tetapi lumayan lah, sekarang saya coba download mp3, hasilnya sbb :

Kecepatannya 99,8 kB/s, untuk selanjutnya turun ke 30, naik turun terus. Setelah beberapa kali download file, akhirnya seperti stabil di 80-100 kB/s. Mudah-mudahan bisa konstan terus gini deh 🙂

Meski sebenarnya terkadang layanan Internet EVDO atau 3G terkenal ketidakstabilan dan sangat tergantung BTS, Sinyal, traffic pemakai dan tetek bengek lainnya. Tetapi sepertinya layanan terdahulu dengan langganan paket Unlimited 3G dah ta ganti saja, hitung-hitung mengurangi bebean pelanggan koneksi 3G.

Beberapa hari kemudian masih dari daerah Ancol Jakarta Utara saya mempelajari satu hal, ternyata kecepatan optimal biasa saya dapat pada pagi hari? Apa kemungkinan karena arus data Mobi belum padat? Jika sebelumnya mendapat 0,7 Mbps maka selang beberapa hari kecepatan yang didapatkan menjadi :

Lebih lumayan dibandingkan sebelumnya. berada di 0,7 Mbps. Jangan tanya ketika siang hari, pada saat lalu lintas traffic data Mobi “kemungkinan” sedang padat maka kecepatan di daerah yang sama bisa mencapai 0,3 Mbps  😦 atau setara kecepatan modem 3G.

Padahal semestinya klaim kecepatan modem EVDO Rev A dari Mobi up to 3,1 Mbps ataupun dalam kecepatan “riil” harapan saya bisa menyentuh angka 700 kbps an. Tetapi dengan langganan 150 ribu per bulan harapan utama saya tinggal konsisten kecepatan arus data saja. toh dalam angka 0,3 Mbps browsing di kantor sudah cukup memuaskan?

Jadi, gimana dengan Mobi Sehat?

Tulisan Romailprincipe tentang Hobi dan Gadget


16 thoughts on “Mobi EVDO dengan modem CDMA 1x & EVDO Rev A

  1. Ping balik: Langganan Internet First Media (195 ribu 512 Kbps) « Romailprincipe Menulis

  2. rusdianto

    kalo pake speedtest khan hasilnya segitu, coba ditest setelah kuotanya abis ato pake buat download software, berapa speednya?

    Suka

    Balas
    1. romailprincipe Penulis Tulisan

      belum coba mas, modem 1x nya dah dilepas ke teman…tapi sejauh ini teman yang make lumayan aja kok, meski kuota nya habis dia tetap bisa download, meski pelan banget (3-4 kbps)..thx

      Suka

      Balas
  3. Ping balik: Dalam 8 menit MOBI Broadband menghisap pulsa lebih 50 ribu ! « Sains-Inreligion

  4. kememmorrison

    saya juga newbie menggunakan fren mobi…..

    mau curhat ya mass…..boleh ya…

    wahhh banyak masalahnya loh…kudu ati2 ….heuehueheuh

    hari ini 23 desember 2009, fren lagi banting harga..semua harga modem diturunin 50 %…

    akhirnya dengan senang hati saya membeli modem pantech px-500 dari fren, harganya 299 ribu, plus pulsa 100ribu dan pajak jadi 429ribu, harga normal 499 tanpa pulsa…

    puas dehh ud beli di gedung Annex, gunung sahari , jakarta…walaupun kudu ngantri selama 30 menit…

