Mendelegasikan Tugas


The highest manifestation of life is this : that a being governs its own action. A thing which is always subject to the direction of another is somewhat of dead thing. (St. Thomas Aquino)

Seorang pemimpin akan dinilai melalui pencapaian-pencapaian yang ia lakukan. Untuk mencapai pencapaian-pencapaian besar seorang pemimpin perlu bekerjasama dengan anak buahnya, betapapun jenius dan pandai nya seorang pemimpin, ia tetap membutuhkan anak buahnya. Untuk itu seorang pemimpin perlu keahlian mendelegasikan tugas, sehingga pencapaian-pencapaian yang diinginkan bisa terwujud.

Penyebab umum dari stress dan manajemen waktu yang buruk adalah ketidakmampuan (atau ketidakmauan) untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada orang yang bekerja untuk kita. Delegasi tanggung jawab kepada orang lain membuat fokus pekerjaan kita lebih baik untuk hal-hal lain atau tugas utama sebagai pemimpin / manager / supervisor.

Salah dalam mendelegasi tugas membuat waktu anda terbuang pada hal-hal yang tidak perlu dan menguras kapasitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan :

  • Tuliskan seluruh aktivitas selama 1 minggu, pisahkan dalam 2 kategori : A dan B. A adalah pekerjaan yang dapat didelegasikan dan B adalah pekerjaan yang harus anda tangani sendiri. Contoh kategori A : pekerjaan rutin, mengerjakan set data, menghadiri rapat yang tidak produktif. Contoh kategori B : Perencanaan strategis, melatih orang, Menentukan tujuan, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan konsumen, dll.
  • Terimalah keadaan bahwa anda tidak mungkin mengerjakan segalanya sendirian : Anda tidak dapat berada di semua tempat dan membuat semua keputusan bersamaan. Percayalah kepada orang yang memiliki kapasitas untuk melakukan tugas-tugas yang anda delegasikan.
  • Mengidentifikasi orang-orang yang mampu menghandle tugas anda : tentunya anda perlu berhati-hati pada tahapan ini. Adapun standard atau kriteria orang yang mampu menghandle tugas anda adalah tertarik dengan pekerjaan yang akan didelegasikan, mempunyai (atau akan mempunyai waktu) untuk mengerjakan tugas yang diberikan, memiliki kemampuan mengerjakan tugas.
  • Jika ada yang memiliki waktu namun tidak mampu latihlah ia sehingga mampu mengerjakan tugas yang anda ingin delegasikan, beberapa saat nampak membuang waktu, namun setelah itu akan sangat menolong.
  • Untuk mendelegasikan tugas-tugas terkadang diperlukan rapat internal departemen, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rapat internal untuk mendelegasikan tugas-tugas adalah :
  • Jelaskan alasan mengapa anda mendelegasikan tugas.
  • Deskripsikan tugas-tugas yang akan anda delegasikan.
  • Beri tujuan yang spesifik dari setiap tugas.
  • Tekankan bahwa sangat penting menyelesaikan tugas tersebut dalam waktu dan hasil yang memuaskan.
  • Sepakati deadline penyelesaian tugas-tugas.
  • Paparkan bahwa pembagian tugas ini akan mengupgrade kemampuan anakbuah anda juga, dan membuat kerja lebih dinamis.
  • Pastikan seluruh pengemban tugas yang didelegasikan jelas dan menerima tugas itu dengan baik.

Selanjutnya anda harus mengontrol, seringkali dalam suatu rapat dicapai kesepakatan luar biasa namun tidak dikontrol pelaksanaannya, akibatnya konsistensi melemah dan lama-kelamaan kesepakatan itu dilupakan orang. Tetap secara personal bertemu dengan orang-orang yang anda delegasikan, tanyai hasilnya dan beri motivasi kecil, pujilah jika telah berhasil, jika belum maka tunjukkan empati anda dan beri saran-saran serta beri suntikan motivasi atau jika memang tugas itu sangat sulit bagi anak buah maka perlu memberi tambahan orang, bahkan mengambil pekerjaan itu sendiri.

Terkadang dalam pertempuran, seorang komandan harus angkat senjata di garis depan jika melihat anak buahnya sudah terdesak. Jika tidak, maka ia adalah komandan pengecut dan tidak akan pernah dihormati anak buahnya


Tulisan lain Romailprincipe mengenai pekerjaan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s