    sampe rumah saya coba install di laptop dengan windows vista..nah mulai muncul keanehan.
    1. setelah install access manager, shortcut maupun folder di startmenu access manager tidak ada..nah..akhirnya saya buka accessmanager.exe di c:/programfiles/accessmanager/,ternyata access manager kembali menginstal ulang..anehhh…
    2. setelah install access manager yg pertama, saya langsung registrasi unlimited 100 ribu, belum dicatat username dan passwordnya tau2 saja access manager menghilang dari tampilan layar saya…nah lohh…ada apa ini…padahal username password unlimited blm dicatat..
    3. saya baru mengetahui kalau ingin menggunakan paket unlimited, kita kita kudu mengubah settingan modem pantech dengan menggunakan aplikasi superbank (usb_modem-bisa download di http://www.mobile-8.com/mobi/device)…saat saya jalankan superbank ini di windows vista, tidak tampak apa2 alias program ini tidak berjalan di windows vista…nahhh…setress…
    4. kehilangan username dan password unlimited membuat saya cemas karena saya kehilangan sesuatu yg penting sementara pulsa tinggal 50.000 di modem…saya telpon ke 08881856868 alias customer servis mobile 8 tapi sibuk melulu…pusing setress….gimana ini??…
    5. akhirnya saya pindahkan modem ke desktop saya yg kebetulan masih windows xp, ternyata aplikasi superbank dapat berjalan dengan lancar di windows xp dan untuk mengetahui username dan password paket unlimited saya iseng2 mencoba sms ke “777″ dengan isi pesan “cek” dan berhasil..alhamdulilah..username dan password unlimited saya dikirimkan via sms..

    6. kesimpulan : paket unlimited dari mobi mobile 8 memang kencang, tapi prosedur2 standar yg kadang2 kurang “plug and play” membuat saya kerepotan.

    sekian dan terimakasih..

    just info

    Suka

    Balas
  5. Revi

    Thanx yah artikel nya tapi gua kenapa yahh mau ganti paket ke 777 dengan REG UNL100 terus di kirimin ke 777 tetapi gak di balas terus pulsa nya gak di potyong lagi kenapa yah??????? tolonx bals ke buku tamu web gua ok!!!!!

    Suka

    Balas
  6. romailprincipe Penulis Tulisan

    Dengan Hormat,
    Saya pelanggan Mobi dengan nomer 08891449756, sungguh saya cukup puas dengan layanan Mobi. Dengan unlimited sehat 150 browsing saya cukup lancar, maks speed 1,2 Mbps (meski dijanjikan 3,1 Mbps) tapi kalau siang hanya 0,25 Mbps..
    Meski begitu saya sadar Mobi memang belum berkembang segencar operator lain.

    Beberapa hari ini saya sering mendapat pesan sbb :

    Cannot server request
    The page you requested was unavailable.Please contact your administrator.

    Entah apa yang terjadi, saya putus nyambung dengan jaringan Mobi. Refresh kadang bisa, kadang tidak. Saya mau menanyakan ada apa dengan koneksi saya, apa device bermasalah? saya rasa masih normal kok (baru 1 bulan device pentech card ini saya beli). Saya mohon diberi solusi supaya saya tetap kembali pada koneksi semula (lancar up to 1,2 Mbps meski paket yang saya pilih 3,1 Mbps)
    Jawaban by email akan saya tunggu.

    Hormat saya

    romailprincipe.wordpress.com

    Suka

    Balas
  7. iwan

    Kalo saya pake Smart EVDO, lumayan lancar n cepat kok. Cuman ga seperti yang diiklanin di TV sih. Tp so far, bagus sinyalnya.
    Dulu sih pernah sempet putus asa, soale kecepatan maks cuman 125 Kbps. Tak utak-atik, ternyata masalahnya ada di port usb di komp-ku yang agak kendor. Jadi putus nyambung.
    Setelah tak pindah ke port yang lain, hasilnya cukup memuaskan. Kecepatan bisa nyampe 900 Kbps, tergantung lokasi..

    Suka

    Balas
  8. salman

    mobi JELEK ah..

    Tgl 24 des gw register layanan internet, REG UNL150 ke 777.
    Kemudian dpt akun 8891xxxxxx@mobi-sehat, lengkap dg passwordnya

    Tapi, ketika gw coba, ternyata tidak bisa. Selalu dibilang username/password invalid on the domain.

    Ketika gw coba telp ke customer service, auto answer nya ga jelas juga. Pas sudah bisa ke “kami sambungkan ke customer representative”, ga nyambung2.

    gw email ke ‘customer_care@mobile-8.com’, ga respon2 juga..

    PAAAYYYYAAAHHHHH……

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s